Pengertian Cache Memory dan Fungsinya

Tags
Cache memory adalah sebuah perangkat keras yang berukuran lebih kecil dari memory komputer. Cache memory menyediakan akses data kecepatan tinggi ke processor. Letak cache memory sangat dekat dengan processor, semua instruksi terbaru akan disimpan dalam cache memory. Cache memory dipasang untuk menyimpan input yang diberikan oleh pengguna dan yang diperlukan CPU untuk melakukan tugasnya. Namun perlu diperhatikan, kapasitas cache memory ini jauh lebih kecil daripada memory utama ataupun hardisk.

Cache memory juga disebut dengan memory CPU, yaitu memory akses RAM yang membuat mikroprocessor bisa mengakses data lebih cepat dibandingkan denan RAM pada umumnya. Cache memory biasanya terintegrasi langsung dengan CPU atau ditempatkan pada Chip terpisah yang memiliki bus interkoneksi dengan CPU.

Kebutuhan cache memory didorong oleh ketidaksesuaian antara kecepatan memory utama dengan CPU. CPU memiliki kecepatan yang sangat cepat, sedangkan waktu akses dari memory utama relatif lebih lambat. Kecepatan pemrosesan tidak hanya bergantung pada prosessor yang cepat saja, malah lebih cenderung pada kecepatan memory utama. Hal ini dikarenakan cache memory yang memiliki waktu akses lebih dekat dengan kecepatan processor.
Pengertian Cache Memory dan Fungsinya

Fungsi Cache Memory

Cache memory berfungsi sebagai tempat pemyimpanan data sementara atau instrukti yang diperlukan processor. Mudahnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data dan informasi yang pernah diakses oleh suatu buffer, sehingga akan meringkan kerja processor. Adapun fungsi dari cache memory adalah sebagai berikut:
  1. Mempercepat kinerja memory
  2. Meringankan kinerja processor
  3. Mempercepat akses data pada komputer
  4. Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dengan memory utama

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian cache memory dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon