4 Cara Flash Vivo Y15 Bootloop Via Flashtool dan SD Card

Tags
4 Cara Flash Vivo Y15 Bootloop Via Flashtool dan SD Card - Hard reset atau flash hp merupakan salah satu cara mengatasi berbagai masalah seperti lupa pola kunci layar maupun password untuk masuk ke smarphone hingga hp bootloop. Banyak pengguna smartphone yang mengalami kesulitan karena tidak tau cara memperbaiki masalah tersebut. Salah satunya adalah pengguna hp Vivo Y15 yang merupakan smartphone android kelas menengah yang diluncurkan tahun lalu.

tutorial untuk melakukan hard reset vivo y15 dengan flashtool dan sd card lengkap dengan gambar
Cara Flash Vivo Y15 Bootloop Via Flashtool dan SD Card
Hp vivo y15 merupakan smartphone android yang menawarkan berbagai fitur dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan hp android lainnya. Bahka hp vivo diklaim memiliki suara sempurna dan dilengkapi dengan kamera depan maupun kamera belakang berteknologi tinggi dan mutakhir. Namun dibalik canggihnya hp vivo y15 ini tentunya menyimpan berbagai permasalahan sama halnya ponsel pintar lainnya. Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna vivo y15 adalah bootloop, keadaan dimana ketika menyalakan hp hanya muncul tulisan vivo di layar. Lupa sandi atau pola kunci layar untuk masuk ke smartphone. Hingga masalah pada sistem berupa gagal membuka aplikasi atau aplikasi berhenti secara paksa.
Baca juga: Cara Flashing Android Samsung di Linux dengan Heimdall
Sebenarnya selain melakukan hard reset, terdapat berbagai cara untuk memperbaiki hp vivo y15 yan rusak. mengembalikan settingan hp vivo ke versi pabrikan sejatinya merupakan langkah terakhir. Seperti contoh, jika vivo y15 kita lemot, sering hang, hingga tidak bisa membuka aplikasi maka tandanya performa sistem pada ponsel sudah mencapai batasnya. Maka kita harus melakukan uninstal aplikasi yang tidak terpakai untuk menciptakan ruang pada sistem. Namun jika hp vivo y15 bootloop atau tidak bisa dinyalakan maka mau tidak mau kita harus melakukan flashing (hard reset). Berdasarkan permasalahan hp vivo y15 diatas akhirnya saya berniat untuk membagikan cara flash vivo y15 dan cara reset vivo y15 melalui flashtool dan SD card.

Cara Flash Vivo Y15 Bootloop Via Flashtool dan SD Card

Sebelum kita memperbaiki vivo y15 bootloop, error, dan lemot dengan cara flashing, ada baiknya kita mengetahui apa itu flash hp terlebih dahulu. Flash hp merupakan istilah untuk melakukan reset hp menjadi versi pabrikan, dalam kasus ini adalah hard reset vivo y15 pabrikan. Sehingga seluruh aplikasi, dan data yang ada dalam ponsel tersebut akan hilang dan kembali seperti saat kita pertama kali membeli hp vivo tersebut. Mengingat data dan aplikasi pada hp vivo kita akan hilang, maka sebelum melakukan flash vivo y15 ini sangat disarankan untuk backup data atau mencadangkan data terlebih dahulu.

Flash vivo y15 bootloop dengan flashtool

Untuk melakukan reset vivo y15 kembali ke versi pabrikan diperlukan aplikasi perantara yakni flash tool (smartphone flash tools) yang notabennya merupakan aplikasi flashing ROM firmware untuk hp android khususnya vivo y15. Aplikasi ini mampu membantu kita mengatasi berbagai permasalahan firmware vivo y15 seperti update firmware, unbrick, bootloop, hang dan sebagainya.
Baca juga: Cara Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk yang Minta di Format
Untuk melakukan flashing vivo y15 yang anda perlukan adalah:

  • Laptop atau komputer.
  • Kabel usb.
  • Aplikasi flashtool (dapat anda instal disini).
  • Firmware vivo y15 (dapat anda dapatkan disini).
  • Driver usb (opsional).

Cara menggunakan flash tool untuk reset vivo y15 adalah:
  1. Instal aplikasi flash vivo y15 seperti biasa lalu jalankan dengan cara, buka folder instalasi flashtool dan cari berkas file flash_tool.exe, klik kanan selanjutnya pilih "Run as administrator".
  2. Ekstrak terlebih dahulu firmware vivo y15 menjadi folder.
  3. Selanjutnya akan muncul dashboard aplikasi flashtool, lalu pilihlah opsi "scatter loading file" dan upload file scatter yang ada pada folder firmware vivo y15.
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan baru yakni berkas file scatter tadi. Samakan settingan flash seperti pada gambar dan tekan download untuk memulai proses.
  5. cara hard reset vivo y15 dengan menggunakan aplikasi flashtool
    Cara Flash Vivo Y15 Bootloop (Hard reset vivo y15)
  6. Sementara itu, matikan hp vivo y15 anda, jika tidak bisa mati copot baterainya. Selanjutnya sambungkan ke komputer melalui kabel usb. Sembari menyambungkan tekan volume up atau volume down untuk masuk ke opsi backdoor hard reset vivo y15.
  7. Tunggulah proses flashing berjalan. Umumnya proses yang berjalan lancar dapat ditandai dengan indikator loading yang berjalan dan berubah warna dari merah menjadi kuning hingga menjadi hijau dan menandakan flash vivo y15 berhasil 100%.
  8. Jika sudah selesai, silahkan cabut kabel usb dan restart hp vivo anda. Biasanya proses booting pertama kali setelah reset vivo y15 akan berjalan agak lama karena sistem sedang mendeteksi dan beradaptasi dengan firmware yang baru.

Cara reset vivo y15 dengan sd card

Cara kedua untuk flash vivo y15 tanpa aplikasi tanpa laptop adalah dengan memanfaatkan fitur hard reset smartphone. Yang kita perlukan adalah SD card dan juga firmware vivo y15, sedangkan cara melakukan hard reset vivo y15 sendiri adalah sebagai berikut:
  1. Copy firmware vivo y 15 pada SD card, pastikan kapasitas sd card mencukupi.
  2. Masuklah ke menu recovery hp vivo dengan cara menekan volume up bersamaan dengan tombol power hingga berhasil masuk ke selected boot.
  3. Untuk navigasi, anda dapat menggunakan tombol volume up dan down, masuk pada recovery mode.
  4. Lalu pilih "apply update from external sd card". Selanjutnya pilih file firmware vivo y 15 dan tunggulah sampai proses flasing vivo berhasil.
  5. Jika proses flash vivo y15 yang bootloop berhasil maka dengan sendirinya smartphone anda akan reboot.
Itulah cara reset vivo y15 karena bootloop, error, dan lemot yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya setiap permasalahan yang ada pada smartphone dapat diselesaikan dengan banyak car, tidak hanya dengan hard reset yang mengembalikan settingan vivo y15 pabrikan namun dapat dilakukan dengan cara membersihkan memory yang tidak terpakai, uninstall aplikasi yang sudah usang dan sebagainya.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon