Pengertian dan Macam Macam Sistem Operasi Jaringan

Diposting pada

Pengertian dan Macam Macam Sistem Operasi Jaringan – Sistem operasi adalah perangkat lunak atau program yang terdapat pada komputer. Sistem operasi jaringan atau Network Operating System (NOS) adalah sistem operasi yang didesain untuk dapat melayani kebutuhan user dalam jumlah besar untuk berbagai keperluan. Sistem operasi jaringan banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar. Sistem operasi ini akan selalu berhubungan dengan jaringan komputer dan internet. Pada sebuah jaringan memang perlu ada sebuah SO atau Sistem Operasi.

Pengertian dan Macam Macam Sistem Operasi Jaringan
Sistem Operasi pada Jaringan

Sistem operasi jaringan memiliki karakteristik seperti: mendukung penggunaan lebih dari satu user, menjalankan aplikasi yang mampu digunakan lebih dari satu user, lebih stabil karena kecil kemungkinan terdapat error pada program, dan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan sistem operasi pada umumnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan macam macam sistem operasi jaringan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Macam Macam Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan berfungsi untuk menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat sejenisnya ke sebuah jaringan, mengelola sumber daya jaringan, menyediakan layanan, hingga menyediakan keamanan jaringan. Adapun macam-macam sistem operasi jaringan yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

Windows Server
Microsoft mengeluarkan sistem operasi jaringan yaitu Windows Server. Windows Server 2000 adalah versi pertama dari sistem operasi ini, dan hingga yang terakhir adalah Windows Server 2012. Sistem operasi ini menggunakan non dedicated server sehingga memungkinkan untuk bekerja pada komputer server.

UNIX
Sistem operasi UNIX mampu menangani pemrosesan yang besar dan juga menyediakan layanan internet seperti FTP Server, Web Server, Terminal Emulation atau Telnet, akses databasem dan Network File System atau NFS yang dapat mengizinkan client dengan sistem operasi berbeda untuk mengakses file yang disimpan di komputer yang menggunakan UNIX.

GNU/Linux
Linux merupakan turunan dari UNIX yang merupakan freeware dan powerfull operating system. Linux memiliki imprementasi lengkap dari arsitektur TCP/IP, seperti pada varian SCO OpenServer, Novell UnixWare, dan Solaris.

Novell Netware
Novel Netware adalah sistem operasi yang umum digunakan pada komputer IBM PC atau kompatibelnya. Novell Netware dikembangkan oleh Novell dan dibuat oleh Novell Inc berbasis tumpukan protocol jaringan Xerox XNS.  Sistem operasi ini dulu digunakan sebagai LAN-based network operating system.

Nah, itulah beberapa macam sistem operasi jaringan. Sebenarnya masih ada sistem operasi jaringan yang lainnya, namun hanya ini dulu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel pengertian dan macam sistem operasi jaringan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *