6 Solusi Permasalahan Memori Internal Penuh Di Android

Solusi Permasalahan Memori Internal Penuh Di Android - Full storage merupakan salah satu permasalahan kompleks pada hp android. Permasalahan ini ditandai dengan performa hp menurun, sering lemot bahkan hang, sering restart sendiri hingga akhirnya muncul notifikasi berbunyi "Penyimpanan internal penuh". Jika hp kita sudah full storage maka kita tidak akan bisa menyimpan data pada memori internal, lebih parahnya lagi kita tidak akan bisa menginstal aplikasi dari playstore karena biasanya aplikasi playstore akan tersimpan di memori internal.

Tidak pandang bulu, semua merk dan tipe hp bisa terkena masalah memori internal penuh padahal aplikasi sedikit bahkan tidak ada aplikasi yang diinstall. Khususnya hp samsung dan lenovo sering menemui masalah full storage ketika hp sudah berusia 1 hingga 2 tahunan. Ditambah lagi meskipun kita telah melakukan uninstall aplikasi yang tidak terpakai dan menghapus data tidak penting, notifikasi memori penuh tetap saja muncul. Maka dari itu banyak orang mencari cara mengatasi memori internal penuh pada hp android mereka.

6 Solusi Permasalahan Memori Internal Penuh Di Android

Untuk mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi menurut saya cukup kompleks karena dalam beberapa kasus meskipun kita telah menghapus data tidak penting dan aplikasi tidak terpakai namun notifikasi full storage ini tetap saja muncul. Lalu apa sebenarnya yang salah?

Permasalahan memori penuh sebenarnya bisa datang dari berbagai hal, misalnya saja sampah sampah sistem dan cache yang tersembunyi di hp, bisa karena terlalu banyak aplikasi yang diinstall dan memenuhi memori internal, dan bisa saja memori penuh karena data data seperti foto, lagu, database whatsapp dan lain sebagainya.

Solusi dan cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi sama sekali khususnya di hp samsung, lenovo, asus, xiaomi maupun iphone sebaiknya kita diagnosis terlebih dahulu dan menemukan penyebab masalah tersebut. 

Perbedaan memori internal dan memori eksternal
Sebagai seorang pengguna smartphone hp android, kita dituntut harus teliti dan jeli dalam mengenali memori internal dan memori eksternal. Memori internal adalah memori penyimpanan yang terdapat dalam ponsel kita, dan bisa diartikan juga sebagai memori bawaan hp ketika kita membeli baru hp android. Ukuran memori internal tidak dapat dirubah karena sudah paten, artinya memori internal tidak bisa berkurang dan tidak bisa bertambah. Sedangkan memori eksternal adalah alat penyimpanan yang berasal dari luar ponsel seperti halnya sd card maupun micro sd card.
Baca juga: 12 Hp Android Dibawah 1 Juta Layar Lebar 6 Inci Ram 2GB Video Full HD
Jika tidak ada memori external, maka penyimpanan hp akan menggunakan memori internal. Hal inilah yang terkadang menyebabkan memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi yang diinstal sama sekali. Jadi ketika kita memfoto, membuat video, mengirim pesan, mengunduh musik dan lain sebagainya file file dan databasenya akan tersimpan dalam memori internal dan akan menyebabkan memori penuh padahal tidak ada aplikasi.

Memindahkan default penyimpanan
Untuk menghindari masalah full storage di hp android, kita bisa memakai sd card sebagai tambahan memori sehingga file file berupa foto, database, video, musik dan sebagainya bisa tersimpan di sd card dan tidak memenuhi ruang penyimpanan internal. Anda bisa membeli memori card dengan kapasitas 2gb, 4g, 8gb, 16gb hingga 32gb. Bahkan saat ini sudah ada memori card external dengan kapasitas 64gb dan 128gb.
Ketika sd card telah dipasang, segeralah setting default penyimpanan agar mengarah ke sd card untuk menghindari masalah memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi terinstall. Cara setting penyimpanan hp dapat dicari di menu pengaturan masing masing hp baik samsung, lenovo, xiaomi dan sebagainya. Setelah default penyimpanan pindah ke memori external, maka memori internal hp android kita akan longgar dan siap menampung aplikasi sistem.

Clear cache dan cookie pada hp android
Cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi adalah dengan menghapus cache dan cookie yang tersimpan dan tersembunyi di dalam ponsel. Cache sendiri adalah sebutan untuk tempat penyimpanan sementara file file dan aplikasi yang sering kita akses di hp. Meskipun setiap aplikasi memiliki cache yang berbeda beda, namun secara garis besar fungsi cache setiap aplikasi adalah sama dan berpotensi membuat memori internal penuh. Dengan menghapus cache aplikasi, maka secara tidak langsung kita sudah menghapus file sementara bekas pemakaian aplikasi dan memberikan ruang penyimpanan lebih di hp android kita.

Jadi, jika tiba tiba di hp anda tiba tiba muncul notifikasi full storage maka cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi yang diinstall, silahkan clear cache aplikasi anda dengan cara masuk ke menu pengaturan masuk ke management aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin di clear cachenya, dan yang terakhir adalah tap clear cache. Alaternatif lain adalah dengan membersihkan cache menggunakan aplikasi clean master.

Hapus sisa file yang tidak terpakai
Cara mengatasi memori internal penguh padahal tidak ada aplikasi terinstal adalah dengan menghapus beberapa file file yang sudah tidak terpakai. file tidak terpakai ini bisa berupa foto, video dan musik yang sudah tidak berguna lagi. Umumnya file tersebut berasal dari aplikasi share it, bluetooth, foto dan gambar gambar di whatsapp mesenger dan lain sebagainya. Semua file tersebut sejatinya sudah tidak terpakai namun masih tersimpan di memori internal sebagai database aplikasi.

Maka dari itu kita harus menghapus sisa file tersebut secara keseluruhan agar memori internal hp kita sedikit bisa sedikit longgar. Caranya adalah masuk ke manajemen file, cari folder aplikasi yang berpotensi didalamnya terdapat file database (share it, whatsapp, path, instagram, bluetooth, messenger, dan sebagainya), lalu masuk ke folder media dan hapus file yang menurut anda sudah tidak dibutuhkan.

Sebenarny untuk menghindari masalah memori hp penuh dapat dilakukan pencegahan sejak dini. Pasca membeli hp baru, hendaknya kita merawat dan melakukan pembersihan sistem secara berkala. Hal ini disebabkan karena semakin lama, file file tidak terpakai akan menumpuk di sistem dan meyebabkan memori internam penuh. Jika memori penuh maka performa hp android kita akan turun, lemot, hang, bahkan sering restart sendiri. Itulah beberapa cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi yang diinstall.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon