Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi dan Contohnya

Perangkat lunak aplikasi atau software application adalah suatu perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan sebuah tugas yang diinginkan user. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak system yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, namun tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan user.

Beberapa aplikasi yang digabung menjadi suatu paket terkadang disebut dengan suite aplikasi atau application suite. Seperti contoh Microsoft Office dengan OpenOffice yang menggabungkan sebuah apliaksi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi dalam suatu paket pada umumnya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan, sehingga akan memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap-tiap aplikasi.
Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi dan Jenisnya

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi digunakan untuk membantu kebutuhan sehari-hari dalam menyelesaikan pekerjaan manusia. Pada intinya, diciptakannya perangkat lunak apliaksi adalah untuk mempermudah segala kebutuhan manusia. Adapun jenis-jenis perangkat lunak aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata. Aplikasi ini sering digunakan untuk sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan tulis-menulis. Contoh aplikasi pengolah kata adalah Microsoft Word, Notepad, Wordpad, Chiwriter, dan lain sebagainya.

2. Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah angkta. Aplikasi ini sering digunakan untuk sebuah pekerjaan yang nerhubungan dengan perhitungan atau hitung-menghitung seperti penjumlahan, pembagian, atau perkalian. Contoh aplikasi pengolah angka adalah Microsoft Excel, Lotus 123.

3. Aplikasi Presentasi

Aplikasi presentasi adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu melakukan presentasi. Dalam aplikasi ini disediakan berbagai macam desain yang dapat memperindah tampilan presentasi ketika slide show. Contoh apliaksi presentasi adalah Microsoft PowerPoint.

4. Aplikasi Pengolah Grafis

Apliaksi pengolah grafis adalah aplikasi yang digunakan untuk mendesain atau megolah gambar. Pada umumnya, aplikasi jenis ini bisa digunakan untuk mengedit gambar yang sudah jadi atau membuat gambar dari awal. Contoh aplikasi pengolah grafis adalah Photoshop, CorelDraw, InkScape, dan lain sebagainya.

5. Aplikasi Pengolah Video

Aplikasi pengolah video adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah atau mengedit video. Dengan aplikasi pengolah video, kita bisa menambah efek, memotong, atau menggabungkan video. Contoh apliaski pengolah video adalah Sony Vegas, Adobe Premiere, Flash Effect Maker, dan lain sebagainya.

6. Aplikasi Pengolah Data

Aplikasi pengolah data adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data yang banyak jumlahnya. Seperti contoh menyimpan data murid di sekolah, karyawan kantor, atau produk toko. Contoh aplikasi pengolah data adalah Microsoft Access, SPSS, dan lain sebagainya.

7. Aplikasi Internet

Aplikasi internet adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet. Dengan aplikasi ini, kita bisa mencari berbagai informasi di internet. Contoh aplikasi internet adalah Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.

Nah, itulah artikel mengenai pengertian perangkat lunak aplikasi dan jenisnya.Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon