Pengertian dan Fungsi IP Public pada Jaringan

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi IP Public pada Jaringan – Dalam sebuah jaringan pasti sering mengenal istilah mengenai IP atau IP Address. Apa yang dimaksud dengan IP Address itu? IP Address adalah sebuah alamat jaringan yang memiliki sifat unik untuk setiap komputer dan perangkat jaringan. IP Address public dimiliki oleh masing-masing komputer dan perangkat jaringan di seluruh dunia untuk mempermudah dalam pengenalan antara satu dengan yang lain. Ketika menggunakan IPv4, daya tampungnya sangat terbatas untuk IP Public. Sehingga cara yang sering digunakan adalah dengan NAT.

Pengertian dan Fungsi IP Public pada Jaringan
IP Public pada Jaringan

Secara sederhana IP Address dapat diartikan sebagai alamat dala jaringan. Alamat IP antara komputer satu dengan komputer lainnya berbeda. Untuk itu tidak heran jika IP ini cukup banyak ragamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel singkat mengenai IP Address Public pada jaringan komputer. Artikel ini juga merupakan materi dari pelajaran TKJ SMK. Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kita mengenai IP Public bisa bertambah.

Pengertian dan Fungsi IP Public pada Jaringan

Secara singkatnya, IP Address Public adalah alamat jaringan yang bersifat unik (pada bagian network identifier) untuk tiap komputer dan digunakan pada jaringan internet. Satu IP Address hanya bisa digunakan untuk satu perangkat jaringan saja, jadi tidak mungkin dua buah komputer yang menggunakan IP Address sama akan bisa mengakses jaringan.

IP Address Public digunakan untuk memberikan pengalamatan sebuah perangkat jaringan untuk memudahkan dalam pengenalan satu sama lain. Anda dapat melihat IP yang Anda gunakan melalui konfigurasi komputer atau bisa juga menggunakan tool online yang banyak digunakan. Salah satu tool online yang bisa Anda gunakan untuk melihat IP Address adalah www.whatismyip.com. Setelah Anda mengunjungi website tersebut, secara otomatis IP Anda akan terlihat.

IP Address Public bisa diakses dari mana saja asalkan bisa terhubung dengan jaringan internet. IP Address Public sudah ditetapkan secara internasional oleh organisasi bernama inter MIC, yaitu sebuah badan internasional yang menyediakan informasi umum kepada masyarakat mengenai layanan registrasi dan domain pada internet diseluruh dunia.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan fungsi IP Public pada jaringan. IP Address Public dapat diartikan sebagai alamat jaringan yang bersifat unik (pada bagian network identifier) untuk tiap komputer dan digunakan pada jaringan internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *