November 09, 2017

Teks Berita (Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan)

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai materi Teks Berita antara lain pengertian teks berita, struktur teks berita, ciri-ciri teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita. Menurut KBBI, berita adalah keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Topik yang sering menjadi berita biasanya topik yang sedang banyak dibicarakan.

Pengertian Teks Berita

Pengertian teks berita adalah suatu teks yang berisi kejadian atau peristiwa yang sedang banyak dibicarakan oleh umum. Berita dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan. Berita yang disampaikan secara lisan contohnya seperti radio dan televisi. Sedangkan berita yang disampaikan secara tulisan contohnya seperti koran, surat kabar, majalah, dan sarana tulisan lainnya.
Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Struktur Teks Berita

Teks berita memiliki 3 struktur yaitu orientasi, peristiwa, dan sumber berita. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing struktur tersebut.

1. Orientasi
Orientasi adalah pembukaan tentang hal yang akan diberitakan. Merupakan bagian awal atau pembukaan dari suatu kejadian yang akan diberitakan.

2. Peristiwa
Peristiwa adalah tahap inti berita, struktur yang memuat 5W+1H. Merupakan bagian yang berisi tentang inti pokok yang dibahas dalam berita. Pada bagian ini menjelaskan jalannya kejadian dari awal sampai akhir.

3. Sumber Berita
Sumber berita adalah referensi dari narasumber di dalam berita. Merupakan bagian yang terletak pada akhir berita, namun terkadang peletakannya juga di dalam berita tersebut.

Ciri-Ciri Teks Berita

Ciri-ciri teks berita dari hasil rangkuman guru dari berbagai sumber, baik itu buku paket SMA kelas XII atau yang lainnya. Adapun ciri-ciri teks berita dari rangkuman tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Menarik
  2. Terkini (aktual)
  3. Dipercaya (faktual)
  4. Diterima di masyarakat
  5. Jelas
  6. Kalimatnya sederhana
  7. Segera disampaikan

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

1. Konjungsi yang menunjukkan keterangan

  • Waktu
  • Tempat (kata depan di, dari, ke, dan sampai)
  • Cara (dengan, melalui, secara)
  • Penyebab (karena, lantaran)
  • Tujuan (untuk, bagi, buat, demi, guna)
  • Aposisi (tanda pengapit, tanda koma, dan tanda kurung)

2. Kalimat Aktif dan Pasif

a. Kalimat Aktif
Kalimat aktif adalah kalimat verba dengan subjek melakukan pekerjaan yang dinyatakan oleh predikatnya. Kalimat ini bersubjek pelaku pekerjaan atau melakukan pekerjaan. Oleh sebab itu, subjek yang bermakna seperti itu disebut unsur aktor, dan predikatnya disebut unsur aksi.

b. Kalimat Pasif
Kalimat pasif adalah kalimat verba dengan subjek dikenai pekerjaan yang dinyatakan predikat. Subjek pada kalimat pasif merupakan subjek penderita.

3. Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

a. Kalimat Langsung
Kalimat langsung adalah kalimat yang berupa petikan langsung dari ucapan seseorang. Dalam penulisannya, kalimat langsung menggunakan tanda petik.

b. Kalimat Tidak Langsung
Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang bukan merupakan petikan langsung dari ucapan seseorang. Dalam penulisannya, kalimat tidak langsung menggunakan konjungsi bahwa atau konjungsi tanya.

Nah, itulah artikel mengenai pengertian teks berita, struktur teks berita, ciri-ciri teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai teks berita.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon