Pengertian dan Fungsi IPv4 pada Jaringan Komputer

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi IPv4 pada Jaringan Komputer – Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel yang merupakan salah satu materi TKJ yaitu pengertian dan fungsi IPv4. Seperti yang kita ketahui, IP adalah sebuah aturan atau standar yang bertugas mengatur serta mengizinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data pada dua komputer atau lebih dalam sebuah jaringan. Selain IP adapula definisi mengenai IPv4. Apa yang dimaksud dengan IPv4 itu? Apa saja fungsi IPv4 di menu network connection?

Pengertian dan Fungsi IPv4 pada Jaringan Komputer
Kegunaan IPv4 pada Jaringan Komputer

IP Address adalah deretan angka biner yang terdiri dari 32 bit sampai 128 bit yang digunakan untuk memberikan identifikasi pada komputer sehingga bisa berkomunikasi dengan komputer lain. IP Address memiliki sifat yang unik dalam artian hanya bisa digunakan satu komputer saja, jadi setiap komputer sudah pasti memiliki IP Address yang berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian IPv4 dan fungsi IPv4 pada jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi IPv4 pada Jaringan Komputer

IP address menjadi salah satu materi yang pasti sangat familiar di telinga siswa TKJ. Bahkan kita akan terus mendalami konfigurasi IP address setiap tahunnya sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah. Namun ada pula siswa yang ternyata masih belum mengetahui apa fungsi atau jenis IP address yang sering dipakai untuk konfigurasi jaringan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa pengertian IP Address ialah deretan angka biner yang terdiri dari 32 bit sampai 128 bit. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan identifikasi pada komputer sehingga bisa berkomunikasi dengan perangkat lain. Alamat IP sendiri terdiri dari 2 versi yaitu IPv4 dan IPv6 yang memiliki fungsi serta settingan berbeda.

Tapi dalam artikel kali ini kita hanya akan berfokus pada topik bahasan apa fungsi IPv4 untuk konfigurasi jaringan saja. Tapi sebelumnya, kalian wajib mengetahui pengertian IPv4 terlebih dulu agar mempunyai gambaran konsep lebih jelas.

Baca Juga  Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian IPv4

Pengertian IPv4 atau Internet Protocol Version 4 adalah deretan angka biner berjumlah 32 bit yang mampu menampung lebih dari 4.294.967.296 host di seluruh dunia. IPv4 menjadi versi alamat yang paling banyak dipakai teknisi untuk konfigurasi jaringan internet. Bahkan bisa dikatakan bahwa seluruh koneksi yang tersambung sepenuhnya memakai IPv4. Mengapa demikian? sebab sepengetahuan saya versi di atasnya yakni IPv6 masih belum familiar dikenal oleh masyarakat.

IPv4 diekspresikan dalam notasi desimal yang terbagi menjadi 4 oktet dan setiap oktet memiliki ukuran 8 bit. Karena setiap oktet berkiran 8 bit, maka nilainya antara 0 sampai 255. Aturan pengalamatan IPv4 dapat dicontohkan seperti:

192.248.41.1 = Jika dikonversi ke bentuk bilangan biner maka akan menjadi 11000000.10010100.00101111.00000001

Fungsi IPv4

Bila kalian siswa yang gemar mengutak atik jaringan terlebih sering membuka menu network connection. Pasti sudah tak asing lagi dengan penggunaan TCP/IPv4 sebagia media penghubung antara perangkat dan internet.

Fungsi IPv4 untuk apa? pertanyaan ini mungkin pernah terbesit di benak kalian. Selain pengertian IPv4 di atas, adapula beberapa fungsi dari IPv4 itu sendiri. IPv4 memiliki beberapa fungsi didalamnya yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai alat identifikasi host pada jaringan komputer
  2. Sebagai alamat lokasi jaringan

Nah, mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya tuliskan kali ini. IP Address pada dasarnya dapat di bagi menjadi dua jenis yakni IPv4 dan IPv6. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai pengertian dan fungsi IPv4. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.