Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 7, 8, dan 10 Semua Merk

Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 7, 8, dan 10 Semua Merk - Mengatur kecerahan layar laptop sangatlah penting, hal ini disebabkan karena setiap orang menyukai tingkat kecerahan layar laptop yang berbeda beda. Selain itu mengatur cahaya laptop juga berfungsi untuk menyesuaikan kebutuhan cahaya agar mata kita tidak sakit ketika memandang layar laptop. Maka dari itu untuk mengatur cahaya layar pada monitor maupun laptop harus disesuaikan dengan keadaan mata kita dan pencahayaan disekitarnya. Namun tidak semua laptop atau monitor dapat diatur cahayanya, terdapat beberapa orang yang memiliki masalah tidak bisa mengatur cahaya laptop maupun monitor komputer karena terdapat beberapa faktor maupun kesalahan tertentu.

Beberapa faktor gagal mengatur cahaya laptop pada windows 10, windows 8 maupun windows 7 sering kita jumpai. Hal ini dapat disebabkan dari faktor user yang tidak mengetahui cara mengatur brightness layar maupun terdapat masalah pada laptop itu sendiri yakni driver vga belum terinstal sehingga munculah masalah tidak bisa mengatur cahaya laptop. Hal ini dapat ditandai ketika kita mengatur cahaya dengan menggunakan tombol fungsi (fn) maupun melalui control panel tapi hasilnya sama saja.
Baca juga: Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine
Padahal mengatur cahaya laptop sangatlah diperlukan, pasalnya jika layar laptop gelap maka kita tidak akan dapat melihat dan harus memfokuskan mata, jika layar terlalu terang maka mata kita lama kelamaan akan sakit untuk memandang laptop. Baik layar gelap maupun terlalu terang akan menimbulkan dampak yang sama yakni mata menjadi sakit dan lama kelamaan akan mengalami rabun bahkan kebutaan.

Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 7, 8, dan 10 Semua Merk

Untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu mengatur kecerahan layar atau kecerahan laptop sesuai dengan pencahayaan sekitar dan tentunya ketahanan mata kita. Jika dirasa terlalu gelap maka kita harus menambah cahaya pada layar laptop kita, jika terlalu terang maka kita tinggal meredupkan layar laptop.

Lalu apakah cara mengatur kecerahan layar laptop asus, toshiba, lenovo, acer, dell, dan hp sama? pada dasarnya untuk mengatur cahaya laptop asus dan laptop toshiba sama, sama lahnya dengan laptop acer dan laptop dell maupun lenovo. Yang perlu kita lakukan hanyalah menekan tombol fungsi (fn) ditambah dengan tombol kombinasi yang ber icon seperti matahari terang dan gelap. Selain itu kita juga dapat mengatur kecerahan layar melalui control panel khusus untuk windows 7 windows 8 dan windows 10.

Cara mengatur kecerahan layar laptop dengan keyboard

Sebelum kita memulai langkah langkah untuk mengatur cahaya laptop dengan menggunakan keyboard, kta harus mengetahui terlebih dahulu merk laptop tersebut. Karena seperti yang kita ketahui setiap merk laptop memiliki tombol fungsi keyboard yang berbeda satu sama lain sekalipun sistem operasi mereka sama sama menggunakan windows 10, windows 8, maupun windows 7. Namun secara garis besar kunci untuk mengatur kecerahan layar adalah sama yakni pencet tombol fn ditambah tombol brightness up maupun brightness down.
Cara mengatur cahaya laptop asus
dibawah ini adalah contoh cara mengatur kecerahan layar pada laptop asus ROG yang saya miliki, perhatikanlah bagian yang saya berikan tanda kuning. Disitu anda akan menemukan tombol fungsi (fn) pada pojok bawah sebelah kiri, dan tombol f5 yang berfungsi sebagai brightness down sedangkan tombol f6 sebagai brightness up.
Cara mengatur cahaya laptop asus
Jadi jika kita ingin mengurangi kecerahan layar laptop asus tinggal tekan tombol fn ditambah f5 (brightness down). Sebaliknya, jika kita ingin meningkatkan kecerahan layar laptop asus tinggal pencet fn ditambah f6 (brightness up). Untuk letak masing masing fungsi keyboard laptop dengan merk asus adalah "fixed" atau sama apapun tipe laptop asus tersebut.

Cara mengatur cahaya laptop acer

Untuk mengatur kecerahan layar laptop acer prinsipnya sama dengan laptop laptop merk lain seperti Asus, Hp, Lenovo, Toshiba maupun Axio, Kita hanya perlu mencari tombol fungsi (fn) ditambah tombol keyboard ber icon brightness up dan brightness down. Letak Fn pada laptop acer umumnya  di sebelah bawah bagian kiri keyboard sama seperti laptop lainnya. Namun letak pengeturan brightness biasa terletak pada tombol page right dan page left, perhatikan ilustrasi keyboard dibawah ini:
Cara mengatur cahaya laptop acer
Jika kita perhatikan secara seksama maka kita akan menemukan tombol fn beserta dengan fungsi brightness up dan down. Jadi untuk menambah kecerahan layar laptop acer kita harus tekan fungsi (fn) ditambah page right. Sebaliknya jika kita ingin mengurangi kecerahan layar laptop acer tinggal tekan fungsi (fn) ditambah dengan page left.

Cara mengatur cahaya laptop pada windows 10

Untuk mengatur kecerahan layar windows 10 dapat dilakukan dengan beberapa cara, saah satunya adalah dengan menggunakan settingan pada icon baterai, melalui mobility center atau langsung mengatur cahaya laptop windows 10 melalui control panel. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak berbagai cara dibawah ini:

Menggunakan icon baterai di taskbar
Sebelum kita mulai mengatur kecerahan layar windows 10 pastikan driver vga pada sistem operasi sudah terpasang. Hal ini diindikasikan dengan adanya icon baterai pada taskbar. Jika driver vga belum terpasang maka install terlebih dahulu.
  1. Cari icon bergambar baterai di taskbar pojok kanan bawah.
  2. Akan muncul jendela baru, klik icon yang bergambar cahaya. Fungsi icon ini adalah memudahkan user laptop dalam mengatur tingkat kecerahan layar dengan indikasi baterai laptop. jadi dapat disimpulkan bahwa setiap kali kita memencet bagian tersebut intensitas cahaya layar laptop akan meningkat dan berkurang sebesar 25%.
Mengatur cahaya layar laptop dengan windows mobility center
  1. Untuk membuka windows mobility center tekan icon windows pada keyboard ditambah X secara bersamaan.
  2. Lalu akan muncul beberapa pilihan / opsi. Silahkan pilih mobility center atua tekan B pada keyboard laptop anda.
  3. Pada jendela baru yang muncul aturlah tingkat kecerahan layar laptop anda pada bagian brightness display. Jika dirasa mengatur cahaya laptop telah cukup maka keluarlah dengan tap close.
Cara Setting cahaya laptop melalui control panel
  1. Silahkan buka menu control panel pada laptop.
  2. Lalu pilih setting appearance and personalization, silahkan pilih display selanjutnya adjust brightness.
  3. Untuk mengatur cahaya laptop silahkan geser ke kanan dan ke kiri.

Cara mengatur cahaya laptop windows 8

Untuk mengatur kecerahan layar laptop pada windows 8 sangat mudah untuk dilakukan. hampir sama dengan windows 7, jika anda memiliki kesulitan seperti tidak bisa mengatur kecerahan layar pada laptop anda dapat mencoba cara ini:

  1. Tekan icon windows pada keyboard ditambah tombol C secara bersamaan untuk membuka layanan charms bar.
  2. Selanjutnya pilih setting lalu untuk mensetting cahaya laptop pilih tombol brightness.
  3. Selanjutnya drag slider ke atas dan ke bawah untuk mengatur cahaya layar laptop kita.

Cara mengatur kecerahan layar laptop windows 7


Untuk mengatur cahaya laptop pada windows sangatlah mudah, hampir semua orang yang menggunakan windows 7 bisa melakukannya karena memang sudah terbiasa dengan sistem operasi ini. Cara setting brightness windows 7 adalah:

  1. Buka start, lalu pada kolom search ketik "adjust screen brightness". maka akan muncul pilihan berupa menu untuk setting kecerahan layar.
  2. Pada jendela pengaturan brightness silahkan geser slider ke kanan dan ke kiri untuk menambah kecerahan layar dan mengurangi cahaya pada layar.
  3. Jika sudah pilih save dan keluar.

Setelah kita mengetahui berbagai cara mengatur cahaya laptop diatas seharusnya laptop kita sudah bisa untuk diatur tingkat kecerahan layarnya. Umumnya sering terjadi masalah berupa tidak bisa mengatur kecerahan layar laptop, atau gagal mengatur cahaya laptop. Hal ini dikarenakan driver vga pada laptop belum terinstall. Untuk melakukan setting cahaya laptop kita harus menginstall driver vga itu teelebi dahulu, dan perlu kita ketahui bahwa setiap laptop memiliki driver vga yang berbeda satu sama lain.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon