Perbedaan RAM dan ROM

RAM dan ROM termasuk memory, yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi yang disimpan dapat berupa perintah-perintah atau data-data. Memory mempunyai ruang penyimpanan yang mana ruang tersebut memiliki alamat berupa nomor yang menunjukkan lokasi pada memory.

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai perbedaan RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan dan pengetahuan kita bisa bertambah.
Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM (Random Access Memory)

RAM adalah perangkat keras komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara sebuah perintah atau data ketika sebuah program dijalankan. Seperti contoh, Anda menjalankan program Google Chrome, maka data dan perintah dari program Google Chrome tersebut disimpan di RAM secara sementara sampai program tersebut ditutup. Perintah dan data tersebut mencakup data yang dibaca dari hardisk, data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan data hasil pemrosesan sebuah program.

Pengertian ROM (Read Only Memory)

ROM adalah perangkat keras komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan tetap sebuah perintah atau data. Komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat pada ROM, seperti namanya Read Only. Komputer tidak dapat merubah dan memodifikasi data dan perintah yang disimpan di ROM. Namun walaupun begitu, perintah yang disimpan di ROM tetap dibutuhkan oleh komputer. Seperti contoh, perintah yang dijalankan ketika komputer pertama kali dihidupkan. Perintah-perintah pada ROM diisikan oleh pabrik ketika komputer tersebut dibuat.

Perbedaan RAM dan ROM

Dari penjelasan masing-masing pengertian RAM dan ROM di atas, kita pasti sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa:
  1. RAM bisa ditulis dan dibaca, sedangkan ROM hanya bisa dibaca saja.
  2. Penyimpanan data pada RAM dapat dilakukan dengan mudah, namun tidak pada ROM.
  3. Data pada RAM diisi oleh pengguna, sedangkan data pada ROM diisi oleh pabrik.
  4. RAM digunakan untuk menyimpan data secara sementara, sedangkan ROM digunakan untuk menyimpan data secara tetap.

Kalau perbedaan paling dasar adalah RAM bisa dibaca dan ditulis, sedangkan ROM hanya bisa dibaca saja. Hal ini sesuai dengan namanya Read Only yang berarti dibaca saja. Gimana, sudah jelas kan?

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya tuliskan mengenai perbedaan RAM dan ROM. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon