Pengertian DNS dan Fungsinya Singkat

Selamat datang teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian DNS dan fungsinya. Artikel ini juga termasuk materi TKJ ketika kelas XI (kalau tidak salah). Artikel ini sengaja saya buat untuk sekadar berbagi dan melakukan backup materi agar sas tsaya lupa nanti bisa membukanya kembali melalui blog ini. Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan kita mengenai DNS bisa bertambah.

DNS atau Domain Name System atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Penamaan Domain adalah suatu aplikasi service yang digunakan di internet seperti web browser atau email yang menerjemahkan sebuah domain ke IP Address. Pada intinya, DNS ini digunakan untuk menerjemahkan nama komputer ke IP Address atau memetakan nama komputer menjadi IP Address.
Pengertian DNS dan Fungsinya Singkat

Fungsi DNS (Domain Name System)

Ketika komputer dan perangkat jaringan bekerja dengan alamat IP untuk melakukan tugas seperti pengalamatan, manusia lebih suka menggunakan nama host atau domain, seperti misal alamat sumber universal (URL) dan alamat email. Fungsi DNS (Domain Name System) seperti yang sudah saya tuliskan di atas yaitu untuk menerjemahkan nama komputer ke IP Address atau memetakan nama komputer menjadi IP Address.

Kelebihan DNS:
  1. Mudah di ingat : Pengguna tidak perlu mengingat IP Address sebuah komputer, host name saja.
  2. Konsisten : IP Address sebuah komputer boleh berubah, namun host name tidak boleh berubah.
  3. Simple : DNS server mudah untuk dikonfigurasi.
Kekurangan DNS:
  1. User tidak dapat menggunakan nama banyak untuk mencari nama domain baik di internet maupun di intranet.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian DNS dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon