Pengertian Firewall dan Fungsinya

Selamat datang teman-teman TKJ. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian firewall dan fungsinya. Firewall merupakan sebuah perangkat yang digunakan sebagai pengontrol akses terhadap siapapun yang mempunyai akses terhadap jaringan private dari pihak luar. Saat ini, firewall dipahami sebagai suatu istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda.

Artikel ini merupakan salah satu materi TKJ kelas XII kalau tidak salah. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai pengertian firewall beserta fungsinya.
Pengertian Firewall dan Fungsinya

Pengertian Firewall

Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadap jaringan yang dianggap tidak aman. Firewall bisa berupa perangkat lunak seperti program komputer atau aplikasi maupun perangkat keras seperti peralatan khusus untuk menjalankan program firewall.

Perlindungan dengan firewall diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi internet. Meningkatkan keamanan jaringan komputer dengan memberikan informasi secara rinci tentang pola lalu lintas jaringan. Perangkat ini penting dan diperlukan karena akan bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaringan komputer internal dan jaringan komputer external.

Fungsi Firewall

1. Mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan.

2. Mengatur, memfilter, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan private yang dilindungi. Adapun kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data dilewati atau tidak adalah sebagai berikut:
  • Alamat IP dari komputer sumber
  • Port TCP/UDP sumber dari sumber
  • Alamat IP dari komputer tujuan
  • Port TCP/UDP tujuan pada komputer tujuan
  • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data

Secara spesifik, fungsi firewall adalah melakukan autentikasi terhadap akses ke jaringan. Aplikasi proxy Firewall mampu memeriksa lebih dair sekadar header dari paket data.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian firewall dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon