Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi

Diposting pada

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi – Seni rupa adalah hasil interpretasi dan tanggapan pengalaman manusia dalam bentuk visual dan rabaan. Seni rupa merupakan seni yang cara pengungkapannya diwujudkan dalam bentuk rupa. Unsur dasar seni rupa antara lain unsur garis, warna, bidang, tekstur, gelap terang, dan titik. Berdasarkan dimensinya, seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa dua (2) dimensi dan seni rupa tiga (3) dimensi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi beserta contohnya. Semoga dengan artikel ini wawasan kita mengenai seni rupa bisa bertambah.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Kedua jenis karya seni rupa tersebut berbeda, mulai dari segi pengertian hingga contohnya. Lantas apa yang dimaksud seni rupa 2 dimensi itu? Apa yang dimaksud seni rupa 3 dimensi itu?

Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah sebuah karya seni rupa yang memiliki dua sisi saja, yakni sisi panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi tidak mempunyai ruang darena tidak mempunyai unsur ketebalan. Jadi, seni rupa dua dimensi tidak bisa dinikmati dari semua sisi, melainkan hanya bisa dinikmati melalui sisi saja. Adapun beberapa contoh seni rupa 2 dimensi yaitu meliputi:

Lukisan
Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat menggunakan alat kuas lukis, pisau palet, atau peralatan lain.

Seni Grafis
Seni grafis adalah cabang seni rupa dengan bentuk 2 dimensi yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Lainnya:
  1. Foto
  2. Banner
  3. Poster
  4. Kaligrafi
  5. Logo
  6. Karikatur

Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Seni rupa 3 dimensi bisa dinikmati melalui berbagai sisi, lain halnya dengan seni rupa 2 dimensi yang hanya bisa dinikmati melalui satu sisi saja. Hal ini dikarenakan seni rupa 3 dimensi memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi sehingga bisa dinikmati dari berbagai sisi. Adapun contoh seni rupa 3 dimensi yaitu meliputi:

Anyaman
Anyaman adalah sebuah seni rupa yang dibuat menggunakan bahan seperti kayu rotan, bambu, atau bahan sintetis. Kegiatan menganyam adalah mengatur bahan dasar yang saling tindih atau menyilang. Contoh anyaman 3 dimensi adalah caping (topi petani), tudung nasi, atau tempat nasi.

Patung
Menurut KBBI, patung adalah tiruan bentuk hewan, manusia, atau sebagainya dengan cara dipahat pada batu, kayu, atau bahan lainnya. Contoh seni rupa 3 dimensi patung bersejarah adalah patung Martha Christina Tiahahu di Maluku dan juga patung Dewa Wisnu di Bali.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Lainnya:
  1. Kerajinan keramik
  2. Kriya logam

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya tuliskan mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi dan pengertian seni rupa 3 dimensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai seni rupa. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *