Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Diposting pada

Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya Kegiatan pengembangan program secara geografis telah didukung oleh alat yang dinamakan dengan SIG atas Sistem Informasi Geografis. Alat tersebut berguna dalam pembuatan keputusan secara ilmiah maupun pelaksanaan perencanaan berbasis komputer. Alat ini juga memiliki komponen sistem informasi geografis yang cukup penting dalam menunjang sistem kerjanya. Lalu apa yang dimaksud Sistem Informasi Geografis (SIG) itu?

SIG dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang dapat menampilkan informasi, membangun dan memanipulasi informasi tersebut dalam lingkup geografis. Apa saja komponen sistem informasi geografis itu? SIG atau lebih dikenal dengan sistem informasi geografis tentunya memiliki arti dan makna tertentu di dalamnya.

Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya
Sistem Informasi Geografis (SIG)

Seperti yang kita ketahui bahwa SIG atau Sistem Informasi Geografis dijadikan sebagai alat sumber informasi dengan basis komputer. Alat ini dirancang sedemikian rupa agar dapat mengambil informasi spasial antar ruang dalam bentuk data. Dengan begitu kondisi bumi dapat dicek, dianalisa, ditampilkan, dicapture, diintegrasikan, dan dimanipulasi melalui data tadi. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Dijaman yang serba modern ini, kita dapat memperoleh informasi melalui media apapun seperti media online maupun offline. Maka dari itu kita tidak hanya memperoleh informasi melalui surat kabar saja, namun juga dapat melalui TV, internet, ataupun media elektronik maupun online lainnya. Untuk memperoleh informasi tersebut, kita membutuhkan alat tertentu yang menunjangnya.

Biasanya informasi dalam lingkup geografis dapat dikelola, dimanipulasi ataupun diperoleh menggunakan alat tertentu. Alat ini dinamakan dengan SIG atau kepanjangan dari Sistem Informasi Geografis. Alat ini menggunakan komponen tertentu yang berguna untuk menunjang sistem kerja di dalamnya. Lantas apa saja komponen SIG itu?

Dalam pembahasan kali ini, saya akan membaginya menjadi dua sub menu yaitu definisi sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis. SIG tersebut berupa alat yang membantu pekerjaan manusia dalam aktivitas pengembangan program. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian SIG

Pengertian sistem informasi geografis (SIG) ialah sebuah sistem modern yang dirancang menggunakan komputerisasi sehingga dapat berfungsi sebagai penganalisa gejala keruangan. SIG tersebut banyak digunakan dalam setiap instansi pemerintah daerah untuk merencanakan pembangunan didaerah tersebut. 

Baca juga : Pengertian Gempa Tektonik, Vulkanik dan Runtuhan Lengkap

Berdasarkan istilahnya, definisi Sistem Informasi Geografis dapat dibagi menjadi dua definisi yaitu:

  • Sistem informasi ialah kombinasi sistem kerja yang digunakan untuk mendapatkan informasi dalam mengambil keputusan. Sistem informasi tersebut memiliki beberapa komponen penting seperti perangkat lunak, data, analisa data, perangkat keras dan kegiatan pengolahan data.
  • Informasi geografis ialah sekumpulan data atau fakta yang berhubungan dengan lokasi wilayah dan ruang permukaan bumi secara langsung. Data tersebut akan disusun sampai menjadi informasi baru yang sifatnya geografis.

Komponen Sistem Informasi Geografis

Berdasarkan pendapat Steve J. Anderson dan John E. Harmon, komponen pada sistem informasi geografis dapat dibagi menjadi 6 jenis. Komponen komponen inilah yang akan membantu sistem kerja SIG agar dapat berfungsi dengan baik.

Manusia

Komponen pada sistem informasi geografis yang pertama ialah manusia. Manusia tersebut bertugas untuk menjalankan dan mengoperasikan SIG sesuai dengan sistem kerjanya. Orang yang dapat mengoperasikan SIG tersebut merupakan salah satu komponen utama dalam menjalankan SIG.

Aplikasi

Komponen sistem informasi geografis selanjutnya ialah aplikasi. Aplikasi ialah sistem prosedur yang berguna sebagai pengolah data menjadi informasi. Contohnya penjumlahan, klasifikasi, tabulasi dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, dan Antroposentris

Data

Komponen pada sistem informasi geografis selanjutnya ialah data. Data tersebut dapat berupa data atribut maupun data grafis atau spasial. Data atribut ialah sebuah data yang membahas tentang aspek deskriptif mengenai fenomena yang diteliti. Misalnya data penduduk, data sensus, jumlah pengangguran, data ekonomi, data pertanian dan sebagainya. Sedangkan data spasial ialah data yang membahas tentang fenomena permukaan bumi. Data spasial dapat berupa koordinat, foto permukaan bumi dari udara, citra satelit, dan lain lain.

Software

Komponen pada sistem informasi geografis selanjutnya ialah software. Software ialah program aplikasi perangkat lunak SIG yang berguna untuk menganalisa, mengolah, menayangkan, menyimpan, dan memproses data spasial. Misalnya ILWIS, Arc. View, dan Map Inf.

Hardware

Komponen sistem informasi geografis selanjutnya ialah hardware. Hardware ialah perangkat keras SIG yang berguna untuk menjalankan komputer. Misalnya plotter, RAM, CPU, harddisk, digitizer, dan lain lain.

Metode

Komponen pada sistem informasi geografis yang terakhir ialah metode. Metode ialah tahapan atau cara dalam mengoperasikan SIG mulai dari awal hingga akhir.

Selain pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis, adapula beberapa manfaat dari SIG. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat sistem informasi geografis (SIG) yaitu:

  • Untuk mengetahui persebaran sumber daya alam. Misalnya emas, batu bara, besi, dan sebagainya.
  • Untuk mengetahui luas persebaran lahan.
  • Untuk mengawasi daerah yang terkena bencana alam.
  • Untuk mengetahui persebaran dan potensi penduduk.
  • Untuk mengembangkan dan mendata jaringan transportasi.
  • Untuk mengembangkan dan mendata sekolah, pemukiman penduduk, sarana hiburan dan rekreasi, rumah sakit, serta kawasan industri.
  • Untuk mengembangkan dan mendata pusat pusat pembangunan dan pertumbuhan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian sistem informasi geografis dan komponen sistem informasi geografis. SIG merupakan alat yang membantu pekerjaan manusia dalam aktivitas pengembangan program. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah membaca materi SIG di atas.

Baca Juga  Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, dan Antroposentris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.