Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Diposting pada

Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta PenjelasanDalam ilmu Matematika mungkin kita sudah familiar dengan istilah sudut. Sudut Matematika tersebut terdiri dari beberapa jenis berdasarkan besar sudut itu sendiri. Adapun macam macam sudut Matematika yaitu sudut siku siku, sudut lurus, sudut tumpul, sudut lancip dan sebagainya. Kita juga dapat mengamati adanya bentuk sudut disekeliling kita. Misalnya di dalam ruangan rumah. Didalam ruangan tersebut terdapat pojok ruangan yang terdiri dari beberapa sudut, seperti 4 sudut ruangan. Jika anda perhatikan sudut sudut ruangan tersebut berbentuk siku siku. Namun adapula yang menggunakan sudut lancip disetiap pojok ruangannya.

Materi sudut pada umumnya lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan materi Matematika lainnya. Hal ini dikarenakan pembahasan terkait sudut tersebut lebih sederhana. Sudut secara umum memiliki lambang atau simbol yang berupa derajat. Selain itu, masing masing sudut pada dasarnya memiliki besar yang berbeda beda seperti 90 derajat, 180 derajat dan sebagainya.

Sudut dalam Matematika dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya. Untuk itu sudut memiliki beragam bentuk dan jenis. Pada dasarnya setiap macam sudut dalam Matematika berbeda beda tergantung besar sudut yang dibentuknya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang mengenai jenis jenis sudut Matematika beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Sebelum membahas tentang macam macam sudut Matematika, saya akan menjelaskan pengertian sudut terlebih dahulu. Sudut ialah daerah yang terbentuk dari dua garis lurus kemudian bertemu dalam satu titik pangkal. Titik pertemuan dua garis tersebut dinamakan “Titik Vertex”. Untuk memberikan nama sudut pada bangun tertentu harus memperhatikan beberapa hal penting. Perhatikan gambar dibawah ini!

Baca juga : Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma

Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Cara Penamaan Sudut

Berdasarkan gambar diatas dapat kita peroleh cara penamaan sudut. Bangun diatas terdapat 4 titik sudut dan 4 buah sudut. Titik sudut diatas memiliki nama P, Q, R, S dan sudut sudutnya memiliki nama a, b, c, dan d (terletak dititik vertexnya). Pada bangun tersebut dapat kita peroleh nama sudut a, sudut b, sudut c dan sudut d yang letaknya persis dititik vertexnya. Namun bagaimana jika sudutnya tidak memiliki nama? Penamaan sudut tersebut dapat diambil dari titik sudut yang terletak pada garis lurus. Misalnya sudut PQS (sudut b), sudut QRS (sudut c), sudut RSP (sudut d), dan sudut SPQ (sudut a). Sistem penamaan sudut ini berlaku untuk semua jenis sudut Matematika.

Jenis Jenis Sudut Matematika

Pada dasarnya sudut Matematika terdiri dari dua jenis yaitu sudut siku siku dan sudut lurus. Namun setelah itu ditemukan macam macam sudut Matematika lain yang meliputi sudut siku siku, sudut tumpul, sudut lancip, sudut lurus dan sudut refleks. Berikut penjelasan masing masing sudutnya:

Sudut Siku Siku

Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Sudut Siku Siku

Sudut siku siku pada umumnya sering kita jumpai didalam rumah, misalnya buku, pintu, lemari dan sebagainya. Benda benda tersebut memiliki bagian pojok yang sudutnya berbentuk siku siku. Sudut siku siku ini tentunya ada dalam setiap pojoknya. Sudut siku siku dapat dilambangkan dengan simbol ⊥⌈⌉⌊⌋.

Baca juga : 4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap

Sudut Lurus

Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Sudut Lurus

Jenis sudut Matematika selanjutnya ialah sudut lurus. Perhatikan gambar segitiga diatas. Segitiga tersebut memiliki dua segitiga siku siku yang saling berhimpitan. Sisi yang saling berhimpitan tersebut membentuk garis lurus dibagian tengah. Maka dari itu akan membentuk satu sudut lurus.

Selain dua jenis sudut diatas, adapula macam macam sudut Matematika lainnya. Sudut tersebut meliputi sudut tumpul, sudut siku siku, sudut lurus, sudut refleks, maupun sudut lancip.


Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Macam Macam Sudut

Sudut Lancip

Sudut lancip ialah sudut Matematika yang memiliki besar antara 0º sampai 90º (0º < α < 90º, α = sudut lancip).

Sudut Siku Siku

Sudut siku siku ialah sudut Matematika yang memiliki besar 90º.

Sudut Tumpul

Sudut tumpul ialah jenis sudut Matematika yang memiliki besar antara 90º sampai 180º (90º < α <180º, α = sudut tumpul).

Baca juga : 4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap

Sudut Lurus

Sudut lurus ialah sudut Matematika yang memiliki besar 180º.

Sudut Refleks

Sudut refleks ialah sudut Matematika yang memiliki besar antara 180º sampai 360º (180º < α < 360º, α = sudut refleks).

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis sudut Matematika. Sudut ialah daerah yang terbentuk dari dua garis lurus kemudian bertemu dalam satu titik pangkal (titik vertex). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi sudut di atas.

Baca Juga  Mencari Panjang Sisi Segitiga Menggunakan Aturan Sinus Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.