Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya

Tags
Dalam bahasa Inggris, mainframe adalah istilah teknologi yang mengacu pada komputer kelas tertinggi yang terdiri dari komputer yang dapat melakukan banyak tugas komputasi yang kompleks dalam waktu singkat. Mainframe biasa digunakan oleh banyak pengguna yang dihubungkan oleh terminal.

Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat disebut dengan supercomputer. Mainframe jenis ini mampu melakukan perhitungan kompleks yang memakan waktu lama dan biasanya digunakan dalam penelitian para ilmuan, untuk memroses data perusahaan atau keperluan militer. Mainframe tidak hanya unggul dalam kecepatan pengolahan data, namun juga kompatibilitas dengan berbagai aplikasi dan ketangguhan.
Pengertian Komputer Mainframe dan Contohnya

Pengertian Komputer Mainframe

Mainframe adalah komputer besar yang dapat melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan. Komputer ini mendukung lusinan bahasa pemrograman yang berbeda, dapat menyimpan dan mengakses perpustakaan rutin dalam kapasitas besar, serta mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan. Jenis komputer mainframe menggunakan processor yang memiliki kemampuan sangat besar dan ditujukan untuk multiuser.

Komputer mainframe biasanya berfungsi sebagai pusat data di sebuah perusahaan besar. Komputer ini menggunakan CPU dan Storage Device yang sedikit lebih besar (kira-kira 2 lemari) yang ditempatkan di tempat terpisah. Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin maju, keunggulan komputer terbaru saat ini secara bertahap akan mampu bersaing dengan keunggulan komputer mainframe ini. Ukuran komputer mini dan lebih kecil disebut dengan microcomputers.

Mesin ini bisa bekerja dalam waktu yang lama tanpa adanya interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi salah satu alasan sebuah perusahaan untuk menggunakan komputer mainframe. Namun yang perlu diperhatikan lagi adalah, biaya yang harus dikeluarkan pasti sangat besar jika mesin operasional sehari-hari berhenti beroperasi.

Contoh Komputer Mainframe

Komputer mainframe banyak digunakan oleh perusahaan besar sebagai pusat data. Adapun beberapa komputer mainframe yang beredar adalah sebagai berikut:
  1. IBM System / 360
  2. IBM System / 390
  3. Honeywell-Bull DPS7
  4. Cray-1

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian komputer mainframe dan contohnya. Jika dalam penulisan artikel ini ada kesalahan, mohon segera hubungi kami melalui menu contact agar segera kami perbaiki. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon