Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer

Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian dan fungsi motherboard. Artikel ini juga termasuk materi TKJ ketika kelas X tentang perangkat peras komputer. Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan dan pengetahuan kita mengenai motherboard bisa bertambah.

Motherboard adalah papan berupa PCB yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya adalah mengatur seputar BIOS, Chipset, VGA, RAM, Processor & Additional Card (PCI, ISA). Ketika Anda membuka cassing komputer, pasti akan langsung melihat hardware seperti RAM, VGA, atau Processor yang terletak pada sebuah papan, nah papan itulah yang disebut dengan motherboard.
Pengertian dan Fungsi Motherboard

Pada motherboard, terdapat socket serta komponen yang sangat membantu terciptanya sebuah sistem komputer seperti RAM, VGA, Processor, PCI, Lan Card, dan lain sebagainya. Tanpa adanya motherboard, maka sistem komputer tidak akan bisa berjalan. Maka dari itu motherboard sering disebut dengan perangkat keras paling utama dibanding perangkat keras lainnya.

Fungsi Motherboard

Fungsi motherboard adalah untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Jadi, motherboard disini bertugas sebagai penghubung bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Jadi, papan utama yang ada dalam rangkaian komputer seperti RAM, Hardisk, Fan, VGA, Port USB, DVD Room, Processor, dan lain sebagainya akan terhubung menjadi satu melalui port dudukannya masing-masing. Sehingga, ketika CPU dinyalakan seluruh komponen akan menyala karena dihubungkan oleh motherboard.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon