Pengertian dan Fungsi Processor pada Komputer

Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian dan fungsi processor pada komputer. Artikel ini juga merupakan materi TKJ yang dipelajari ketika kelas X. Artikel ini saya buat sekadar untuk melakukan backup materi dan sedikit berbagi, agar ketika lupa nanti bisa membukanya kembali melalui artikel ini. Dan semoga artikel ini juga bisa menambah wawasan kita semua.

Processor biasa disebut dengan otak komputer, yaitu sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak di motherboard, tepatnya di socket processor tersebut. Processor ada yang bisa dilepas dari motherboard dan yang tidak bisa dilepas dari motherboard atau yang sering disebut dengan onboard.
Pengertian dan Fungsi Processor

Jenis socket processor juga bermacam-macam, jadi ketika Anda ingin mengganti processor, harus disesuaikan dengan sokcet pada motherboard, misal socket pada motherboard adalah LGA, maka cari processor dengan socket LGA. Hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti processor selain socket adalah, nilai TDP harus sesuai dengan motherboardnya.

Processor sering disebut juga dengan Microprocessor. Adapun bagian-bagian dari processor adalah sebagai berikut:

  1. Aritmatics Logical Unit (ALU) : Berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan intruksu program.
  2. Control unit (CU) : Berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output.
  3. Memory unit (MU) : Berfungsi sebagai alap penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses yang cukup tinggi.

Fungsi Processor

Processor berfungsi untuk memproses data yang diterima dari masukan atau di input, kemudian akan menghasilkan keluaran berupa output. Processor tidak dapat bekerja sendiri, melainkan membutuhkan dukungan dengan komponen lain seperti hardisk dan RAM. Dalam memproses data, dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat, tergantung dari kecepatan processor.

Saat ini, kecepatan processor tertinggi ada di kecepatan 4GHz (Gigahertz). Artinya, processor ini dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya. Kecepatan itu sudah sangat luar biasa, bahkan untuk menjalankan game super HD sekalipun pasti tanpa kompromi.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian dan fungsi processor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon