16 Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Terus Menerus

16 Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Terus Menerus - Sebagai seorang pengguna smartphone, tentunya kita pernah mengalami hp restart sendiri atau bahkan hp restart terus menerus ketika sedang digunakan untuk browsing, bermain game, chatting dan lain sebagainya. Tentunya keadaan ini sangatlah mengganggu aktivitas kita, ditambah lagi jika kita sangat membutuhkan hp android tersebut. Parahnya lagi sebagian orang menganggap hp restart sendiri sebagai sebuah kerusakan fatal yang membuat panik. Akhirnya solusi terbaik yang kita miliki adalah membawa hp yang restart sendiri terus menerus tersebut ke counter atau reparasi hp.
penyebab dan cara mengatasi hp suka restart sendiri
Cara memperbaiki hp suka restart sendiri
Padahal kita bisa memperbaiki hp restart sendiri terus menerus tanpa harus membawanya ke counter. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengetahui letak permasalahan dan penyebab hp restart sendiri, dari sinilah kita akan menemukan solusi untuk memperbaiki hp android kita yang restart terus menerus. Tidak pandang bulu hampir semua merk hp seperti xiaomi, asus, oppo, vivo, dan samsung mengalami hal serupa. Mayoritas hp android besutan pabrik ternama sering restart sendiri ketika sedang digunakan.

16 Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Terus Menerus

Untuk memperbaiki hp restart sendiri saat digunakan, terlebih dahulu kita harus melakukan diagnosis penyebab hp tersebut restart terus menerus. Sebenarnya terdapat berbagai faktor dari dalam dan luar yang menyebabkan permasalahan ini. Seperti contoh kerusakan pada sistem pada hp android tersebut, atau bisa saja terlalu banyak aplikasi terinstall sehingga membuat hp menjadi hang dan akhirnya melakukan restart sendiri.
Baca juga: 4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penyebab hp restart terus menerus saat digunakan dibawah ini:
  1. Terjadi error pada perangkat lunak yang digunakan. Software yang notabennya adalah perangkat lunak pada ponsel dapat mengalami kerusakan seperti corrupt. Kerusakan pada sistem inilah yang akhirnya menyebabkan hp sering restart sendiri saat dipakai.
  2. Selain software, kemungkinan hp android restart terus menerus adalah karena faktor kerusakan dari segi hardware atau perangkat kerasnya. Kerusakan hardware pada hp tentunya akan membuat performa hp menurun dan tidak berjalan seperti seharusnya. Terkadang inilah yang membuat hp restart sendiri.
  3. Aplikasi mengalami crash atau corrupt juga bisa menyebabkan hp samsung restart sendiri. Hal ini disebabkan karena aplikasi yang kita install pada hp tidak kompatibel dengan versi OS hp itu sendiri. Disamping itu, aplikasi juga bisa mengalami gangguan atau keluar tiba tiba.
  4. Overheat atau panas berlebihan merupakan faktor utama dan yang paling sering saya temui. Overheat ini sangat berbahaya bagi hardware hp itu sendiri. Hardware hp yang mengalami panas yang berlebihan akibat pemakaian tidak wajar tentunya akan mengalami restart sendiri.
  5. Terlalu banyak menjalankan aplikasi dan menginstall aplikasi sehingga memakan kinerja CPU dan RAM. Akhirnya hp android kita tidak kuat karena overload dan melakukan restart dengan paksa.
  6. Salah dalam pengaturan ponsel dan pengaturan sistem.
  7. Sistem operasi hp android yang diroot sehingga mudah untuk disusupi.
  8. Hp android sudah terlalu usang dan tua sehingga komponennya perlu diganti.
Kira kira itulah penyebab hp restart sendiri terus menerus. Kita harus mampu menganalisa manakah penyebab kerusakan hp kita mengingat kondisi dan kerusakan hp setiap orang berbeda beda. Penyebab permasalahan ini bisa saja datang dari satu faktor saja. Namun juga tidak menutup kemungkinan penyebab permasalahan tersebut datang dari berbagai faktor yang berjalan secara bersamaan.

Lalu bagaimana cara mengatasi hp restart sendiri terus menerus? setelah mengetahui penyebab permasalahannya, selanjutnya kita bisa menuju langkah langkah untuk memperbaikinya. Umumnya cara memperbaiki dan mengatasi permasalahan yang satu akan disesuaikan dengan permasalahan yang timbul.

Reboot atau matikan smartphone
Ketika hp android anda mengalami restart sendiri ataupun restart terus menerus, sebagiknya anda mematikannya terlebih dahulu. Cobalah untuk mencabut SIM card maupun SD card yang terpasang. Selain itu cobalah untuk mencopot baterai hp jika memungkinkan, namun untuk sebagian hp yang non removable baterai tidak bisa dicopot. Setelah itu pasang semua komponen hp seperti semula dan cobalah untuk menghidupkannya kembali. Jalankan beberapa aplikasi secara bersamaan untuk menguji apakah cara ini berhasil atau tidak.

Setel ulang pengaturan smartphone
Menu pengaturan atau setelan pada hp android merupakan menu yang sangat fital karena disinilah kita bisa mengatur segala seluk beluk ponsel kita. Pada menu ini umumnya pengguna sering mengatur dan menyesuaikan ponsel agar mudah dan nyaman digunakan.
Baca juga: 12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Padahal, dalam melakukan pengaturan ponsel haruslah hati hati. Jika kita sedikit saja membuat kesalahan, maka salah satu permasalahan yang timbul adalah hp android restart sendiri terus menerus. Langkah untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara mengingat kembali apa saja yang sudah kita setting dan mengembalikannya seperti semula.

Unroot smartphone anda
Langkah ini diambil khusus untuk hp android yang sudah diroot. Perangkat yang diroot umumnya sangat mudah diretas dan disisipi malware yang tentunya bisa membuat hp restart sendiri dan terus menerus. Tentunya keadaan ini sangat tidak sehat untuk smartphone kita. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan unroot smartphone.

Proses unroot hp android tidak terlalu sulit dan mudah untuk dilakukan mengingat tools dan tutorialnya sudah banyak tersebar diinternet. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencocokan type ponsel kita dengan aplikasi unroot itu sendiri dan mengikuti panduan panduan yang ada.

Install antivirus dan anti malware
cara mengatasi hp restart sendiri dan restart terus menerus yang selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi antivirus maupun anti malware. Malware ataupun virus merupakan sebuah program yang dirancang untuk menyerang dan merusak sistem hp android kita. Jika hp kita telah terkena dan terjangkit maka tidak heran jika perangkat kita sering restart sendiri dan bahkan restart terus menerus saat digunakan.

Solusi terbaik untuk mengatasi malware hp adalah dengan menginstal clean master, avast mobile maupun 360 security yang notabennya bisa mendeteksi adanya virus dan malware yang menyebabkan hp restart sendiri.

Periksa kembali aplikasi pada hp android
Pernahkan anda menginstal aplikasi baru dan tiba tiba hp restart sendiri? Jika iya, maka bisa jadi aplikasi tersebut adalah penyebab permasalahan itu. Hal ini terjadi karena aplikasi yang kita instal tidak kompatibel dengan perangkat pada hp android kita. Proses menjalankan aplikasi yang terkesan dipaksakan akhirnya akan membuat smartphone melakukan restart terus menerus.

Selain itu, terdapat juga aplikasi non developer atau tidak berada di google play store yang kemungkinan mengandung malware sehingga ketika selesai diinstal dan dijalankan malah membuat hp restart sendiri. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan uninstal aplikasi tersebut dan menghapus history instalasi dan folder instalasi.

Menghapus beberapa aplikasi
Salah satu cara mengatasi hp restart sendiri adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai dan tidak kompatibel dengan smartphone kita. Cara ini terbilang cukup ampuh, selain itu dengan menghapus aplikasi yang sudah usang maka kita juga telah menghemat penyimpanan internal kita. Lazimnya aplikasi yang tidak kompatibel maupun usang akan menutup sendiri ketika dibuka. Anda bisa uninstal beberapa aplikasi yang memiliki masalah demikian.

Hapus game berat
Salah satu penyebab hp restart sendiri adalah kita menjalankan game berat padahal spesifikasi hp kita tidak mumpuni. Karena hp dipaksa melebihi performa normalnya akhirnya malah restart sendiri. Maka dari itu salah satu cara mengatasi hp restart sendiri adalah dengan menghapus game berat tersebut.

Mengembalikan pengaturan hp ke setelan pabrikan
Mengembalikan pengaturan hp menjadi setelan pabrikan adalah cara ampuh mengatasi hp yang lemot dan suka restart sendiri. Kita bisa menemukan fitur reset to manufacturing atau kembalikan ke setelan pabrik pada menu pengaturan ponsel.

Service di konter
Jalan terakhir jika berbagai cara tidak bisa dilakukan adalah dengan membawa ponsel atau smartphone kita ke konter atau service hp terdekat. Alangkah baiknya kita menyampaikan keluhan dengan lengkap agar teknisi konter bisa mendiagnosis dan mencari kerusakan hardware pada smartphone kita.

Merawat hp agar tetap pada performa terbaik sangatlah penting. Dari artikel ini dapat kita simpulkan bahwa cara memperbaiki kerusakan hp akan tergantung pada gejala dan kerusakan yang muncul. Sebagai bentuk penaggulangan, alangkah baiknya kita menginstal aplikasi antivirus dan aplikasi pembersih ponsel. Itulah cara mengatasi hp restart sendiri dan hp restart terus menerus yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. 

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon