Perbedaan NTFS, FAT, dan FAT32 Lengkap

Diposting pada

Perbedaan NTFS, FAT, dan FAT32 Lengkap – Kalian pasti sudah pernah melihat atau mendengar kata NTFS, FAT, ataupun FAT32. Istilah itu merujuk pada file sistem yang mempunyai arti sebuah metode untuk menyimpan atau mengorganisir file komputer dan data yang ada. Tujuannya agar pengguna lebih mudah untuk mencari dan mengaksesnya. Singkatnya, NTFS adalah singkatan dari New Technology File System sedangkan FAT merupakan File Allocation Table.

Memahami apa perbedaan NTFS dan FAT32 sangatlah penting bagi siswa khususnya yang ambil jurusan TKJ. Mengapa demikian? karena sedikit banyak format system itu akan dipakai untuk berbagai platform hardware. Misalnya SSD, harddisk, hingga flashdisk yang notabenya kini menjadi media penyimpanan primer.

Pengertian FAT, FAT32, dan NTFS Lengkap
Macam Macam File System

Bahkan tak jarang ada flashdisk yang tidak bisa diakses karena salah memilih file sistem pada saat proses format. Apakah kalian juga pernah mengalami masalah tersebut? bila iya maka ada baiknya kalian mengetahui perbedaan FAT32 dan NTFS.

Beruntungnya, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian FAT, FAT32, dan NTFS. Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kita mengenai sistem file bisa bertambah. Di bawah ini adalah pengertian dan penjelasan FAT, FAT32, dan NTFS. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Perbedaan NTFS, FAT, dan FAT32 Lengkap

Sistem operasi windows pada dasarnya terdiri dari susunan file yang kompleks dengan format berbeda beda. File system sendiri dapat diartikan sebagai sebuah metode untuk menyimpan atau mengorganisir file komputer dan data yang ada sehingga lebih mudah untuk mencari dan mengaksesnya. Lantas apa macam macam file system itu? File system terdiri dari beberapa jenis seperti FAT, FAT32, dan NTFS.

Perbedaan NTFS dan FAT32 memang tak sepenuhnya diajarkan ketika kita berada di bangku sekolah. Tapi secara garis besar menambah pengetahuan tentang dua format sistem ini sangatlah penting. Karena penggunaan FAT, NTFS, maupun FAT32 bisa kita jumpai dalam aspek komputerisasi. Misalnya saat hendak format flashdisk atau harddisk pasti pengguna akan diminta memilih format system terlebih dulu.

Inilah alasan kenapa siswa TKJ harus memahami konsep serta pengertian FAT, NTFS, dan FAT32 secara mendalam. Tapi sayangnya beberapa orang sering mengalami kesulitan karena tak mampu mengidentifikasi perbedaan FAT32 dan NTFS. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai definisi ketiga format sistem tersebut.

Pengertian FAT

Sebelum beranjak membahas apa saja perbedaan NTFS dan FAT32 ada baiknya kalian simak format yang menjadi cikal bakal atau pendahulunya. FAT adalah singkatan dari File Allocation Table, yaitu sistem file yang menggunakan struktur tabel alokasi sebagai cara beroperasinya.

FAT adalah sistem file utama untuk sistem operasi yang ada saat itu. FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Mard McDonnald tahun 1976-1977. Kemudian dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981. Seiring berjalannya waktu format ini terus mengalami perkembangan hingga saat ini berevolusi menjadi FAT32.

Baca Juga  Cara Menginstall Windows 7 Lengkap dengan Gambar

Sistem FAT digunakan oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows), dan masih banyak sistem operasi lainnya seperti Macintosh dan Linux. Sekarang ini, FAT sudah banyak digunakan dalam sistem komputer dan kartu memori yang digunakan pada kamera digital, pemutar media, bahkan memori card handphone.

Pengertian FAT32

Meski mempunyai nama yang hampir sama tapi ternyata sistem FAT biasa dan Fat32 sedikit berbeda. Perbedaan NTFS dan FAT32 atau versi biasanya bisa kita jumpai dalam buku pedoman TKJ khususnya.

FAT32 adalah versi sistem file FAT generasi terakhir yang diperkenalkan saat Microsoft merilist Windows 95 OEM Service Release 2 (Service Pack 2). Sistem file ini menggunakan lebih banyak bit untuk mengidentifikasi setiap cluster pada disk. Dan hasilnya, FAT32 bisa mendukung penyimpanan yang besar sampai 2 terabyte plus efesiensi yang lebih baik.

FAT32 mampu menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam sebuah partisi. Selain itu, FAT32 juga dapat mengembangkan kemampuan hardisk menjadi lebih baik dibandingkan versi FAT sebelumnya. Namun, FAT32 memiliki kelemahan yang tidak dimiliki FAT16 yaitu terbatasnya sistem operasi yang mengenal FAT32.

Pengertian NTFS

Setiap orang pasti pernah memformat flashdisk dengan tujuan untuk menghapus total seluruh file di dalamnya. Nah, pada proses format itu tanpa sadar kita akan disuguhkan beberapa pilihan system. Namun mayoritas orang sering mengabaikan opsi itu dan langsung memformat tanpa tau aspek aspeknya.

Meski windows secara otomatis langsung memilih format yang sesuai dengan flashdisk. Tapi sebagai pengguna kita tetap harus mengetahui apa perbedaan NTFS dan FAT32 sebagai bahan rujukan. Karena tak sedikit pula Flashdisk yang rusak tidak bisa diisi file karena salah pemilihan system.

NTFS adalah singkatan dari New Technology File System, yaitu sistem file yang dibekalkan Microsoft pada keluarga Windows NT. Sistem file NTFS memiliki desain yang sederhana namun mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan dengan FAT. NTFS memberikan fitur keamanan yang sangat tingi, kompresi data yang bagus, serta enkripsi data yang susah ditembus.

NTFS diperkenalkan pertama kali saat peluncuran versi awal Windows NT. NTFS bisa dibilang lebih baik dari semua versi FAT, namun dalam hal kompatibilitas NTFS masih belum mampu menutupi kelemahannya sama halnya dengan FAT32.

Nah, itulah artikel yang membahas perbedaan FAT, FAT32, dan NTFS yang dapat saya sampaikan. Bila kalian masih mempunyai kesulitan menghafal materi maka ajukan pertanyaan lewat kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.