8 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Android

8 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Android - Kehilangan foto dan video di android memang sangat menjengkelkan, terlebih lagi jika foto tersebut terhapus tanpa disengaja di hp android kita. Ketika tidak sengaja menghapus foto di hp tentunya kita akan merasa panik mengingat cara kerja hp android berbeda dengan PC. Jika kita menghapus foto di PC maka file foto tersebut akan masuk ke recycle bin terlebih dahulu, dengan kata lain kita bisa mengembalikan foto tersebut karena masih berada di tempat pembuangan file dan belum terhapus permanen. Lain halnya di hp android, foto yang terhapus di android tidak akan masuk ke recycle bin melainkan akan langsung terhapus permanen.
aplikasi untuk mengembalikan foto yang hilang dan terhapus dengan mudah
Aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus dan hilang di android
Dari masalah diatas, akhirnya banyak orang yang mencadangkan foto foto mereka baik itu foto di wa (whatsapp), foto screnshoot, dan foto album ke google drive maupun penyimpanan cloud (cloud storage). Namun bagaimana dengan orang yang tidak sempat mencadangkan fotonya dan tiba tiba hilang dengan sendirinya?. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik karena terdapat cara mengembalikan foto yang terhapus di android maupun hilang sendiri.

Sebenarnya, mengembalikan foto yang terhapus di hp android bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Hal ini disebabkan karena foto yang terhapus dan hilang tersebut tidak benar benar terhapus dari ponsel anda, maka dari itu kita harus segera melakukan recovery image sebelum foto foto tersebut terhapus permanen dan hilang untuk selamanya.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Android

Sebelum kita membahas bagaimana cara recovery image yang hilang sendiri, ada baiknya saya menjelaskan cara kerja penghapusan file pada hp android. Sebenarnya ketika seseorang dengan sengaja maupun tidak sengaja menghapus foto, file, video, mp3 dan audio di android maka yang akan terhapus pertama kali ialah index dari file tersebut sehingga kita tidak bisa membuka bahkan melihatnya lagi di layar smartphone kita. Hal ini berlangsung hingga terdapat data baru yang dibuat, maka dari itu kita masih bisa mengakses dan mengembalikan file yang hilang tersebut jika kita menemukan indexnya.
Baca juga: 4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk
Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di android. Solusi masalah foto yang hilang sendiri sangatlah mudah, kita bisa mengembalikan foto tersebut dengan aplikasi dan tanpa aplikasi sekalipun. Namun kedua metode tersebut sama sama memiliki sisi positif dan negatifnya. Langsung saja kita praktekkan tutorialnya dibawah ini.

Aplikasi Dumpster
Dumpster merupakan aplikasi image recovery yang umum digunakan untuk mengembalikan foto yang hilang dan terhapus di android. Tidak hanya bisa merestore foto saja, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk mengamankan foto foto tersebut. Cara kerja aplikasi ini mirip seperti cloud storage. Ketika proses instalasi dan registrasi berhasil, secara otomatis dumpster akan menyimpan foto anda dalam direktori bin dumster.
Baca juga: Cara Memperkecil Ukuran File PDF Kurang Dari 200 KB
Ketika foto anda tidak sengaja terhapus, maka anda dapat mengembalikannya dengan cara mengecek direktori bin dumster. Umumnya foto yang terhapus secara tidak sengaja akan berada dalam direktori tersebut dan dapat direstore dengan mudah.

DigDeep Image Recovery
Tidak jauh berbeda dengan aplikasi image recovery sebelumnya, digdeep image recovery juga menawarkan solusi untuk mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah. Bahkan aplikasi ini memberikan jaminan bahwa semua foto yang hilang sendiri atau foto yang terhapus di memori internal dan eksternal akan bisa dikembalikan.

Cara menggunakan digdeep image recovery juga tergolong mudah, sekalipun oleh pemula. Yang harus kita lakukan hanyalah menginstal aplikasi image recovery ini, selanjutnya buka dan masuk aplikasi. Maka secara otomatis digdeep image recovery akan memindai cache ponsel android anda secara keseluruhan. Dari pemindaian inilah kita bisa mendapatkan foto foto yang terhapus dan hilang sendiri.

Deleted Image Recovery
Aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus tanpa root selanjutnya ialah deleted image recovery yang merupakan aplikasi besutan great stuff apps. Oleh developernya, aplikasi ini diklaim mampu melakukan restore image atau mengembalikan foto yang hilang dengan format file JPEG, PNG, dan JPG dengan maksimal.

Kelebihan aplikasi ini ialah tidak meminta untuk melakukan root hp untuk menjalankannya. Kita hanya diharuskan untuk melakukan instalasi aplikasi seperti biasanya. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada menu scanning, ketika scanning selesai dilakukan maka aplikasi ini secara otomatis akan memunculkan foto yang hilang dan terhapus.

Sebenarnya masih terdapat banyak sekali aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus di android lainnya seperti deleted recovery, deleted images recovery, dan lain sebagainya. Inti dan fungsi dari semua aplikasi tersebut adalah sama yakni untuk memunculkan foto yang hilang karena tidak sengaja dihapus.

Sebagai pengguna hp android sebaiknya kita melakukan pencegahan agar file baik itu foto, video, audio dan aplikasi tidak terhapus dan hilang sendiri. Maka dari itu kita perlu melakukan backup secara berkala pada ponsel kita. saya akan memberikan sedikit tips pencegahan untuk mengatasi file dan foto yang hilang sendiri.

Gunakan penyimpanan cloud (cloud storage)
Cloud storage merupakan tempat penyimpanan ter aman menurut saya, sistem penyimpanan ini umumnya bisa kita temukan pada beberapa ponsel seperti xiaomi, asus, dan samsung yang memang memberikan penyimpanan tambahan pada penggunanya.

Gunakan google drive
Salah satu tempat penyimpanan foto agar foto tidak terhapus di hp android adalah google drive. selain foto, kita bisa menyimpan berbagai file penting lainnya dengan kapasitas file besar sekalipun. Kita bisa mendaftar google drive secara gratis karena penyimpanan ini merupakan salah satu fitur gmail. Singkatnya kita bisa menyimpan foto yang terhapus di internet.

Backup foto di laptop
Untuk mengatasi foto yang hilang di android kita bisa mengakalinya dengan memindahkan atau mencadangkan foto tersebut di laptop maupun flashdisk secara berkala. Cara ini merupakan salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di hp yang sangat efektif. Kita bisa melakukan pencehagan sebelum foto tersebut hilang.

Menjaga data data dan file di hp android memang sangatlah penting, terlebih lagi jika file file tersebut masih kita gunakan untuk keseharian kita. Misalnya saja foto, jika foto kita tiba tiba hilang sendiri atau secara tidak sengaja kita menghapus foto tersebut tidak usah panik. Kita masih bisa mengatasinya dengan cara mengembalkan foto yang terhapus di android.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon