Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap

Diposting pada

Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah LengkapApa itu zaman prasejarah? Prasejarah atau nirleka merupakan istilah yang berguna untuk mengarah pada masa catatan sejarah yang belum tersedia tulisannya. Zaman prasejarah ini dapat dinamakan zaman praaksara karena di zaman ini manusia belum mengenal adanya tulisan, sehingga bukti bukti tertulis atau catatan sejarah perkembangan kehidupan manusia belum ada dan tidak ditinggalkan.

Pada zaman prasejarah terdapat masyarakat yang kehidupannya jauh berbeda seperti sekarang ini. Jaman dahulu tempat tinggal mereka masih berpindah pindah, bahkan segala kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada alam. Masyarakat tersebut menggunakan sistem nomaden untuk bertahan hidup. Kehidupan nomaden ialah cara mempertahankan hidup menggunakan sistem berpindah pindah dari satu tempat menuju tempat lain. Hal ini dilakukan demi mendapatkan makanan sehari hari. Lalu bagaimana ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah?

Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap
Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Zaman Prasejarah

Kehidupaan masyarakat prasejarah menggantungkan hidupnya kepada alam. Pada zaman tersebut masyarakat belum bisa bercocok tanam. Hal inilah yang mendesak mereka untuk mencari makanan terus menerus. Apabila ditempat mereka tinggal sudah tidak mempunyai makanan, maka mereka akan berpindah tempat tinggal lagi untuk memperoleh makanan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap

Zaman prasejarah pada dasarnya berbeda dengan zaman sejarah. Apa perbedaan zaman prasejarah dan zaman sejarah? Zaman prasejarah merupakan masa dimana manusia belum meninggalkan dan belum mengenal adanya tulisan. Sedangkan zaman sejarah merupakan masa dimana manusia telah mengenal adanya tulisan. Bagaimana kehidupan masyarakat pada zaman prasejarah?

Pada zaman dahulu masyarakat prasejarah menggantungkan hidupnya kepada alam dalam kehidupannya sehari hari. Untuk itulah gaya hidup dan tempat tinggalnya berpindah pindah atau nomaden. Masyarakat prasejarah memiliki ciri khas tersendiri dalam mempertahankan hidupnya. Berikut ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah:

Baca juga : Ciri Ciri Candi Hindu dan Budha Beserta Perbedaannya

  1. Tempat tinggalnya berpindah pindah yaitu dari satu tempat menuju tempat lain apabila makanannya telah habis.
  2. Menggantungkan hidupnya kepada alam, terutama dari segi mencari makanan.
  3. Tidak bisa bercocok tanam.
  4. Tidak bisa mengolah bahan bahan makanan.
  5. Mereka berburu untuk mengumpulkan makanan sehari hari.
  6. Tempat tinggalnya tidak menetap.
  7. Menggunakan alat dari kayu dan batu untuk bertahan hidup dan mencari makanan.

Selain ciri diatas, adapula ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah lainnya seperti bahan makanan yang diperoleh berupa dedaunan, buah buahan dan umbi umbian. Hal ini dikarenakan pada zaman tersebut masyarakat prasejarah belum mengenal cara bercocok tanam. Kemudian mereka juga makan makanan seperti daging, baik daging hewan maupun ikan. Pada saat itu mereka juga belum mengenal sistem memelihara atau beternak hewan dan ikan. Maka dari itu daging yang diperoleh berasal dari perburuan. 

Baca juga : Sejarah Kejayaan dan Runtuhnya Kerajaan Kutai Beserta Peninggalan dan Rajanya

Ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah yang paling utama ialah sistem tempat tinggal yang berpindah pindah. Sistem ini dilakukan untuk bertahan hidup, karena jika makanan ditempat tersebut habis maka mereka akan berpindah tempat lagi yang sumber perburuan dan makanannya banyak. Tempat tinggal masyarakat nomaden berada di goa goa. Kehidupan mereka berkelompok dengan anggota sekitar 10 sampai 15 orang. Mereka saling bekerja sama dan menjaga satu sama lain untuk dapat bertahan hidup.

Meski mereka hanya menggunakan alat dari kayu dan batu namun alat ini bermanfaat untuk mempertahankan diri dan mencari makanan. Dalam berburu dan mencari makanan, mereka lakukan secara bersama sama.Demikianlah penjelasan mengenai ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  Agresi Militer Belanda 1: Latar Belakang, Penyebab, Sejarah Dan Tujuan Agresi Militer Belanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.