November 14, 2017

Pengertian dan Tugas Web Designer

Tags
Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Masih membahas mengenai web lagi, postingan sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian dan tugas web administrator serta pengertian dan tugas web programmer. Nah, yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah pengertian dan tugas Web Designer.

Web Designer adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam menentukan tampilan sebuah web. Tugas Web Designer adalah mendesain tampilan website mulai dari tata letak, warna, gambar, dan semua elemen-elemen visual website. Hasil dari tugas Web Designer akan berhubungan langsung dengan pengunjung website tersebut, karena biasanya pengunjung melihat website dari segi tampilan terlebih dahulu.
Pengertian dan Tugas Web Designer

Tugas Web Designer

Seperti yang sudah sedikit saya tuliskan di atas, tugas Web Designer adalah menentukan dan mendesain tampilan website mulai dari framework, tata letak, warna, tampilan gambar, tampilan tulisan, dan elemen visual situs yang lainnya. Jadi pada intinya, Web Designer adalah orang yang paling bertanggung jawab dengan tampulan website. Fokus utama Web Designer tetap terletak pada tampilan website, baik itu framework ataupun tata letak website.

Seperti yang kita tahu, penilaian website selain dari segi konten juga dari segi tampilan. Tampilan yang menarik akan mendukung konten sehingga jika dipadukan akan menjadi susunan website yang keren. Web Designer mengambil profesi dalam mendesain website secara keseluruhan baik itu yang menggunakan bahasa pemrograman maupun yang menggunakan software design (untuk mendesain logo dan sebagainya). Namun ada juga Website Designer yang hanya mau mendesain menggunakan salah satunya saja, misal menggunakan software design saja.

Web Designer lebih konsen dengan bagaimana halaman yang terlihat nanti dan apakah berfungsi dengan baik ketika sudah diberikan bahasa pemrograman. Seorang Web Designer harus menguasai beberapa hal di bawah ini:
  1. HTML, DHTML
  2. Pengolah Gambar
  3. Animasi
  4. Video Movie

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian dan tugas Web Designer. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai Web Designer.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon