Pengertian Tumbuhan Hidrofit, Xerofit, Higrofit, Halofit dan Mesofit

Diposting pada

Pengertian Tumbuhan Hidrofit, Xerofit, Higrofit, Halofit dan MesofitDalam dunia tumbuhan terdapat sistem adaptasi Morfologi. Apa itu adaptasi morfologi? Adaptasi Morfologi adalah cara beradaptasi tumbuhan dalam menyesuaikan struktur tubuh bagian luar dan bentuk tubuh tumbuhan terhadap lingkungannya. Adaptasi ini mencakup definisi tumbuhan hidrofit, pengertian tumbuhan xerofit, pengertian tumbuhan higrofit, pengertian tumbuhan halofit, dan pengertian tumbuhan mesofit. Setiap jenis adaptasi Morfologi memiliki ciri ciri dan contohnya masing masing.

Apakah anda tahu apa itu adaptasi morfologi? Jenis adaptasi ini memiliki beberapa macam tumbuhan di dalamnya. Seperti halnya tumbuhan hidrofit, xerofit, higrofit, halofit dan mesofit. Masing masing jenis tumbuhan tersebut memiliki definisi, karakteristik dan contoh yang berbeda beda.

Pengertian Tumbuhan Hidrofit, Xerofit, Higrofit, Halofit dan Mesofit
Sistem Adaptasi Morfologi

Adaptasi Morfologi selalu digunakan tumbuhan dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan tempat tinggalnya yang baru. Hal ini dimaksudkan agar tumbuhan dapat bertahan hidup. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa adaptasi Morfologi dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni Hidrofit, Xerofit, Higrofit, Halofit dan Mesofit. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian tumbuhan hidrofit, pengertian tumbuhan xerofit, pengertian tumbuhan higrofit, pengertian tumbuhan halofit, dan pengertian tumbuhan mesofit. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Tumbuhan Hidrofit, Xerofit, Higrofit, Halofit dan Mesofit

Makhluk hidup dimuka bumi ini tentunya akan melakukan adaptasi dengan lingkungannya. Bentuk adaptasi tersebut merupakan cara makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya. Salah satu contohnya yaitu tumbuhan. Tumbuhan ini melakukan adaptasi secara morfologi dengan tujuan dan maksud tertentu. Lantas apa saja tumbuhan yang melakukan adaptasi morfologi?

Tumbuhan dapat menyesuaikan dirinya menggunakan adaptasi Morfologi seperti yang dilakukan oleh manusia dan hewan. Namun penyesuaian diri pada tumbuhan berbeda dengan manusia dan hewan. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Hal ini dapat dilakukan karena tumbuhan dan hewan memiliki struktur tubuh yang berebeda.

Kali ini saya akan membahas semua jenis adaptasi tumbuhan yang disertai dengan pengertian tumbuhan hidrofit, pengertian tumbuhan xerofit, pengertian tumbuhan higrofit, pengertian tumbuhan halofit, dan pengertian tumbuhan mesofit ini.

Baca juga : Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya

Pengertian Tumbuhan Hidrofit

Tumbuhan hidrofit ialah jenis tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan perairan agar dapat bertahan hidup. Cara menyesuaikan diri tersebut meliputi terendam sebagian, terendam, maupun terendam seluruhnya. Tidak heran jika tumbuhan hidrofit disebut sebagai tumbuhan air. Tumbuhan ini sangat bergantung terhadap air, bukan pada tanah kering ataupun tanah becek. Adapun ciri ciri Tumbuhan Hidrofit yang meliputi:

  1. Mempunyai Kurtikula yang tipis sebagai pencegahan dalam kehilangan air.
  2. Stomatanya terbuka setiap waktu karena memiliki kadar air yang banyak.
  3. Bentuk daunnya flat/rata yang berguna untuk menjaga tumbuhan agar dapat mengapung di permukaan air.
  4. Bentuk akarnya kecil sehingga memungkinkan air dapat langsung menyebar keseluruh bagian daun.
  5. Mempunyai akar yang ringan untuk memperoleh oksigen dari dalam air.

Selain ciri ciri diatas, adapula contoh Tumbuhan Hidrofit sebagai berikut:

  • Tumbuhan Paku (Anggota Bangsa Salviniales dan Ceropteris thalictroides)
  • Tumbuhan Berbiji (Tumbuhan Dikotil dan Monokotil)
  • Tumbuhan Lumut (Ricciocarpus dan Riccia)
  • Tumbuhan Gulma Laut
  • Teratai
  • Eceng gondok

Pengertian Tumbuhan Xerofit

Setelah menjelaskan tentang pengertian tumbuhan hidrofit, selanjutnya saya kan membahaas tentang definisi tumbuhan xerofit. Tumbuhan Xerofit ialah jenis tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan kering agar dapat bertahan hidup, baik dalam cuaca panas ataupun kering walaupun kadar air yang dimiliki hanya sedikit. Adapun ciri ciri Tumbuhan Xerofit yakni:

  1. Lapisan permukaan daun dilapisi dengan Lapisan Lilin untuk mengurangi proses penguapan air.
  2. Bentuk daunnya seperti duri yang berguna untuk mengurangi proses penguapan air juga.
  3. Bentuk akarnya panjang untuk mencari air yang terdapat di dalam tanah.
  4. Batangnya memiliki tempat untuk menyimpan cadangan air.

Baca juga : Bentuk Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Kemudian adapula contoh Tumbuhan Xerofit seperti:

  • Lidah Buaya
  • Tumbuhan Setawar
  • Tumbuhan Senseveria
  • Tumbuhan Lili Gurun
  • Kaktus
  • Pohon Kurma

Pengertian Tumbuhan Higrofit

Setelah menjelaskan tentang pengertian tumbuhan hidrofit dan pengertian tumbuhan xerofit, selanjutnya saya kan membahaas tentang definisi tumbuhan higrofit. Tumbuhan higrofit ialah jenis tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan lembab agar dapat bertahan hidup. Jenis tumbuhan ini banyak ditemukan dihutan hujan karena lingkungannya yang lembab. Adapun ciri ciri Tumbuhan Higrofit yaitu:

  1. Memiliki bentuk daun yang tipis dan lebar.
  2. Permukaan daunnya mempunyai stomata yang banyak sehingga penguapan airnya dapat berlangsung dengan cepat.

Kemudian adapula contoh Tumbuhan Higrofit seperti:

  • Tumbuhan Daun Ungu
  • Tumbuhan Paku
  • Tumbuhan Lumut
  • Tumbuhan Dedalu
  • Tumbuhan Kemunting

Pengertian Tumbuhan Halofit

Pengertian tumbuhan Halofit ialah jenis tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan pantai maupun laut agar dapat bertahan hidup. Jenis tumbuhan ini termasuk kedalam jenis tumbuhan tingkat tinggi karena dapat bertahan hidup dengan kadar garam yang tinggi. Tumbuhan Halofit sering disebut sebagai Tumbuhan Laut. Contoh Tumbuhan Halofit yaitu:

  • Tumbuhan Halofit Sukulen (Salicornia Europaea)
  • Tumbuhan Armeria Maritime
  • Tumbuhan Mangrove

Baca juga : 10 Kemampuan Adaptasi Laba Laba

Pengertian Tumbuhan Mesofit

Pengertian tumbuhan mesofit ialah jenis tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tidak terlalu kering maupun tidak terlalu basah agar dapat bertahan hidup. Contoh Tumbuhan Mesofit yaitu:

  • Tumbuhan Pisang
  • Tumbuhan Pepaya
  • Tumbukan Mangga
  • Tumbuhan Rambutan
  • Tumbuhan Dikotil dan Monokotil lainnya

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tumbuhan hidrofit, pengertian tumbuhan xerofit, pengertian tumbuhan higrofit, pengertian tumbuhan halofit, dan pengertian tumbuhan mesofit. Masing masing jenis tumbuhan yang terdapat dalam adaptasi morfologi memiliki karakteristik dan contoh yang berbeda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Perbedaan Bioteknologi Konvensional dan Modern Beserta Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.