Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi

Diposting pada

Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem OperasiSetiap perangkat lunak aplikasi yang dijalankan sistem operasi akan mencari lokasi file aplikasi tersebut lalu memindahkan isinya ke memori untuk kemudian mengirimkan setiap perintah pada file tersebut untuk dijalankan komputer. Setiap aplikasi yang terinstall akan masuk ke data program files. Sistem operasi juga akan memberikan pemintas (shortcut) dari aplikasi tersebut sehingga pengguna dapat membuka aplikasi tersebut dengan lebih cepat. Apa yang dimaksud manajemen aplikasi itu?

Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi
Manajemen Aplikasi pada Sistem Operasi

Aplikasi di program files merupakan aplikasi yang digunakan pengguna untuk suatu tujuan seperti misal aplikasi Google Chrome, Microsoft Office, Photoshop, dan lain sebagainya. Aplikasi yang terinstall dapat dilihat melalui Control Panel. Melalui control panel, kita juga bisa menghapus atau menguninstall sebuah aplikasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian manajemen aplikasi pada fungsi sistem operasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi

Pengertian manajemen aplikasi pada intinya adalah kegiatan Install (memasang), Uninstall (Menghapus), Update (Memperbaharui), Upgrade (Meningkatkan) sebuah aplikasi. Setiap pengguna komputer pasti pernah lah melakukan manajemen aplikasi ini, seperti contoh kecilnya adalah melakukan instalasi aplikasi Google Chrome, menghapus aplikasi Microsoft Office, melakukan update aplikasi Photoshop, ataupun melakukan upgrade antivirus Avast.

Untuk melakukan instalasi aplikasi, Anda bisa menggunakan installer aplikasi tersebut. Untuk melakukan uninstall, Anda bisa menggunakan Control panel seperti yang saya jelaskan sedikit di atas. Itulah contoh kecil dari manajemen aplikasi.

Dari fungsi manajemen aplikasi di atas (Install, uninstall, update, dan upgrade), berikut ini adalah penjelasannya:

Install
Install adalah proses pemasangan dam penempatan file program pada sistem komputer, termasuk konfigurasi pengaturan program tersebut. Ketika akan melakukan install aplikasi, kita bisa menggunakan file .exe untuk sistem operasi Windows sebagai installernya.

Uninstall
Uninstall adalah proses penghapusan file program dari sistem komputer. Proses ini sekaligus akan menghapus konfigurasi pengaturan dari komputer. Untuk menghapus (uninstall) program, kita bisa menggunakan Control Panel bawaan Windows.

Update
Update adalah proses pembaharuan yang dirancang untuk melakukan perbaikan masalah dengan memperbaiki sebuah program komputer atau pemabahan data pada program tersebut. Dalam hal ini biasanya akan disertai perbaikan kelemahan keamaman atau bug dan meningkatkan kinerja.

Upgrade
Upgrade adalah proses penggantian program dengan versi yang lebih baru dari program yang sama. Contoh upgrade adalah, misal sebelumnya versi program Anda adalah 2.0, maka upgrade akan mengganti versi lama tersebut dengan versi baru misalnya versi 3.0 dan seterusnya.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian manajemen aplikasi pada fungsi sistem operasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai manajemen aplikasi. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *