Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama

Diposting pada

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama Seni ialah karya manusia yang memiliki unsur unsur keindahan (estetika) didalamnya. Seni tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam, salah satunya ialah seni drama. Dalam ilmu seni, drama tersebut dapat dijabarkan menjadi pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Seni drama identik dengan dialog yang berlatar tertentu. Bahkan didalamnya terdapat unsur permasalahan atau perselisihan yang dialami oleh tokoh. Selain itu karya seni ini telah melekat dan menyebar luas dikalangan masyarakat. Bahkan adapula seni drama yang mengusung tema budaya dengan ciri khasnya sendiri.

Karya seni drama telah dianggap penting dalam masyarakat karena dapat menjelaskan lebih dalam mengenai kehidupan manusia dengan tambahan unsur unsur nyata didalamnya. Unsur utama dalam seni drama ialah bahasa yang digunakan. Namun semua itu juga disertai dengan unsur pendukung lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama

Sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian seni drama terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Berikut ulasan selengkapnya:

Baca juga : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Drama

Pengertian seni drama ialah karya seni yang didalamnya terdapat bagian bagian pementasan. Berdasarkan bahasa Yunani kata drama berarti “Dramoi” yang artinya perbuatan atau aksi. Namun berdasarkan istilah, pengertian drama ialah peniruan gerak yang menggunakan unsur unsur nyata. Drama tersebut dapat diartikan sebagai sandiwara dimana kata “Sandi” artinya rahasia dan kata “Wara” yang artinya pelajaran. Seni drama ini disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk dialog dan perbuatan yang didalamnya terdapat unsur emosi dan pertikaian sehari hari.
Berdasarkan pengertian seni drama diatas terdapat unsur emosi dan pertikaian yang diambil dari kisah kisah nyata. Kemudian unsur tersebut ditiru melalui gerak dan dialog serta disampaikan kepada masyarakat. Unsur utama dalam seni drama ialah bahasa diserta dukungan unsur unsur lainnya. Unsur bahasa yang digunakan pun harus optimal dan sebaik mungkin. Bahasa drama tidak hanya berupa kata kata melainkan disertai dengan tempo kalimat, intonasi, volume suara, pelafalan, tekanan dan sebagainya. Dengan begitu bahasa yang disampaikan dapat lebih sempurna.

Tujuan Seni Drama

Seni drama tersebut dibuat tidak hanya untuk hiburan semata. Namun terdapat beberapa tujuan seni drama lainnya yang meliputi:
  • Sebagi media instruksi yang membahagiakan.
  • Untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan kesenangan terkait keindahan seni.
  • Untuk sarana penghibur.

Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater

Manfaat Seni Drama

Selain tujuan, adapula manfaat seni drama. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dalam pembuatan seni drama yaitu:
  • Untuk meningkatkan kerjasama satu sama lain, terutama dalam bidang sosial.
  • Untuk meningkatkan daya kreativitas siswa.
  • Membangkitkan tingkat emosi sehat pada anak.
  • Menghilangkan sifat takut, malu, tegang, gugup dan sebagainya.
  • Meningkatkan sikap dan apresiasi anak dengan baik.
  • Meningkatkan sikap menghargai pendapat dan pikiran orang lain.

Jenis Jenis Seni Drama

Seni drama dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan masanya. Adapun jenis jenis seni drama ditinjau dari masanya yaitu:
Drama Modern (Drama Baru)
Jenis seni drama yang pertama ialah seni drama modern atau baru. Drama modern ialah karya seni yang digunakan sebagai media pendidikan dalam masyarakat. Jenis drama ini biasanya disampaikan dengan tema kehidupan sehari hari.

Drama Klasik (Drama Lama)
Jenis seni drama selanjutnya ialah seni drama klasik atau lama. Drama klasik ialah jenis drama yang bertemakan khayalan. Jenis drama ini biasanya menceritakan tentang kehidupan dewi dewi, kesaktian, kejadian luar biasa, kehidupan dikerajaan/istana dan sebagainya.
Sekian penjelasan mengenai pengertian seni drama, tujuan seni drama, manfaat seni drama dan jenis jenis seni drama. Seni drama merupakan karya seni peniruan gerak yang diwujudkan dalam bentuk dialog dan perbuatan sesuai tema dramanya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *