12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Diposting pada

12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi – Touchpad merupakan salah satu perangkat terpenting pada sebuah laptop, dan perangkat ini bekerja melalui sistem sentuhan (touch). Fungsi touchpad sendiri adalah sebagai perangkat pengganti mouse yang notabennya berfungsi untuk menggerakkan cursor. Jika touchpad tidak berfunsi maka kita akan kesulitan dalam mengoprasikan laptop sehingga kita harus menggunakan mouse USB untuk menggantikan touchpad yang rusak tidak berfungsi. Kerusakan pada touchpad sendiri bermacam macam jenisnya, mulai dari tombol klik kanan tidak berfungsi, tombol klik kiri tidak berfungsi hingga touchpad mati dan membuat cursor tidak bisa digerakan.

Ada berbagai macam cara mengatasi touchpad error mulai dari memakai mouse usb, service ke toko, hingga claim garansi distributor. Tapi bagaimana jika saya katakan kita bisa memperbaiki touchpad tidak berfungsi sendiri dari rumah? tentunya kita bisa menghemat waktu dan biaya.

12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Solusi touchpad laptop error tidak berfungsi dan mati

Cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan gejala dan permasalahan yang ada. Hal tersebut disebabkan karena setiap permasalahan pada touchpad laptop memiliki solusi dan cara mengakali yang berbeda beda. Seperi contoh klik kiri pada touchpad laptop tidak berfungsi, maka cara memperbaikinya akan berbeda dengan permasalahan touchpad mati atau cursor tidak bisa digerakkan.

Baca juga: Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 7, 8, dan 10 Semua Merk

Sebenarnya hampir seluruh merk laptop seperti asus, acer, hp. lenovo dan dell mengalami permasalan ini. Masalah touchpad error sebenarnya dapat disebabkan berbagai hal seperti kondisi hardware laptop yang kotor berdebu, driver belum diinstal  hingga touchpad laptop mati karena disabled oleh sistem.

12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Touchpad merupakan salah satu unsur esensial yang ada pada device laptop. Touchpad sendiri bertanggung jawab untuk mengarahkan cursor/pointer dan menerima perintah klik kanan mupun kiri. Jadi tanpanya laptop tak akan bekerja sebagaimana mestinya dan tentu saja hal ini akan berdampak buruk untuk performa pekerjaan kita.

Biaya service touchpad sendiri tidaklah murah karena pengguna harus merogoh kocek berkisar antara 80 sampai ratusan ribu rupiah. Padahal kita bisa memperbaiki touchpad error dan rusak secara mandiri bahkan dengan peralatan seadanya. Masalahnya, tak semua orang mengetahui bagaimana cara serta proses throuble shooting tersebut.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai permasalahan pada touchpad laptop merk asus, acer, lenov, hp dan dell beserta cara memperbaiki touchpad error, touchpad mati maupun tidak berfungsi. Untuk mengakali berbagai permasalah tersebut kita harus mengidentifikasi gejala gejala yang muncul pada touchpad laptop kita karena seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa lain masalahnya maka lain cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Klik Kanan dan Kiri

Masalah yang pertama ini sangatlah klasik dan sering kita temukan pada berbagai merk laptop seperti acer, asus, hp, lenovo dan dell. Penyebab utama klik kiri maupun kanan pada touchpad laptop tidak berfungsi karena laptop tersebut telah dimakan umur dan tidak pernah dibersihkan hardwarenya sehingga kotoran seperti debu dapat membuat karet pada touchpad tersumbat dan susah untuk ditekan.

Ketika kedua tombol tersebut tidak bisa ditekan maka kita akan kesusahan untuk mengoperasikan laptop. Maka dari itu laptop kita harus mendapatkan penanganan secepat mungkin. Cara memperbaiki touchpad laptop yang mati klik kanan kirinya antara lain adalah:

Deep Cleaning Hardware

Deep cleaning adalah istilah untuk pembersihan total yang dilakukan pada hardware laptop, khususnya pada area touchpad. Artinya kita harus membongkar laptop kita secara manual dan membersihkan setiap perangkatnya dari debu dan kotoran yang ada. Dengan membersihkan area touchpad laptop maka fungsi klik pada touchpad dapat kembali berjalan normal seperti sediakala.

Baca juga: Cara Mematikan Windows 10 Update Assistant Permanen

Untuk membersihkan hardware laptop dan memperbaiki touchpad yang kotor kita dapat menggunakan cleaning kit yang biasanya dijual seharga 10 ribu rupiah di berbagai toko komputer. Jika kita membersihkan hardware laptop usahakan membersihkannya hingga sampai pada fan processor, selain itu sebaiknya kita juga mengoleskan thermal paste pada processor agar lebih tahan panas.

Lakukan Service

Service menjadi salah satu opsti terbaik jika kalian kesulitan membongkar atau membersihkan harware laptop sendiri. Jasa service tentu saja tidaklah gratis dan sebagai pelanggan kita harus berhati-hati memilih gerai. Sampaikan keluhan bahwa anda mengalami masalah touchpad laptop error dan tidak bisa di klik.

Jika anda melakukan service di toko komputer umumnya akan dikenakan sejumlah biaya berkisar 25 ribu hingga 70 ribu untuk satu kali service. Tentunya biaya tersebut akan menyesuaikan tingkat kesulitan dan kerusakan yang terjadi. Jika hanya pembersihan maka biaya service harusnya tak lebih dari 80 ribuan. Tapi jika harus mengganti part touchpad maka lain lagi ceritanya.

Pakai Mouse USB

Touchpad laptop mati tapi kalian harus mengerjakan tugas segera? tenang saja. Kalian tetap bisa mengakali masalah tersebut dengan membeli mouse usb yang dijual di pasaran. Harganya pun cukup ekonomis karena berkisar hanya 20 ribuan saja.

Langkah terakhir jika anda tidak memiliki waktu karena keseharian anda membutuhkan kinerja laptop untuk membantu pekerjaan anda maka sebaiknya pakailah mouse USB terlebih dahulu sebagai alternatif. Jika dirasa waktu telah memungkinkan segera melakukan service manual maupun service di toko komputer kepercayaan anda.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Mati

Permasalahan pada touchpad laptop yang menurut saya tergolong urgent adalah ketika touchpad laptop benar benar tidak berfungsi dalam artian tidak bisa digunakan untuk menggerakan cursor. Hal ini tentunya sangat membuat takut mengingat biaya ganti touchpad laptop lumayan mahal tergantung pada merk laptop tersebut. Namun tidak perlu terlalu risau karena terkadang permasalahan tidak datang dari hardware saja melainkan bisa dari softwarenya.

Untuk permasalahan touchpad laptop mati dan tidak bisa digunakan untuk menggerakan cursor dapat disebabkan berbagai faktor baik hardware maupun software laptop tersebut. untuk mengakali touchpad laptop tidak berfungsi ini kita bisa melakukan pengecekan pada software dan hardwarenya antara lain adalah:

Periksa Driver Laptop

Driver merupakan komponen software yang memuat command yang berfungsi sebagai jembatan antara software aplikasi dan hardware input sehingga dapat menghasilkan output yang diinginkan. Jika driver touchpad ini mengalami corrupt atau belum terinstall maka wajar saja jika kita tidak bisa menggerakan touchpad laptop kita. 

Solusi touchpad laptop tidak berfungsi yang satu ini adalah dengan menginstall driver touchpad yang kompatibel dengan tipe dan merk laptop tersebut. Jika anda menggunakan windows 10 maka anda dapat mengaktifkan fitur autoupdate driver and software untuk membantu anda melakukan instalasi maupun update driver touchpad laptop.

Touchpad Disabled Oleh Sistem

Dalam beberapa kasus sering ditemui permasalahan touchpad mati karena dinonaktifkan baik oleh sistem maupun oleh penggunanya sendiri tanpa sadar melalui fitur disable touchpad. Meskipun terdengar sepele, namun permasalahan ini cukup membingungkan. solusi touchpad error yang satu ini adalah dengan mengaktifkan fungsi touchpad laptop kembali melalui tombol kombinasi fn + icon touchpad pada keyboard. Umumnya icon touchpad dapat kita temukan pada tombol f8 di keyboard asus, acer, dan lenovo.

Saya pernah menangani masalah ini ketika masih duduk di bangku perkuliahan. Dimana waktu itu dosen saya mengeluh touchpad laptop mati dan tombol klik kanan kiri tidak berfungsi. Seketika saya langsung cek drivernya ternyata sudah terpasang dan terupdate. Tapi ketika saya periksa device manager ternyata status perangkatnya disable. Ketika mendapati masalah demikian sebenarnya kalian hanya perlu melakukan enable saja.

Scan Laptop

Jika anda merasa hardware laptop anda baik baik saja, dan driver telah terinstall maka sebaiknya anda mendiagnosis permasalahan touchpad laptop rusak dengan melakukan scan menggunakan antivirus. Hal ini dilakukan karena dalam beberapa kasus virus komputer dapat merusak sistem dan mematikan beberapa fungsi sistem termasuk membuat touchpad laptop tidak berfungsi normal.

Itulah beberapa solusi touchpad error, tidak berfungsi dan mati yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi memang dapat kita lakukan sendiri. Namun jika anda merasa ragu, ada baiknya anda melakukan service ke toko komputer kepercayaan anda dan menyampaikan permasalahannya yakni touchpad laptop mati dan tidak berfungsi.

Baca Juga  Cara Mudah Masuk BIOS Sony VAIO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.