Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya – Apa itu energi? Energi dalam Fisika merupakan properti Fisika yang terdapat dalam sebuah objek, dimana bisa berpindah dengan cara interaksi fundamental dan berubah bentuk tetapi tidak dapat dimusnahkan maupun diciptakan. Energi sendiri berfungsi untuk membantu manusia melakukan pekerjaannya sehari hari. Jenis jenis energi tersebut dapat berupa energi kinetik dan energi potensial.

Dalam ilmu fisika tersebut sebuah benda akan melakukan gerakan jika diberikan energi kinetik maupun energi potensial. Salah satu jenis energi berdasarkan ilmu fisika ialah energi kinetik. Jenis energi ini memiliki rumus dan contoh yang berbeda dengan energi lain. Lalu apa itu energi kinetik? Kali ini saya akan membahas mengenai rumus energi kinetik lengkap dengan contoh soal energi kinetik.

Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya
Energi Kinetik

 

Energi kinetik dapat diartikan sebagai energi yang dapat terbentuk ketika sebuah benda bergerak atau melakukan gerakan. Jenis gerakan ini memiliki rumus tersendiri. Biasanya rumus tersebut digunakan untuk menyelesaikan soal soal terkait energi kinetik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya

Apa yang menimbulkan energi kinetik itu? Energi kinetik secara umum berasal dari usaha gerak sebuah benda. Besar kecilnya energi kinetik ini disebabkan oleh faktor kecepatan dan massa benda. Jika kecepatan benda bergerak semakin tinggi, maka energi yang dimilikinya semakin besar. Contoh jatuhnya sebuah batu dari atas meja menuju arah gelas yang ada di bawahnya. Lantas apa yang dimaksud energi kinetik itu?

Pengertian energi kinetik ialah energi yang terdapat dalam setiap benda untuk melakukan gerakan. Namun untuk benda diam tidak mempunyai energi kinetik. Sebuah benda dikatakan memiliki energi kinetik apabila benda tersebut mempunyai kecepatan dan massa tertentu. Kecepatan sebuah benda tersebut ialah kecepatan benda yang konstan atau kecepatan rata rata benda tersebut. Dibawah ini terdapat rumus energi kinetik beserta contoh soal energi kinetik.

Baca juga : Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya

Rumus Energi Kinetik

Seperti halnya energi potensial, energi kinetik juga memiliki rumus sendiri. Berikut rumus energi kinetiknya:

Ek = ½ x m x v²

Keterangan:
Ek = Energi kinetik (Joule)
m = Massa (kg)
v = Kecepatan (m/s)

Berdasarkan rumus energi kinetik di atas dapat kita peroleh kesimpulan bahwa apabila gerak benda semakin cepat, maka energi kinetik benda tersebut juga semakin besar. Kemudian apabila benda memiliki besar massa yang semakin besar, maka energi kinetik benda tersebut juga semakin besar.

Dari ungkapan rumus energi kinetik tersebut dapat kita amati beberapa contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari hari:

  1. Budi mengendarai mobil dengan kecepatan konstan 50 km/jam.
  2. Bola digelindingkan ditanah dengan kecepatan 4 m/s.
  3. Pak Adi menarik gerobaknya dengan kecepatan 1,5 m/s.

Inti dari energi kinetik pada sebuah benda ialah ketika benda memiliki kecepatan dan massa tertentu.

Contoh Soal Energi Kinetik

Dibawah ini terdapat beberapa contoh soal energi kinetik yang saya sajikan untuk anda. Berikut contoh soalnya:

1. Ridwan mengayuh sepedanya dengan kecepatan 2,5 m/s. Apabila sepeda Ridwan memiliki massa 10 kg. Hitunglah energi kinetiknya!

Pembahasan.
Diketahui : v = 2,5 m/s; m = 10 kg
Ditanyakan : Ek = ?
Jawab:
Ek = ½ x m x v²
     = ½ x 10 x 2,5²
     = 31,25 Joule

Baca juga : Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

2. Pak Darto mengendarai mobil dengan kecepatan 4 m/s. Mobil Pak Darto memiliki massa sebesar 1 ton. Hitunglah energi kinetiknya!

Pembahasan.
Diketahui : v = 4 m/s; m = 1 ton = 1.000 kg
Ditanyakan : Ek = ?
Jawab:
Ek = ½ x m x v²
     = ½ x 1.000 x 4²
     = 8.000 Joule

3. Seorang anak sedang berolahraga tolak peluru dan menggelindingka bola tersebut ke atas keramik. Jika energi kinetik bola tersebut 90 Joule dan massanya 5 kg. Berapakah kecepatan bola tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : Ek = 90 J; m = 5 kg
Ditanyakan : v = ?
Jawab:
Ek = ½ x m x v²
90 = ½ x 5 x v²
90 = 2,5v²
 v² = 90/2,5
 v² = 36
  v = √36
  v = 6 m/s

4. Sebuah drum air digelindingkan dengan kelajuan 5 m/s. Apabila drum tersebut memiliki energi kinetik 250 Joule. Berapakah massa drum?

Pembahasan.
Diketahui : Ek = 250 J; v = 5 kg
Ditanyakan : m = ?
Jawab:
  Ek = ½ x m x v²
250 = ½ x m x 5²
250 = ½ x m x 25
   m = 250 x 2 : 25
   m = 20 kg

5. Dua bola mempunyai besar massa yang sama. Apabila bola A memiliki kecepatan 2 m/s dan kecepatan bola B sebesar 3 m/s. Hitunglah perbandingan energi kinetik bola A dengan bola B!

Pembahasan.
Diketahui : mA = mB; vA = 2 m/s; vB = 3 m/s
Ditanyakan : Ek A : Ek B = ?
Jawab:

Baca juga : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

               Ek A : Ek B
½ x mA x vA² : ½ x mB x vB²
   ½ x mA x 2² : ½ x mB x 3²
              4 mA : 9 mB

Dikarenakan massa bola A dan massa bola B sama, maka perbandingan energi kinetik antara bola A dan bola B ialah 4 : 9.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus energi kinetik beserta contoh soal energi kinetik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Gaya Sentrifugal Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.