12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Tags
12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi - Touchpad merupakan salah satu perangkat terpenting pada sebuah laptop, dan perangkat ini bekerja melalui sistem sentuhan (touch). Fungsi touchpad sendiri adalah sebagai perangkat pengganti mouse yang notabennya berfungsi untuk menggerakkan cursor. Jika touchpad tidak berfunsi maka kita akan kesulitan dalam mengoprasikan laptop sehingga kita harus menggunakan mouse USB untuk menggantikan touchpad yang rusak tidak berfungsi. Kerusakan pada touchpad sendiri bermacam macam jenisnya, mulai dari tombol klik kanan tidak berfungsi, tombol klik kiri tidak berfungsi hingga touchpad mati dan membuat cursor tidak bisa digerakan.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan touchpad tersebut kita dapat menggunakan beberapa trik yakni mengatasi touchpad tidak berfungsi dengan menggunakan mouse USB sebagai gantinya, service ke toko reparasi komputer terdekat, hingga mengirimnya kembali ke distributor untuk digaransikan. Namun bagaimana jika kita bisa memperbaiki touchpad laptop yang rusak dengan cara kita sendiri? Tentunya kalau kita bisa mengakali touchpad error tersebut akan sangat menghemat waktu dan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memperbaikinya.
Solusi touchpad laptop error tidak berfungsi dan mati
Solusi touchpad laptop error tidak berfungsi dan mati
Cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan gejala dan permasalahan yang ada. Hal tersebut disebabkan karena setiap permasalahan pada touchpad laptop memiliki solusi dan cara mengakali yang berbeda beda. Seperi contoh klik kiri pada touchpad laptop tidak berfungsi, maka cara memperbaikinya akan berbeda dengan permasalahan touchpad mati atau cursor tidak bisa digerakkan.
Baca juga: Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 7, 8, dan 10 Semua Merk
Sebenarnya hampir seluruh merk laptop seperti asus, acer, hp. lenovo dan dell mengalami permasalan ini. Masalah touchpad error sebenarnya dapat disebabkan berbagai hal seperti kondisi hardware laptop yang kotor berdebu, driver belum diinstal  hingga touchpad laptop mati karena disabled oleh sistem.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai permasalahan pada touchpad laptop merk asus, acer, lenov, hp dan dell beserta cara memperbaiki touchpad error, touchpad mati maupun tidak berfungsi. Untuk mengakali berbagai permasalah tersebut kita harus mengidentifikasi gejala gejala yang muncul pada touchpad laptop kita karena seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa lain masalahnya maka lain cara memperbaikinya.

Cara memperbaiki klik kanan dan klik kiri laptop yang tidak berfungsi

Masalah yang pertama ini sangatlah klasik dan sering kita temukan pada berbagai merk laptop seperti acer, asus, hp, lenovo dan dell. Penyebab utama klik kiri maupun kanan pada touchpad laptop tidak berfungsi karena laptop tersebut telah dimakan umur dan tidak pernah dibersihkan hardwarenya sehingga kotoran seperti debu dapat membuat karet pada touchpad tersumbat dan susah untuk ditekan.

Ketika kedua tombol tersebut tidak bisa ditekan maka kita akan kesusahan untuk mengoperasikan laptop. Maka dari itu laptop kita harus mendapatkan penanganan secepat mungkin. Cara memperbaiki touchpad laptop yang mati klik kanan kirinya antara lain adalah:

Deep cleaning hardware
Deep cleaning adalah istilah untuk pembersihan total yang dilakukan pada hardware laptop, khususnya pada area touchpad. Artinya kita harus membongkar laptop kita secara manual dan membersihkan setiap perangkatnya dari debu dan kotoran yang ada. Dengan membersihkan area touchpad laptop maka fungsi klik pada touchpad dapat kembali berjalan normal seperti sediakala.
Baca juga: Cara Mematikan Windows 10 Update Assistant Permanen
Untuk membersihkan hardware laptop dan memperbaiki touchpad yang kotor kita dapat menggunakan cleaning kit yang biasanya dijual seharga 10 ribu rupiah di berbagai toko komputer. Jika kita membersihkan hardware laptop usahakan membersihkannya hingga sampai pada fan processor, selain itu sebaiknya kita juga mengoleskan thermal paste pada processor agar lebih tahan panas.

Service di toko komputer
Jika anda merasa kesulitan untuk membongkar dan membersihkan hardware laptop anda sendiri, maka sebaiknya anda menyerahkan tugas ini pada toko komputer kepercayaan anda. Sampaikan keluhan bahwa anda mengalami masalah touchpad laptop error dan tidak bisa di klik. Jika anda melakukan service di toko komputer umumnya akan dikenakan sejumlah biaya berkisar 25 ribu hingga 70 ribu untuk satu kali service.

Menggunakan mouse sebagai alternatif
Langkah terakhir jika anda tidak memiliki waktu karena keseharian anda membutuhkan kinerja laptop untuk membantu pekerjaan anda maka sebaiknya pakailah mouse USB terlebih dahulu sebagai alternatif. Jika dirasa waktu telah memungkinkan segera melakukan service manual maupun service di toko komputer kepercayaan anda.

Cara memperbaiki touchpad laptop mati tidak bisa digerakan

Permasalahan pada touchpad laptop yang menurut saya tergolong urgent adalah ketika touchpad laptop benar benar tidak berfungsi dalam artian tidak bisa digunakan untuk menggerakan cursor. Hal ini tentunya sangat membuat takut mengingat biaya ganti touchpad laptop lumayan mahal tergantung pada merk laptop tersebut. Namun tidak perlu terlalu risau karena terkadang permasalahan tidak datang dari hardware saja melainkan bisa dari softwarenya.

Untuk permasalahan touchpad laptop mati dan tidak bisa digunakan untuk menggerakan cursor dapat disebabkan berbagai faktor baik hardware maupun software laptop tersebut. untuk mengakali touchpad laptop tidak berfungsi ini kita bisa melakukan pengecekan pada software dan hardwarenya antara lain adalah:

Periksa driver laptop
Driver merupakan komponen software yang memuat command yang berfungsi sebagai jembatan antara software aplikasi dan hardware input sehingga dapat menghasilkan output yang diinginkan. Jika driver touchpad ini mengalami corrupt atau belum terinstall maka wajar saja jika kita tidak bisa menggerakan touchpad laptop kita. 

Solusi touchpad laptop tidak berfungsi yang satu ini adalah dengan menginstall driver touchpad yang kompatibel dengan tipe dan merk laptop tersebut. Jika anda menggunakan windows 10 maka anda dapat mengaktifkan fitur autoupdate driver and software untuk membantu anda melakukan instalasi maupun update driver touchpad laptop.

Touchpad disabled oleh sistem
Dalam beberapa kasus sering ditemui permasalahan touchpad mati karena dinonaktifkan baik oleh sistem maupun oleh penggunanya sendiri tanpa sadar melalui fitur disable touchpad. Meskipun terdengar sepele, namun permasalahan ini cukup membingungkan, solusi touchpad error yang satu ini adalah dengan mengaktifkan fungsi touchpad laptop kembali melalui tombol kombinasi fn + icon touchpad pada keyboard. Umumnya icon touchpad dapat kita temukan pada tombol f8 di keyboard asus, acer dan lenovo.

Scan laptop
Jika anda merasa hardware laptop anda baik baik saja, dan driver telah terinstall maka sebaiknya anda mendiagnosis permasalahan touchpad laptop rusak dengan melakukan scan menggunakan antivirus. Hal ini dilakukan karena dalam beberapa kasus virus komputer dapat merusak sistem dan mematikan beberapa fungsi sistem termasuk membuat touchpad laptop tidak berfungsi normal.

Itulah beberapa solusi touchpad error, tidak berfungsi dan mati yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi memang dapat kita lakukan sendiri. Namun jika anda merasa ragu, ada baiknya anda melakukan service ke toko komputer kepercayaan anda dan menyampaikan permasalahannya yakni touchpad laptop mati dan tidak berfungsi.
This Is The Newest Post

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon