12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang

Diposting pada

12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang – Mesopotamia merupakan daerah yang terkenal akan peninggalan sejarah dengan peradaban maju pada zaman kejayaannya. Mesopotamia sendiri terletak diantara sungai Eufrat dan sungai Tigris yang membuatnya dikenal sebagai daerah diantara sungai sungai. Karena letak geografisnya inilah tanah mesopotamia dikenal sebagai tanah bulan sabit yang subur.

Sementara itu, peradaban mesopotamia juga diklaim menjadi salah satu peradaban kuno manusia di masa lalu. Hal ini ditandai dengan peninggalan peradaban mesopotamia yang saat ini masih ada dan dapat dipelajari. Dari peninggalan mesopotamia tersebut dapat disimpulkan bahwa mesopotamia pernah menjadi daerah peradaban besar dengan cakupan yang luas serta menjadi jalur perdagangan utama antara daerah timur dan daerah barat.

Peradaban mesopotamia memang menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang sangat beragam. Hal ini disebabkan karena daerah tersebut tidak hanya didiami oleh satu bangsa saja, melainkan terdiri dari berbagai bangsa bangsa seperti babilonia kuno, sumaria, persia, assyria, dan sebagainya. Setiap bangsa tersebut tentunya memiliki peninggalan peradaban mesopotamia yang berbeda beda.

12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang
Peninggalan mesopotamia di berbagai bidang

Berbagai peninggalan peradaban mesopotamia pada dasarnya dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori diantaranya adalah peninggalan budaya atau hasil budaya mesopotamia, arsitektur bangunan hingga pada sektor irigasi maupun pertanian. Berbagai peninggalan sejarah tersebut telah saya rangkum berdasarkan kategori dari berbagai sumber.

12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang

Pada zaman sekarang ini telah diciptakan berbagai metode identifikasi yang menunjang arkeolog untuk mengenali berbagai peninggalan bersejarah, salah satunya adalah peninggalan mesopotamia. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas berbagai peninggalan sejarah mesopotamia yang telah ditemukan dan masih ada sampai sekarang ini. Lalu apa saja peninggalan mesopotamia tersebut?

Pada dasarnya terdapat berbagai peninggalan peradaban mesopotamia yang ditemukan hingga saat ini. Dibawah ini merupakan poin poin yang menjadi peninggalan mesopotamia di berbagai bidang :

  1. Ziggurat.
  2. Taman gantung.
  3. Perpustakaan tertua di dunia.
  4. Huruf paku.
  5. Sistem hitung dan kalender.
  6. Obat obatan.
  7. Pakaian dan perhiasan.
  8. Mampu mengolah logam.
  9. Astronomi dan astrologi.
  10. Sistem pemerintahan.
  11. Pembangunan jalan dan sarana transportasi.
  12. Kemajuan di bidang pertanian dan irigasi.

Peninggalan di Bidang Arsitektur

Salah satu peninggalan peradaban mesopotamia yang sangat mencolok adalah peninggalan sejarah dari segi arsitektur, Hampir semua orang dari bangsa sumeria membangun kotanya menggunakan aturan aturan perkotaan yang sangat terencana, umumnya mereka membuat bangunan dari tanah liat dan batu bata.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Selain itu, ditemukannya ziggurat juga menandai peninggalan peradaban mesopotamia di bidang arsitektur. Ziggurat sendiri merupakan sebuah menara yang terdiri dari beberapa tingka yang dibuat oleh bangsa babilonia kuno. Ziggurat yang paling terkenal hingga saat ini ialah menara barbel yang memiliki ketinggian hingga 90 meter. Fungsi dari bangunan ini adalah untuk menambah keindahan kota serta menjadi mercusuar bagi pedagang sekitar yang hendak menuju ke kota babilonia.

12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang
peninggalan mesopotamia (taman gantung babilonia)

Selain itu, peinggalan mesopotamia yang sangat menarik terkait arsitektur ialah pembuatan taman gantung. Taman ini dibuat pada era babilonia baru, dibawah kepemimpinan raja bangsa khaldea. Sebagai peninggalan sejarah, taman ini dibuat menyerupai taman yang sedang menggantung jika dilihat dari kejauhan. Taman gantung ini memiliki bentuk menyerupai podium yang ditanami pepohonan, rumput, hingga bunga bungan dan berdiri diatas bukit buatan. Selain itu, terdapat aliran air terjun buatan yang berasal dari sungai Eufrat yang membuat taman ini menjadi lebih indah pada masanya. Sebagai tambahan, peninggalan peradaban mesopotamia ini dipersembahkan raja babilonia kepada istrinya.

Peninggalan di Bidang Kebudayaan

Kebudayaan menjadi salah satu sektor yang paling banyak ditinggalkan oleh suatu peradaban. Pasalnya, budaya berkaitan langsung dengan cara hidup masyarakat pada sebuah jaman. Meski kerajaan atau suatu era telah runtuh tapi budayanya akan terus dianut oleh masyarakat yang pernah hidup di daerah tersebut.

Peninggalan budaya mesopotamia adalah penggunaan bahasa komunikasi, bangsa sumeria umumnya menggunakan abjad berupa huruf paku. Hal ini diperkuat dengan temuan prasasti yang berisi tata aturan, hukum, serta undang undang yang mengatur kerajaan yang seluruh bahasanya menggunan huruf paku.

Peninggalan di Bidang Ilmu Pengetahuan

Peninggalan peradaban mesopotamia yang tidak kalah hebat dari bangsa lain adalah di bidang ilmu pengetahuannya. Bangsa khaldea merupakan salah satu bangsa yang pada saat itu telah mengembangkan astronomi dan astrologi. Mereka percaya bahwa bintang bintang dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Masih pada bidang ilmu pengetahuan, bangsa sumeria juga memiliki peninggalan yang masih kita terapkan hingga saat ini yaitu sistem kalender atau penanggalan. Mereka mampu membagi minggu menjadi tujuh hari, dan satu hari menjadi duabelas jam secara ganda (12 jam siang, 12 jam malam). Selain itu, bangsa sumeria juga menggunakan sistem kalender tahunan yang setiap tahunnya terdiri dari 360 hari. Inilah yang menjadi peninggalan peradaban mesopotamia yang masih tetap kita terapkan.

Baca juga: Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Jenis Dan Contoh Frasa

Lain halnya dengan bangsa sumeria, bangsa assyria memberikan peninggalan sejarah berupa perpustakaan tertua di dunia yakni perpustakaan niniveh. Perpustakaan ini menyimpan berbagai buku buku pengetahuan yang berbentuk lempengan tanah liat. Selain itu, bangsa assyria lah yang telah menyempurnakan huruf paku setelah disederhanakan oleh bangsa persia. Kerajaan assyria juga telah menemukan berbagai obat obatan dan mengembangkan ilmu kedokteran. Hal ini ditandai dengan budaya mereka yang lebih mementingkan kesehatan para tentaranya.

Itulah berbagai peninggalan bangsa mesopotamia yang dapat kita pelajari hingga saat ini. Menurut saya pribadi, mesopotamia merupakan daerah yang terdiri dari berbagai bangsa yang mayoritas taraf hidupnya sudah maju di berbagai bidang. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek salah satunya adalah dari hasil budaya, pertanian, arsitektur, hingga ilmu pengetahuan mereka.

Baca Juga  Penyebab Terjadinya Perang Aceh Beserta Periodenya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.