November 13, 2017

Pengertian dan Tugas Web Programmer

Tags
Selamat datang teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Masih membahas mengenai Web, kalau postingan sebelumnya membahas Pengertian dan Tugas Web Administrator, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian dan tugas Web Programmer. Anak TKJ pasti sudah pernah lah diajarkan materi ini, walau mungkin hanya dasarnya saja.

Pengertian Web Programmer adalah orang yang membuat dan menulis kode (script) untuk mengembangkan website atau aplikasi dalam bentuk web. Seorang Web Programmer bekerja di bidang teknologi informasi yang mana dalam pekerjaan tersebut, Web Programmer akan melakukan coding seperti yang saya jelaskan.
Pengertian dan Tugas Web Programmer

Tugas Web Programmer

Di atas sudah sedikit saya tuliskan mengenai tugas web programmer yaitu membuat dan menulis script untuk mengembangkan (membuat) sebuah website. Programmer berperan sebagai penghubung semua sumber daya yang digunakan dalam website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen pada website.

Seorang Web Programmer diharapkan bisa dan mampu menguasai bahasa pemrograman baik di sisi cilent maupun server. Selain itu, Web Programmer juga dituntut untuk mampu mengoperasikan database. Adapun bagian aplikasi yang harus dipahami oleh Web Programmer:
  1. PHP, MySQL, dan CGI Perl untuk Unix Base
  2. ASP untuk NT Base
  3. JavaScript dan Applet

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian dan tugas Web Programmer.Tertarik menjadi Web Programmer? ayo segera belajar bahasa pemrograman mulai sekarang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai Web Programmer.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon