Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama

Diposting pada

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama Seni adalah karya manusia yang memiliki unsur keindahan (estetika) di dalamnya. Berdasrakan konsep, seni sendiri terbagi menjadi beberapa macam, salah satunya yakni seni drama. Dalam konteks pendidikan materi yang membahas pengertian seni drama, tujuan drama, maupun jenisnya mulai diperkenalkan ketika siswa duduk di bangku SMP.

Seni drama identik dengan dialog yang mempunyai latar tempat maupun waktu tertentu. Bahkan di dalamnya terdapat unsur permasalahan atau perselisihan yang dialami oleh para tokoh. Selain itu karya seni ini telah melekat dan menyebar luas di kalangan masyarakat. Terkadang kita juga bisa menjumpai seni drama  mengusung tema budaya dengan ciri khas suatu daerah.

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama
Karya Seni Drama

Secara garis besar, seni drama telah melekat seperti budaya di tengah masyarakat. Mengapa demikian? sebab drama mampu memberi penjelasan mendalam tentang kehidupan yang berbalut unsur nyata di dalamnya. Ketika membicarakan unsur maka yang saya maksudkan adalah penggunaan bahasa. Namun semua itu juga disertai dengan unsur pendukung lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama

Hampir setiap orang pasti pernah menonton drama baik itu secara langsung maupun lewat media seperti televisi. Alur cerita yang menarik berbalut akting penokohan yang apik sering kali menghipnotis para penonton.

Ada banyak sekali jenis seni drama yang dapat kita jumpai di Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan melekat erat sebagai bagian dari budaya suatu suku. Contoh seni drama yang masih populer sampai saat ini adalah teater tradisional lenong, ketoprak, dan lain-lain.

Baca juga : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi yang membahas manfaat serta tujuan seni drama di bangku sekolah menengah. Lebih tepatnya pada mapel kesenian atau muatan lokal kita akan disuguhkan penjelasan guru tentang materi ini. Meski terkesan mudah tapi ternyata banyak siswa yang mengeluh sulit menghafal apa tujuan dan jenis jenis seni drama di tengah masyarakat.

Apa Itu Seni Drama

Pengertian seni drama adalah karya seni yang didalamnya terdapat bagian bagian pementasan. Berdasarkan bahasa Yunani kata drama berarti “Dramoi” yang artinya perbuatan atau aksi. Namun berdasarkan istilah, pengertian drama ialah peniruan gerak yang menggunakan unsur unsur nyata.

Drama dapat kita artikan sebagai sandiwara dimana kata “Sandi” artinya rahasia dan kata “Wara” yang artinya pelajaran. Seni drama ini disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk dialog dan perbuatan yang didalamnya terdapat unsur emosi dan pertikaian sehari hari.

Berdasarkan pengertian seni drama di atas terdapat unsur emosi dan pertikaian yang diambil dari kisah kisah nyata. Kemudian unsur tersebut ditiru melalui gerak dan dialog serta disampaikan kepada masyarakat. Unsur utama dalam seni drama ialah bahasa diserta dukungan unsur unsur lainnya.

Unsur bahasa yang digunakan pun harus optimal dan sebaik mungkin. Bahasa drama tidak hanya berupa kata kata melainkan disertai dengan tempo kalimat, intonasi, volume suara, pelafalan, tekanan dan sebagainya. Dengan begitu bahasa yang disampaikan dapat lebih sempurna.

Tujuan Seni Drama

Seni drama tersebut di buat tidak hanya untuk hiburan semata. Namun terdapat beberapa tujuan seni drama lainnya yang meliputi:

  1. Sebagi media instruksi yang membahagiakan.
  2. Untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan kesenangan terkait keindahan seni.
  3. Untuk sarana penghibur.

Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater

Manfaat Seni Drama

Selain tujuan, adapula manfaat seni drama. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dalam pembuatan seni drama yaitu:

  1. Untuk meningkatkan kerjasama satu sama lain, terutama dalam bidang sosial.
  2. Untuk meningkatkan daya kreativitas siswa.
  3. Membangkitkan tingkat emosi sehat pada anak.
  4. Menghilangkan sifat takut, malu, tegang, gugup dan sebagainya.
  5. Meningkatkan sikap dan apresiasi anak dengan baik.
  6. Meningkatkan sikap menghargai pendapat dan pikiran orang lain.

Jenis Jenis Seni Drama

Tanpa sadar sebenarnya drama sebagai bentuk kesenian bisa kita bagi menjadi beberapa kategori. Pembagian tersebut ditentukan berdasarkan linimasa, atau jaman, maupun pengaruh modernisasi di dalamnya. Adapun jenis jenis seni drama ditinjau dari masanya yaitu:

Drama Modern (Drama Baru)

Jenis seni drama yang pertama ialah seni drama modern atau baru. Drama modern ialah karya seni yang digunakan sebagai media pendidikan dalam masyarakat. Jenis drama ini biasanya disampaikan dengan tema kehidupan sehari hari. 

Drama Klasik (Drama Lama)

Jenis seni drama selanjutnya ialah seni drama klasik atau lama. Drama klasik ialah jenis drama yang bertemakan khayalan. Jenis drama ini biasanya menceritakan tentang kehidupan dewi dewi, kesaktian, kejadian luar biasa, kehidupan dikerajaan/istana dan sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Seni drama merupakan karya seni peniruan gerak yang diwujudkan dalam bentuk dialog dan perbuatan sesuai tema dramanya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.