Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi Motherboard pada KomputerSelamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian motherboard dan fungsinya. Artikel ini juga termasuk materi TKJ ketika kelas X tentang perangkat peras komputer. Dengan adanya artikel tersebut, semoga wawasan dan pengetahuan kita mengenai motherboard bisa bertambah.

Apa pengertian motherboard itu? Apa fungsi motherboard itu? Motherboard adalah papan berupa PCB yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya adalah mengatur seputar BIOS, Chipset, VGA, RAM, Processor & Additional Card (PCI, ISA). Ketika Anda membuka cassing komputer, pasti akan langsung melihat hardware seperti RAM, VGA, atau Processor yang terletak pada sebuah papan, nah papan itulah yang disebut dengan motherboard.

Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer
Motherboard Pada Komputer

Pada motherboard, terdapat socket serta komponen yang sangat membantu terciptanya sebuah sistem komputer seperti RAM, VGA, Processor, PCI, Lan Card, dan lain sebagainya. Tanpa adanya motherboard, maka sistem komputer tidak akan bisa berjalan. Maka dari itu motherboard sering disebut dengan perangkat keras paling utama dibanding perangkat keras lainnya.

Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer

Seperti yang telah kita ketahui bahwa komputer terdiri dari beberapa bagian/komponen di dalamnya. Masing masing komponen memiliki fungsi dan cara kerjanya sendiri. Komponen komputer tersebut dapat meliputi motherboard, CPU, Fan/kipas, dan lain lain. Tetapi yang paling penting dari sebuah komputer ini ialah bagian motherboard. Hal ini dikarenakan dalam motherboard masih ada lagi beberapa bagian lagi yang menunjang sistem kerja dari komputer tersebut.

Apa itu motherboard? Apa pengertian motherboard itu? Apa fungsi motherboard itu? Pertanyaan pertanyaan seperti ini tentunya sering kita dengar dari para siswa. Hal ini dikarenakan sebagian siswa masih belum mengetahui apa itu motherboard.

Baca Juga  Pengertian Virus Ransomware Wanna Cry yang Berbahaya

Fungsi motherboard adalah untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Jadi, motherboard disini bertugas sebagai penghubung bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Jadi, papan utama yang ada dalam rangkaian komputer seperti RAM, Hardisk, Fan, VGA, Port USB, DVD Room, Processor, dan lain sebagainya akan terhubung menjadi satu melalui port dudukannya masing-masing. Sehingga, ketika CPU dinyalakan seluruh komponen akan menyala karena dihubungkan oleh motherboard.

Motherboard sendiri merupakan media atau bagian penting dalam komputer. Hal ini dikarenakan Motherboard (MB) dijadikan sebagai otak koputer itu sendiri. Untuk itu Motherboard digunakan sebagai penghubung dengan media komputer lainnya. Dengan begitu komputer dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian Motherboard dan fungsi Motherboard dalam komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.