Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Diposting pada

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh –  Dalam pelajaran Matematika terdapat materi pembelajaran mengenai persen. Materi ini biasanya sering kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saat obral diskon pakaian atau alat kecantikan. Tentu saja teknik menghitung persen ini diterapkan. Dalam ilmu Matematika, menghitung persen dapat menggunakan rumus tertentu atau menggunakan kalkulator agar lebih mudah. Namun sekarang ini ada cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator. Bahkan dalam contoh menghitung persen tanpa kalkulator akan lebih mudah untuk menggunakan cara cara tersebut. Dengan begitu kita tidak akan malas berhitung dan tidak bergantung terhadap alat seperti kalkulator lagi.

Menghitung persen tanpa bantuan kalkulator dapat digunakan untuk mengasah otak dengan cara berhitung manual. Cara ini tentunya lebih mudah dan lebih baik dilakukan jika dibandingkan menggunakan bantuan alat. Persen dilambangkan dengan simbol %. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator beserta contoh menghitung persen tanpa kalkulator. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Pada dasarnya menghitung persen dapat dilakukan dengan menggunakan rumus persen. Rumus ini bermaksud untuk memudahkan siswa agar lebih mudah dalam mencari nilai persen yang ada. Adapun rumus dalam menghitung persen yaitu

Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100

Dengan rumus diatas, kita dapat mengubah bentuk persen menjadi pecahan tertentu ataupun sebaliknya. Namun karena banyaknya variasi perhitungan persen, maka kita harus menggunakan cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator. Caranya cukup mengubah persen menjadi bentuk pecahan kemudian dirubah lagi menjadi lebih sederhana. Setelah itu dikalikan dengan nilai yang ingin dicari persennya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh menghitung persen tanpa kalkulator di bawah ini:

Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal

1. Pak Jono mempunyai bebek yang jumlahnya 8.000 ekor. Jika bulan depan pak Jono ingin menjual bebeknya sebanyak 25%, maka berapakah jumlah bebek yang akan di jual?
Pembahasan
Pada umumnya kita menghitung persen dengan merubahnya menjadi pecahan kemudian mengalikan dengan jumlah yang diinginkan seperti cara di bawah ini:
25% = 25/100
Jumlah bebek yang dijual = 25/100 x 8.000 = 2.000 ekor
Cara diatas menggunakan rumus persen yang ada tetapi bagaimana jika jumlah angka yang ingin dikalikan memiliki besar ratusan ribu? Tentunya cara ini akan lebih panjang dan lebih sulit. Namun tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator seperti di bawah ini :
 25% diubah menjadi 1/4 agar lebih mudah menghitungnya. Maka perhitungan persennya akan seperti dibawah ini :
Jumlah bebek yang dijual = 8.000/4 = 2.000 ekor

2. Mall Sentul menyediakan diskon sebesar 20% dengan nilai belanja sebesar 200.000. Berapakah besar diskon yang diberikan oleh Mall tersebut?

Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Jawab.
20%= 1/5
Besar diskon yang diberikan = 200.000/5
                                               = 40.000
Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator dan contoh menghitung persen tanpa kalkulator. Dalam menghitung persen, cara ini lebih mudah bukan? Dengan begitu anda tidak akan bergantung lagi dengan alat dalam perhitungan persen atau sejenisnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *