Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Diposting pada

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta ContohnyaDalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai percepatan dan perlambatan. Materi pembelajaran ini sering kita buktikan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja ketika kita naik sepeda di jalanan yang menurun. Sepeda tersebut akan memiliki kecepatan yang makin bertambah ketika jalan semakin menurun. Jika kita mengerem maka kecepatannya akan melambat, sedangkan jika kita lepaskan remnya maka sepeda akan semakin cepat. Maka dari itu kecepatan sepeda akan bertambah dengan teratur dan berubah beraturan.

Contoh percepatan dan perlambatan pada suatu benda, besarnya dapat dihitung menggunakan rumus percepatan maupun rumus perlambatan. Apa itu percepatan? Apa itu perlambatan? Percepatan dan perlambatan adalah dua hal yang berbeda. Perbedaannya tersebut dapat dilihat dari sisi pengertian, rumus hingga contoh di dalamnya.

Kemudian contoh percepatan dan contoh perlambatan dapat dilihat pada peluncuran sebuah kelereng. Kelereng tersebut akan bertambah cepat jika berada dijalan yang menurun, serta akan semakin lambat jika berada dijalanan yang naik. Hal ini membuktikan bahwa percepatan dan perlambatan dapat kita lihat disekeliling kita. Kali ini saya akan membahas tentang rumus percepatan dan rumus perlambatan besera contohnya. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Percepatan dan perlambatan identik dengan adanya kecepatan suatu benda. Kecepatan suatu benda dapat diperlambat ataupun dipercepat sesuai dengan kebutuhannya, Bagaimana cara mencari percepatan benda itu? Bagaimana cara mencari perlambatan benda tersebut?

Kecepatan merupakan perpindahan ataupun perubahan letak yang terjadi setiap waktu. Kecepatan tersebut berkaitan dengan percepatan. Jika sebuah benda mengalami kercepatan yang meningkat maka benda tersebut mengalami percepatan. Namun jika sebuah benda mengalami kecepatan yang menurun maka benda tersebut mengalami perlambatan.

Dalam contoh percepatan dan contoh perlambatan dapat diperoleh hasilnya menggunakan rumus yang ada. Untuk rumus percepatan akan memperoleh hasil nilai yang positif (+). Sedangkan untuk rumus perlambatan akan memperoleh hasil nilai yang negatif (-).

Baca juga : Hubungan Antara Gaya dan Gerak Beserta Penjelasan

Rumus Percepatan

Menyelesaikan contoh soal percepatan tidaklah semudah kelihatannya. Hal itu terbukti dari banyaknya keluhan siswa saat mengerjakan ujian di berbagai jenjang. Maka dari itu, penting kiranya bagi kita untuk menghafal rumus percepatan fisika. Tapi sebelumnya kamu harus paham terlebih dulu apa definisinya.

Pengertian percepatan adalah peristiwa terjadinya perubahan kecepatan seiring berjalannya waktu. Namun adapula yang menyebut percepatan sebagai perubahan kecepatan yang terjadi setiap sekon. Dalam percepatan, hasil yang diperoleh pasti memiliki nilai “Positif”.

Adapun beberapa contoh percepatan dalam kehidupan sehari hari adalah:

  1. Buah kelapa yang bergerak jatuh ke tanah. Kelapa tersebut akan memiliki gerakan semakin lama semakin cepat.
  2. Sepeda yang bergerak menuruni jalan dan kecepatannya akan semakin bertambah seiring waktu.
  3. Sepeda motor yang digas kencang, maka akan memiliki gerakan yang semakin bertambah cepat.
  4. Bola baseball yang dilemparkan akan bertambah cepat seiring bertambahnya jarak.

Kemudian untuk menghitung nilai percepatan dapat menggunakan rumus yang ada. Berikut rumus percepatan adalah:

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Keterangan:
  a = percepatan (m/s²)
 vt = kecepatan akhir (m/s)
v0 = kecepatan awal (m/s)
   t = waktu (sekon)

Rumus Perlambatan

Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menurut saya menarik untuk dibahas. Banyak kejadian serta fenomena baik itu berkaitan dengan alam maupun campur tangan manusia di dalamnya. Di antara berbagai materi, rumus percepatan fisika termasuk salah satu pengetahuan wajib yang dipelajari. Guru biasanya juga menyampaikannya bersamaan dengan rumus perlambatan.

Pengertian perlambatan ialah peristiwa terjadinya perubahan kecepatan setiap waktu. Dalam perlambatan, hasil yang diperoleh pasti memiliki nilai “Negatif”. Jika benda tersebut memiliki nilai perhittungan yang negatif maka benda tersebut akan semakin melambat. Kita juga dapat melihat beberapa contoh perlambatan disekeliling kita seperti:

  1. Benda yang dilempar keatas maka akan memiliki gerakan yang semakin lambat.
  2. Bersepeda di jalan yang menanjak maka akan mengalami kecepatan yang semakin pelan.
  3. Benda ataupun bola yang dilemparkan ke rumput maka benda tersebut akan bergerak semakin pelan.
  4. Sepeda motor yang bergerak semakin pelan ketika ada lampu merah sampai akhirnya berhenti.

Untuk menghitung perlambatan dapat menggunakan rumus percepatan. Karena pada dasarnya rumus perlambatan dan percepatan itu sama. Tetapi untuk hasilnya yang berbeda.

Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Archimedes

Contoh Soal Percepatan dan Perlambatan

Di bawah ini tedapat beberapa contoh soal dalam menghitung nilai percepatan dan perlambatan. Berikut contoh perlambatan dan contoh percepatannya:

1. Sebuah mobil pertama tama bergerak dengan kecepatan 4 m/s setelah 20 detik, kemudian kecepatannya berubah menjadi 12 m/s. Berapakah  nilai percepatan mobil tersebut?

Pembahasan
Diketahui : v0 = 4 m/s; vt = 12 m/s; t = 20 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Jawaban Contoh Soal Percepatan

2. Sebuah truk mula mula diam lalu bergerak dengan kecepatan 72 km/jam pada waktu 6 sekon. Berapakah nilai pecepatan pada truk?

Pembahasan
Diketahui : v0 = 0 m/s (karena bendanya mula mula diam); vt = 72 km/jam =
20 m/s; t = 6 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.
Contoh soal percepatan ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus percepatan yang digunakan yaitu:

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Jawaban Contoh Soal Percepatan

3. Sepeda motor mula mula bergerak dengan kecepatan 12 m/s. Setelah itu didepannya terdapat kucing lewat dan akhirnya kecepatannya berubah menjadi 2 m/s dengan waktu 5 sekon. Berapakah nilai perlambatan sepeda motor tersebut?

Baca juga : Pengertian dan Rumus Momen Inersia Lengkap

Pembahasan
Diketahui : v0 = 12 m/s; vt = 2 m/s; t = 5 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.
Contoh soal perlambatan ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus perlambatan yang digunakan yaitu:

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Jawaban Contoh Soal Perlambatan

4. Andi mengendarai mobil dengan kecepatan 72 km/jam. Lalu di depannya terdapat lampu merah maka ia menghentikan kendaraannya dalam waktu 5 sekon. Berapakah nilai perlambatan mobil Andi?

Pembahasan
Diketahui : v0 = 72 km/jam = 20 m/s; vt = 0 m/s (karena mobil dalam keadaan berhenti); t = 5 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Jawaban Contoh Soal Perlambatan

Demikianlah penjelasan mengenai rumus percepatan dan rumus perlambatan beserta contohnya. Untuk contoh percepatan memiliki hasil nilai yang positif, sedangkan untuk contoh perlambatan memiliki hasil nilai yang negatif. Semoga artikel dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.