Teks Berita (Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan)

Diposting pada

Teks Berita (Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan) – Apa yang dimaksud teks? Teks merupakan kata kata yang disusun secara langsung, baik berbentuk tulisan ataupun lisan. Selain itu adapula definisi teks lainnya yaitu suatu wacana yang diterapkan dalam wujud tulisan. Teks ini mempunyai banyak jenis dan bentuk yang berguna untuk kegiatan tertentu.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai teks. Teks sendiri pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah teks berita. Jenis teks ini memiliki pengertiannya sendiri. Selain itu teks berita juga memiliki struktur, ciri ciri, dan kaidah kebahasaannya sendiri. Lantas apa pengertian teks berita itu? Apa saja struktur teks berita? Apa saja ciri ciri teks berita? Apa saja kaidah kebahasaan teks berita?

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai materi Teks Berita antara lain pengertian teks berita, struktur teks berita, ciri-ciri teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita. Menurut KBBI, berita adalah keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Topik yang sering menjadi berita biasanya topik yang sedang banyak dibicarakan.

Teks Berita (Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan)

Pengertian teks berita adalah suatu teks yang berisi kejadian atau peristiwa yang sedang banyak dibicarakan oleh umum. Berita dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan. Berita yang disampaikan secara lisan contohnya seperti radio dan televisi. Sedangkan berita yang disampaikan secara tulisan contohnya seperti koran, surat kabar, majalah, dan sarana tulisan lainnya.

Pembuatan teks berita pada umumnya memiliki tujuannya sendiri. Teks berita tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memberikan informasi kepada khalayak umum terkait peristiwa yang menarik perhatian banyak orang ataupun yang baru berlangsung. Teks berita ini memang ditujukan untuk orang banyak atau khalayak ramai.

Untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya, teks berita ini memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Bahkan adapula struktur dari teks berita ini yang dapat digunakan untuk membuat paragraf teks tersebut. Lantas bagaimana cara membuat teks berita itu?

Teks Berita (Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
Definisi Teks Berita

Struktur Teks Berita

Teks berita memiliki 3 struktur yaitu orientasi, peristiwa, dan sumber berita. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing struktur tersebut.

Orientasi

Orientasi adalah pembukaan tentang hal yang akan diberitakan. Merupakan bagian awal atau pembukaan dari suatu kejadian yang akan diberitakan.

Peristiwa

Peristiwa adalah tahap inti berita, struktur yang memuat 5W+1H. Merupakan bagian yang berisi tentang inti pokok yang dibahas dalam berita. Pada bagian ini menjelaskan jalannya kejadian dari awal sampai akhir.

Baca Juga  Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Sumber Berita

Sumber berita adalah referensi dari narasumber di dalam berita. Merupakan bagian yang terletak pada akhir berita, namun terkadang peletakannya juga di dalam berita tersebut.

Ciri Ciri Teks Berita

Ciri-ciri teks berita dari hasil rangkuman guru dari berbagai sumber, baik itu buku paket SMA kelas XII atau yang lainnya. Adapun ciri-ciri teks berita dari rangkuman tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Menarik
  2. Terkini (aktual)
  3. Dipercaya (faktual)
  4. Diterima di masyarakat
  5. Jelas
  6. Kalimatnya sederhana
  7. Segera disampaikan

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks berita, struktur teks berita dan ciri ciri teks berita. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa kaidah kebahasaan teks berita. Teks berita sendiri memiliki beberapa kaidah kebahasaan seperti di bawah ini:

Konjungsi yang menunjukkan keterangan

  • Waktu
  • Tempat (kata depan di, dari, ke, dan sampai)
  • Cara (dengan, melalui, secara)
  • Penyebab (karena, lantaran)
  • Tujuan (untuk, bagi, buat, demi, guna)
  • Aposisi (tanda pengapit, tanda koma, dan tanda kurung)

Kalimat Aktif dan Pasif

Kalimat aktif adalah kalimat verba dengan subjek melakukan pekerjaan yang dinyatakan oleh predikatnya. Kalimat ini bersubjek pelaku pekerjaan atau melakukan pekerjaan. Oleh sebab itu, subjek yang bermakna seperti itu disebut unsur aktor, dan predikatnya disebut unsur aksi.

Kalimat pasif adalah kalimat verba dengan subjek dikenai pekerjaan yang dinyatakan predikat. Subjek pada kalimat pasif merupakan subjek penderita.

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Kalimat langsung adalah kalimat yang berupa petikan langsung dari ucapan seseorang. Dalam penulisannya, kalimat langsung menggunakan tanda petik.

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang bukan merupakan petikan langsung dari ucapan seseorang. Dalam penulisannya, kalimat tidak langsung menggunakan konjungsi bahwa atau konjungsi tanya.

Nah, itulah artikel mengenai pengertian teks berita, struktur teks berita, ciri-ciri teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai teks berita. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.