November 11, 2017

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ45

Tags
Bagi teman-teman TKJ, mungkin sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Karena saya yakin teman-teman semua sudah pernah melihat, memegang, bahkan melakukan praktek menggunakan RJ45. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai pengertian dan fungsi konektor RJ45. Artikel ini saya buat untuk pribadi dan untuk teman-teman semua agar nanti ketika saya lupa bisa membukanya kembali di blog ini.

Dalam jaringan, terdapat sebuah penghubung untuk komponen lain agar bisa bekerja secara normal, yaitu RJ. Pengertian RJ atau Register Jack adalah peralatan pada jaringan yang berfungsi untuk mengatur instalasi atau pemasangan konektor kabel.

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ45

Konektor RJ45 adalah penghubung atau konektor kabel ethernet yang digunakan dalam jaringan. Konektor RJ45 termasuk salah satu peralatan jaringan yang sangat populer karena bisa digunakan untuk jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet. Konektor RJ45 biasanya terdapat pada ujung kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair yang menghubungkannya ke pemancar pemerima atau transceiver.

Konektor RJ45 dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih. Untuk menghubungkan dua jaringan, pemasangannya harus menggunakan rangkaian kabel Crossover. Sedangkan jika menghubungkan lebih dari dua jaringan, pemasangannya harus menggunakan rangkaian kabel Straight Through.

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ45

Fungsi Konektor RJ45

Fungsi konektor RJ45 seperti yang sudah saja tuliskan di atas yaitu sebagai penghubung atau konektor kabel ethernet yang digunakan dalam jaringan. Sebelum memasang konektor RJ45, kabel UTP terlebih dahulu disusun sesuai pinnya, mau membuat susunan Crossover atau Straight. 

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi konektor rj45. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai konektor RJ45.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon