Cara Membuat WiFi Sendiri di Rumah Dengan Router, Modem, Speedy, dan Access Point

Cara Membuat WiFi Sendiri di Rumah Dengan Router, Modem, Speedy, dan Access Point - Internet merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia., terlebih lagi di jaman modern seperti ini. Penggunaan internet memang telah berkembang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini diperkuat oleh adanya sarana yang mempermudah kita mengakses jaringan internet tersebut. Contoh sarana yang sangat umum kita jumpai penggunaannya adalah router, modem, jaringan speedy, indihome, dan penggunaan access point. Perangkat jaringan tersebut dapat membantu proses penggunaan internet karena dapat memperkuat sinyal internet itu sendiri.

Cara membuat WiFi sendiri di rumah merupakan alternatif yang sangat tepat jika anda merupakan salah satu penikmat internet, namun tidak ingin keluar rumah untuk mencari hotspot. Jika kita memilki jaringan WiFi sendiri dirumah tentunya akan terasa sangat nyaman karena kita dapat melakukan aktivitas rumah sembari berselancar di dunia maya.
Baca juga: Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Internet
Untuk membuat WiFi di rumah kita memerlukan beberapa perangkat jaringan. Peralatan tersebut tentunya dapat dengan mudah kita temukan di berbagai gerai, distributor maupun toko komputer di kota kita. Lalu bagaimana cara merangkai perangkat perangkat tersebut agar menjadi jaringan WiFI di rumah sendiri?

Cara Membuat WiFi Sendiri di Rumah Dengan Router, Modem, Speedy, dan Access Point

Untuk anda yang sudah tercover jaringan telkomsel seperti Indihome maupun ISP speedy sangat disarankan untung memasang jaringan tersebut karena pemasangan Indihome maupun ISP terkesan sangat simple dan tidak ribet karena kita tidak perlu menseting perangkat jaringan yang digunakan. Umumnya jika kita mengajukan pemasangan jaringan indihome, kita akan langsung dibekali dengan berbagai perangkat jaringan miliki provider tersebut sekaligus mendapatkan full service pemasangannya. Cara membuat WiFi di rumah tanpa ribet yang satu ini tentunya memiliki biaya pendaftaran berkisar antara Rp.500.000 hingga Rp.1000.000 dan setiap bulannnya kita akan dikenakan pajak sebesar Rp.318.000,-.
cara membuat jaringan wifi sendiri di rumah tanpa ribet
cara membuat jaringan WiFi di rumah
Namun bagaimana dengan anda yang tidak tercover oleh jaringan indihome maupun ISP? cara membuat jaringan WiFi di rumah yang paling tepat adalah membuatnya sendiri dengan modem router atau MiFi yang saat ini sedang booming. Atau alternatif lain adalah anda dapat menembak jaringan wifi lain dan memperkuat sinyalnya dengan repeater jika rumah anda berada di dekat kompleks perkantoran maupun pertokoan,

Untuk membuat WiFi di rumah telebih dahulu kita memerlukan beberapa peralatan yakni:
  1. Paket internet.
  2. router
  3. Model adsl (yang mirip dengan speedy).
  4. Perangkat untuk tes jaringan seperti hp atau leptop.
  5. Kabel UTP.
  6. Antena Grid (opsional jika sinyal yang didapat jelek).
Setelah anda memiliki perangkat jaringan diatas maka kita siap mempraktekkan cara membuat WiFi sendiri di rumah.

Mengkonfigurasi Router dan Modem
Hal pertama yang harus kita lakukan untuk membuat WiFi di rumah adalah mengkonsigurasi router. Colokan router ke sumber listrik sebagai permulaan, lalu hubungkan laptop kita ke router dengan perantara kabel UTP (kabel LAN).

Setelah kita menghubungkan router dengan laptop. saatnya kita mengkonfigurasi router tersebut. Caranya buka browser internet di laptop dan ketikkan alamat ip router (biasanya terdapat di belakang router). Seperti contoh 192.168.1.1 atau 192.168.0.254. Maka akan muncul dialog box yang meminta autentikasi berupa username dan password, isikan user: admin dan password: admin. jika user dan password tidak tepat maka lihatlah di belakang router.
Baca juga: Pengertian dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)
Setelah anda masuk ke panel router settinglah router sesuai dengan default setting pada buku petunjuk (biasanya mendapatkan buku petunjuk konfigurasi router pada pembelian). Hubungkan modem dengan router dengan kabel UTP dan jaringan WiFi di rumah siap untuk digunakan.

Itulah cara membuat jaringan WiFi di rumah yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini, Jika sinyal yang didapatkan modem kurang baik maka kita dapat menggunakan antena grid sebagai media untuk memperkuat sinyal yang didapatkan. Terimakasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon