November 13, 2017

Pengertian FAT, FAT32, dan NTFS Lengkap

Bagi pengguna sistem operasi Windows, pasti sudah pernah melihat atau mendengar kata NTFS, FAT, ataupun FAT32. Kata-kata tersebut adalah sebuah file sistem (system file) yan mempunyai arti sebuah metode untuk menyimpan atau mengorganisir file komputer dan data yang ada sehingga lebih mudah untuk mencari dan mengaksesnya. NTFS memiliki kepanjangan New Technology File System sedangkan FAT memiliki kepanjangan File Allocation Table.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian FAT, FAT32, dan NTFS. Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kita mengenai sistem file bisa bertambah. Di bawah ini adalah pengertian dan penjelasan FAT, FAT32, dan NTFS.
Pengertian FAT, FAT32, dan NTFS

Pengertian FAT

FAT adalah singkatan dari File Allocation Table, yaitu sistem file yang menggunakan struktur tabel alokasi sebagai cara beroperasinya. FAT merupakan sistem file utama untuk sistem operasi yang ada saat itu. FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Mard McDonnald tahun 1976-1977. Kemudian dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981.

Sistem FAT digunakan oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows), dan masih banyak sistem operasi lainnya seperti Macintosh dan Linux. Sekarang ini, FAT sudah banyak digunakan dalam sistem komputer dan kartu memori yang digunakan pada kamera digital, pemutar media, bahkan memori card handphone.

Pengertian FAT32

FAT32 adalah versi sistem file FAT generasi terakhir yang diperkenalkan saat Microsoft merilist Windows 95 OEM Service Release 2 (Service Pack 2). Sistem file ini menggunakan lebih banyak bit untuk mengidentifikasi setiap cluster pada disk. Dan hasilnya, FAT32 bisa mendukung penyimpanan yang besar sampai 2 terabyte plus efesiensi yang lebih baik.

FAT32 mampu menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam sebuah partisi. Selain itu, FAT32 juga dapat mengembangkan kemampuan hardisk menjadi lebih baik dibandingkan versi FAT sebelumnya. Namun, FAT32 memiliki kelemahan yang tidak dimiliki FAT16 yaitu terbatasnya sistem operasi yang mengenal FAT32.

Pengertian NTFS

NTFS adalah singkatan dari New Technology File System, yaitu sistem file yang dibekalkan Microsoft pada keluarga Windows NT. Sistem file NTFS memiliki desain yang sederhana namun mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan dengan FAT. NTFS memberikan fitur keamanan yang sangat tingi, kompresi data yang bagus, serta enkripsi data yang susah ditembus.

NTFS diperkenalkan pertama kali saat peluncuran versi awal Windows NT. NTFS bisa dibilang lebih baik dari semua versi FAT, namun dalam hal kompatibilitas NTFS masih belum mampu menutupi kelemahannya sama halnya dengan FAT32.

Nah, itulah artikel mengenai pengertian FAT, FAT32, dan NTFS. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon