Pengertian Microsoft Office dan Jenisnya

Tags
Microsoft Office adalah sebuah perangkat lunak aplikasi yang dirancang untuk berjalan di bawah sistem operasi Windows dan Mac OS X. Produk-produk Microsoft Office hampir semuanya memiliki fungsi untuk membantu pekerjaan kantoran, seperti namanya Office. Aplikasi ini tidak bisa didapatkan secara gratis, karena Microsoft memberikan harga untuk aplikasi ini. Namun jika ingin mencoba gratis, hanya bisa dalam waktu 30 hari saja (versi trial).

Anda semua pasti sudah tidak asing dengan Microsoft Office, karena saya yakin mulai sejak SMP sudah dikenalkan dengan aplikasi ini. Produk Microsoft Office yang sering dijumpai adalah Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint, dan Access. Namun, jika Anda ingin mengetahui produk lainnya, di bawah ini adalah jenis-jenis produk Microsoft Office.
Pengertian Microsoft Office dan Jenisnya

1. Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Versi lain dikembangkan untuk berbagai sistem operasi seperti DOS pada tahun 1983, Macintosh pada tahun 1984, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows pada tahun 1989. Setelah menjadi bagian Ms System 2003 dan 2007, pada akhirnya diberi nama Ms Word.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah angka atau aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan di platform PC berbasis Windows dan Macintosh sejak versi 5.0 keluar pada tahun 1993. Dan hingga saat ini, Microsoft Excel masih sangat populer untuk aplikasi perhitungan grafik.

3. Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak presentasi yang dikembangkan Microsoft untuk berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows dan Macintosh yang menggunakan Apple Mac OS. Aplikasi ini sering digunakan oleh sebuah perkantoran, pendidik, mahasiswa, atau pelatih untuk memudahkan dalam menjelaskan suatu materi presentasi.

4. Microsoft Access

Microsoft Access adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data (data base). Aplikasi ini juga dirancang untuk berjalan pada PC berbasis Windows dan Macintosh, sama halnya dengan produk Microsoft Office lainnya.

5. Microsoft Outlook

Mocrosoft Outlook adalah perangkat lunak manager informasi pribadi dari Microsoft. Aplikasi ini digunakan untuk mengirim dan membaca email, namun tidak seperti perangkat pada umumnya. Microsoft Outlook memiliki fungsi kalendar, jadwal kerja, catatan, serta jurnal.

Produk Microsoft Office Lainnya

Karena tidak mungkin saya menjelaskan satu per satu produk dari Microsoft Office, berikut ini adalah daftarnya:
  1. Microsoft OneNote
  2. Microsoft InfoPath
  3. Microsoft Lync
  4. Microsoft Visio

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian Microsoft Office dan jenisnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon