November 15, 2017

Pengertian Client Server dan Peer to Peer (Kelebihan dan Kekurangan)

Tags
Selamat datang teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dari client server dan peer to peer. Agar lebih lengkap, akan saya tuliskan juga mengenai kelebihan dan kekuranannya. Jadi artikel ini bisa dibilang pengertian client server dan peer to peer beserta kelebihan dan kekurangannya yang semoga lengkap. Artikel ini merupakan materi TKJ ketika kelas X kalau tidak XI, lupa nih.

Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan kita mengenai pengertian client server dan peer to peer beserta kelebihan dan kekurangannya bisa bertambah.

Pengertian Client Server

Client server adalah sebuah bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima dan akan menampilkan serta menjalankan aplikasi, sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan sumber daya dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, serta keamanannya. Jadi pada intinya, client merupakan perangkat yang menerima, menampilkan, dan menjalankan aplikasi, sedangkan server merupakan perangkat yang bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

Pengertian, kelebihan, dan kekurangan client server

Kelebihan Client Server

Adapun macam kelebihan dari client server adalah sebagai berikut:
  1. Data dapat dibackup pada satu lokasi sentral.
  2. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan penelolaannya dilakukan secara khusus oleh server yang tidak dibebani tugas lain, jadi server lebih fokus menyediakan fasilitas jaringan saja.
  3. Lebih aman.

Kekurangan Client Server

Adapun macam kekurangan dari client server adalah sebagai berikut:
  1. Membutuhkan administrator yang handal.
  2. Jika server mati, seluruh komputer client juga akan mati.
  3. Pelaksanaannya mahal.

Pengertian Peer to Peer

Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan dapat juga menjadi client secara bersamaan. Lain hanya dengan client server yang antara client dan server memiliki tugas yang berbeda. Jadi pada intinya, peer to peer memiliki host yang dapat bertugas menjadi client maupun server dalam waktu bersamaan.

Pengertian, kelebihan, dan kekurangan peer to peer

Kelebihan Peer to Peer

Adapun macam kelebihan dari peer to peer adalah sebagai berikut:
  1. Tidak membutuhkan administrator yang handal.
  2. Pelaksanaannya tidak terlalu mahal.

Kekurangan Peer to Peer

Adapun macam kekurangan dari peer to peer adalah sebagai berikut:
  1. Tidak cocok untuk network dalam skala besar.
  2. Keamanannya kurang.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian client server dan peer to peer beserta kelebihan dan kekurangannya. Kalau dilihat, kedua jaringan ini berbanding terbalik antara satu dengan yang lain, mulai dari kelebihan dan kekurangannya.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon