Pengertian dan Fungsi Processor pada Komputer

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi Processor pada KomputerSelamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian processor pada komputer dan fungsinya. Artikel ini juga merupakan materi TKJ yang dipelajari ketika kelas X. Artikel tersebut saya buat sekadar untuk melakukan backup materi dan sedikit berbagi, agar ketika lupa nanti bisa membukanya kembali melalui artikel ini. Dan semoga artikel ini juga bisa menambah wawasan kita semua.

Siapa yang tidak kenal dengan komputer. Perangkat yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi para penggunanya seperti untuk bekerja, hiburan, belajar dan sebagainya. Dengan berbagai manfaat ini tentunya komputer ditunjang dengan adanya beberapa komponen didalamnya. Salah satunya ialah processor. Apa itu processor? Apa fungsi processor? Processor merupakan satu dari sekian jenis komponen komputer yang sangat bermanfaat. Komponen komputer yang satu ini sangat di perlukan untuk menjalankan suatu komputer hingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pengertian dan Fungsi Processor pada Komputer
Processor Pada Komputer

Processor biasa disebut dengan otak komputer, yaitu sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak di motherboard, tepatnya di socket processor tersebut. Processor ada yang bisa dilepas dari motherboard dan yang tidak bisa dilepas dari motherboard atau yang sering disebut dengan onboard. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian processor pada komputer dan fungsi processor pada komputer. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Processor pada Komputer

Jenis socket processor juga bermacam-macam, jadi ketika Anda ingin mengganti processor, harus disesuaikan dengan sokcet pada motherboard, misal socket pada motherboard adalah LGA, maka cari processor dengan socket LGA. Hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti processor selain socket adalah, nilai TDP harus sesuai dengan motherboardnya.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Tabel Dengan HTML

Processor sering disebut juga dengan Microprocessor. Komponen komputer yang satu ini memiliki bagian bagian lain di dalamnya. Apa saja bagian  bagian dari processor itu? Di bawah ini terdapat bagian – bagian processor yaitu sebagai berikut:

  1. Aritmatics Logical Unit (ALU) : Berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan intruksu program.
  2. Control unit (CU) : Berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output.
  3. Memory unit (MU) : Berfungsi sebagai alap penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses yang cukup tinggi.

Fungsi Processor

Setelah mengetahui pengertian processor dalam komputer. Selanjutnya saya aka membagikan fungsi dari processor komputer tersebut. Processor berfungsi untuk memproses data yang diterima dari masukan atau di input, kemudian akan menghasilkan keluaran berupa output. Processor tidak dapat bekerja sendiri, melainkan membutuhkan dukungan dengan komponen lain seperti hardisk dan RAM. Dalam memproses data, dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat, tergantung dari kecepatan processor.

Saat ini, kecepatan processor tertinggi ada di kecepatan 4GHz (Gigahertz). Artinya, processor ini dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya. Kecepatan itu sudah sangat luar biasa, bahkan untuk menjalankan game super HD sekalipun pasti tanpa kompromi.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian processor dalam komputer dan fungsi processor dalam komputer. Processor merupakan salah satu bagian komputer yang menjadi pusat pengatur dalam komputer itu sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.