Pengertian dan Ciri Zat Padat, Cair dan Gas Beserta Perubahan Wujudnya

Diposting pada

Pengertian dan Ciri Zat Padat, Cair dan Gas Beserta Perubahan WujudnyaKita sering mendengar istilah mengenai zat padat, zat cair maupun zat gas. Ketiga zat ini sering berhubungan dengan kehidupan kita sehari hari. Bahkan tanpa disadari kita telah mengerti tentang pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri ciri zat padat, ciri ciri zat cair, ciri ciri zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Misalnya zat gas sering kita rasakan ketika bernafas. Sistem pernafasan dalam tubuh kita yaitu menyerap gas Oksigen dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk gas Karbon Dioksida. Adapula contoh lain yaitu zat cair seperti kita meminum air putih ketika sedang haus. Air putih tersebut merupakan wujud dari zat cair.

Untuk contoh zat padat banyak sekali kita jumpai. Misalnya kita memegang buku, pulpen dan sebagainya. Buku dan pulpen tersebut merupakan wujud dari benda/zat padat. Selain contoh ketiga zat tadi adapula perubahan wujud zat padat menjadi cair maupun menjadi gas bahkan sebaliknya. Misalnya es mencair menjadi air, hal ini menandakan adanya perubahan zat padat menjadi zat cair. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri ciri zat padat, ciri ciri zat cair, ciri ciri zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Ciri Zat Padat, Cair dan Gas Beserta Perubahan Wujudnya

Benda benda yang terdapat disekeliling kita berasal dari materi atau zat tertentu. Benda tersebut memiliki zat penyusun yang berkebalikan dengan wujud atau jenisnya. Namun secara umum zat memiliki dua sifat yaitu mempunyai massa dan menempati ruang. Dengan begitu kita memperoleh pengertian zat yaitu sesuatu hal yang mempunyai massa dan menempati ruang. Zat ini terdiri dari zat padat, cair dan gas. Adapun pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri ciri zat padat, ciri ciri zat cair, ciri ciri zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas seperti dibawah ini:

Zat Padat

Pengertian zat padat ialah materi yang memiliki volume dan bentuk tertentu. Penyusunan partikel zat padat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu disusun dengan tidak teratur maupun disusun dengan baris yang rapi serta teratur. Zat padat yang penyusunan partikelnya secara rapi dan teratur dinamakan kristal. Misalnya es, logam, kristal garam dan intan. Sedangkan zat padat yang penyusunannya tidak teratur dinamakan amorf. Zat padat ini memiliki tekstur yang elastis dan mengkilat. Misalnya plastik, lilin, karet dan kaca.
Sesuai dengan pengertian zat padat diatas, bentuk zat ini sulit untuk diubah menjadi kecil meskipun dengan cara ditekan maupun dimampatkan. Hal ini dikarenakan adanya gaya tarik menarik yang terjadi antara partikel partikel yang ada. Meskipun partikel tersebut bergetar namun tetap terikat rapat dengan tempatnya. Dibawah ini terdapat beberapa ciri ciri zat padat yang meliputi:
  • Volume dan bentuknya tetap.
  • Volume zat padat tetap meskipun berpindah tempat.
  • Zat padat pada umumnya memiliki bentuk kristal ataupun amorf.
Selain ciri ciri zat padat diatas, adapula beberapa sifat zat padat yaitu memiliki letak yang sangat berdekatan, memiliki gerakan yang tidak bebas (berputar atau bergetar ditempat), dan memiliki susunan yang teratur.

Zat Cair

Pengertian zat cair ialah zat yang memiliki molekul sesuai dengan bentuk wadahnya sehingga dapat bergerak saling melewati dengan bebas. Zat cair tersebut memiliki bentuk yang sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Nama lain zat cair ialah fluida atau zalir. Zat cair juga memiliki partikel yang susunannya rapat seperti halnya yang dimiliki oleh zat padat. Namun partikel zat cair memiliki energi yang dapat mencegah adanya gaya tarik disetiap molekul yang berdekatan ataupun saling bergeser melewatinya.
Berdasarkan pengertian zat cair di atas dapat kita simpulkan bahwa zat ini memiliki bentuk yang sesuai dengan tempatnya. Contohnya air yang dimasukkan ke dalam gelas. Air tersebut akan berbentuk seperti gelas dengan volume yang tetap. Kejadian tersebut dapat terkadi karena penyusunan partikel pada zat cair saling berjauhan dengan partikel lainnya. Zat cair memiliki ikatan yang lemah antar pastikelnya sehingga gerakan partikel tersebut lebih bebas. Adapun beberapa ciri ciri zat cair yang meliputi:
  • Memiliki bentuk yang berubah ubah.
  • Memiliki volume tetap.
  • Bentuknya sesuai dengan wadah yang ditempatinya.
  • Partikelnya memiliki ikatan yang lemah.
  • Penyusunan partikel pada zat cair renggang dan kurang teratur.
Selain ciri ciri zat cair diatas, adapula sifat zat cair yaitu letak antar partikelnya berdekatan, memiliki susunan yang kurang teratur, dan dapat bergeser sesuai tempatnya karena memiliki gerakan yang sedikit bebas namun tidak terlepas dari kelompoknya.

Zat Gas

Pengertian zat gas ialah materi yang memiliki bentuk dan volume yang berubah ubah tergantung wadah yang ditempatinya. Misalnya ban sepeda, balon, gelas kosong, ban mobil, botol kosong dan sebagainya. Adapun beberapa ciri ciri zat gas yang meliputi:
  • Bentuk zat gas berubah ubah.
  • Volume zat gas berubah ubah.
  • Partikel zat gas tersusun saling berjauhan dan tidak teratur.
  • Partikelnya memiliki ikatan yang sangat lemah.
  • Bentuknya mengikuti wadah yang ditempatinya.
Selain ciri ciri zat gas diatas, adapula sifat zat gas yaitu letak antar molekulnya berjauhan, memiliki susunan yang tidak teratur, dan dapat bergeser dari wadahnya karena bebas bergerak sehingga dapat terlepas dari kelompoknya. Selain itu zat gas dapat memenuhi ruangan yang ditempatinya.

Perubahan Wujud Zat

Zat padat, cair dan gas dapat berubah wujud sesuai dengan suhu yang diperolehnya. Dalam ilmu Fisika terdapat beberapa perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Perubahan wujud secara Fisika ini dapat mengubah zat tersebut kembali seperti semula. Namun jika perubahan wujud terjadi secara Kimia maka zat tersebut tidak dapat kembali seperti semula karena akan menghasilkan zat baru.
Adapun perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas yang terjadi secara Fisika yaitu:
  1. Membeku ialah perubahan wujud dari zat cair menjadi zat padat. Misalnya pembekuan es batu.
  2. Mencair ialah perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair. Misalnya proses pembakaran lilin, es yang mencair, dan lain lain.
  3. Mengembun ialah perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. Misalnya tetesan embun dipagi hari.
  4. Menyublim ialah perubahan wujud dari zat padat menjadi zat gas. Misalnya kapur barus yang lama kelamaan akan habis dengan sendirinya.
  5. Menguap ialah perubahan wujud dari zat cair menjadi zat gas. Misalnya air yang berubah menjadi uap air.
  6. Mengkristal (Deposisi) ialah perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat. Misalnya kristal.
Sekian penjelasan mengenai pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri ciri zat padat, ciri ciri zat cair, ciri ciri zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Ketiga bentuk zat (padat, cair dan gas) tersebut memiliki ciri yang berbeda beda. Selain itu dapat berubah wujud secara Fisika maupun Kimia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *