Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif

Diposting pada

Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif – Sebelumnya saya telah membahas mengenai pengertian konjungsi berserta jenis jenisnya. Jenis jenis konjungsi tersebut meliputi konjungsi temporal, konjungsi korelatif dan masih banyak lagi. Setiap jenis memiliki pengertian dan contoh masing masing. Salah satunya ialah pengertian konjungsi korelatif dan contoh konjungsi korelatif. Tentunya anda sudah mengenal kata hubung ini bukan?

Kata hubung korelatif secara umum sudah dipelajari ketika kita dibangku sekolah. Secara garis besar konjungsi atau kata hubung ialah kata yang berguna untuk menghubungkan dua frasa atau lebih. Anda juga harus lebih memahami lebih dalam tentang konjungsi sebelum membuat karya sastra ataupun kalimat kalimat yang mempergunakan konjungsi.

Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif

Contoh konjungsi korelatif

Mungkin anda sudah mengenal apa itu konjungsi. Namun pengetahuan itu tak akan lengkap apabila belum memahami fungsi serta contoh penggunaannya dalam kalimat. Seperti pengertian konjungsi korelatif dan contoh konjungsi korelatif yang notabenya sedang kita bahas sekarang. Konjungsi juga dapat diartikan sebagai penghubung antara pola pola dalam sebuah kalimat.

Konjungsi tersebut dapat dibagi menjadi tiga bentuk yaitu konjungsi antar kalimat, konjungsi antar paragraf, dan konjungsi antar frasa. Kemudian setiap bentuk tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah konjungsi korelatif ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian konjungsi korelatif dan contoh konjungsi korelatif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Konjungsi Korelatif

Berbincang dan berdialog bersama rekan sudah jadi kebiasaan kita sebagai makhluk sosial. Saat sedang berbicara tanpa sadar sering kali mengucapkan kata yang merepresentasikan konjungsi korelatif. Dalam konteks pendidikan sendiri, contoh konjungsi korelatif sering kali diberikan kepada siswa sebagai bentuk latihan. Tujuannya agar mereka mampu mengidentifikasi serta membedakan antara konjungsi korelatif dan jenis lainnya.

Apa itu konjungsi? Konjungsi dapat kita artikan sebagai kata hubung atau kata sambung. Pengertian konjungsi ialah kata yang berguna untuk menghubungkan ungkapan dengan ungkapan, kalimat dengan kalimat dan kata dengan kata. Konjungsi secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah konjungsi korelatif.

Konjungsi korelatif termasuk kedalam jenis konjungsi antar kalimat. Kata hubung tersebut menggabungkan dua frasa atau lebih dengan kedudukan kalimat yang sama. Kalimat yang dihubungkan oleh konjungsi korelatif ialah kalimat kalimat majemuk. Dibawah ini terdapat penjelasan lengkap dan rinci mengenai pengertian konjungsi korelatif dan contoh konjungsi korelatif.

Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis, dan Contoh Konjungsi

Apa Itu Konjungsi Korelatif

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian konjungsi korelatif. Konjungsi korelatif ialah salah satu jenis konjungsi yang menggabungkan dua unsur yang setara, baik berupa kalimat, kata ataupun frasa. Dua unsur yang harus dihubungkan tadi memiliki sifat berdiri sendiri. Konjungsi korelatif sering disamakan dengan konjungsi koordinatif menurut beberapa sumber. Namun adapula perbedaannya yaitu untuk konjungsi korelatif tersusun oleh beberapa gabungan kata. Sedangkan untuk konjungsi koordinatif tersusun oleh satu kata saja.

Tanpa perlu mencari, sebenarnya ada banyak sekali contoh konjungsi korelatif dalam kalimat yang bisa kita amati. Bahkan dalam beberapa kesempatan kita pun pasti sering mengucapkannya tanpa sadar. Berikut beberapa kata hubung yang tergolong kedalam konjungsi korelatif:

  1. Bukan hanya… melainkan…
  2. Sedemikian rupa… sehingga…
  3. Baik…. maupun…
  4. Tidak hanya… tetapi (juga)…
  5. Jangankan… pun…
  6. Entah… entah…

Tanggung jawab siswa tak berhenti hanya karena sudah mengetahui konsep serta pengertian konjungsi korelatif. Tapi kalian juga wajib memahami apa saja ciri ciri kata hubung tersebut. Pasalnya, tak sedikit yang kesulitan mengidentifikasi penggunaanya dalam suatu kalimat. Maka dari itu simaklah ciri ciri konjungsi korelatif berikut:

  • Konjungsi korelatif tersusun oleh sepasang mata ataupun gabungan kata.
  • Konjungsi korelatif bertugas sebagai penghubung antara dua unsur yang setara, baik dalam kalimat, frasa, klausa maupun kata.

Baca juga : 8 Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon

Contoh Konjungsi Korelatif

Setelah membahas mengenai pengertian konjungsi korelatif, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh konjungsi korelatif. Berikut contoh konjungsi korelatif :

  • Baik pagi maupun siang, acara pameran komputer tetap ramai pengunjungnya.
  • Jangankan danau, laut pun juga sanggup aku sebrangi.
  • Bukan hanya para musisi lokal saja yang mengisi acara HUT Malang, melainkan beberapa musisi dari manca negara juga turut serta dalam HUT tersebut.
  • Entah baik entah jelek, aku belum menemukan sumber pedomannya.
  • Pernikahan itu dihias sedemikian rupa, sehingga terkesan lebih sakral dan hitmat.
  • Tidak hanya pihak penuntut yang datang ke pengadilan, tetapi pihak terdakwa juga datang.
  • Tidak hanya sampai disitu acaranya, masih banyak juga acara acara selanjutnya yang lebih menarik.
  • Sebuah karya hendaknya bukan hanya dinikmati sendiri tetapi alangkah baiknya orang lain dapat menikmatinya juga.
  • Jangankan membeli baju, membeli sembako pun aku tidak bisa.
  • Entah siapa yang membuang kuncing itu, entah siapa juga yang tega menelantarkannya.
  • Baik disekolah maupun diluar sekolah, anak anak harus tetap belajar dengan sungguh sungguh.
  • Pah Hasan memperbaiki rumahnya sedemikian rupa sehingga terlihat semakin megah bak istana.

Baca juga : Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

  • Tidak hanya prestasi akademiknya yang bagus, prestasi non akademiknya juga bagus.
  • Baik siang maupun malam, lebih nyaman untuk tetap dirumah.
  • Entah siapa yang bersalah, entah siapa juga yang benar pada kasus tabrakan tadi.
  • Jangankan hari ini, besuk pun aku mau menemanimu. 
  • Kini, bukan hanya orang dewasa yang mengenal gadget, melainkan anak anak juga telah mengenalnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian konjungsi korelatif dan contoh konjungsi korelatif. Konjungsi korelatif merupakan salah satu jenis konjungsi yang menggabungkan dua unsur yang setara, baik berupa kalimat, kata ataupun frasa. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Perbedaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.