Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Diposting pada

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang BalokDisekeliling kita sering dijumpai beberapa benda yang bentuknya balok, misalnya pembungkus sabun mandi, penghapus dan sebagainya. Balok merupakan bangun ruang Matematika yang memiliki diagonal bidang maupun diagonal ruang. Lalu bagaiaman cara menghitung diagonal bidang balok? Bagaimana cara menghitung diagonal ruang balok? Diagonal balok merupakan bidang dalam sebuah balok yang disusun oleh dua diagonal bidang dan dua rusuk pada balok tersebut. Balok memiliki sisi sisi yang berbentuk persegi panjang dimana mempunyai 6 sisi, 8 titik sudut dan 12 rusuk.

Bangun ruang balok banyak digunakan dalam soal soal ujian sekolah tingkat SMP ataupun SMA. Terlebih lagi para siswa diharuskan untuk menghitung diagonal bidang, diagonal ruang, volume balok dan sebagainya. Untuk menyelesaikan soal soal tersebut, anda harus menggunakan rumus balok yang tepat agar soal soal tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan benar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Cara menghitung diagonal balok dapat dibagi menjadi dua yaitu cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai cara mencari diagonal balok, baik diagonal bidang maupun diagonal ruang.

Baca juga : Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Diagonal Bidang Balok

Pengertian diagonal bidang balok ialah garis sisi atau bidang pada sebuah balok yang dibentuk oleh dua titik sudut yang saling berhadapan. Diagonal bidang balok sering disebut sebagai diagonal sisi balok. Balok memiliki 12 diagonal bidang/sisi. Cara menghitung diagonal bidang balok dapat menggunakan konsep Teorema Pythagoras. Perhatikan gambar balok di bawah ini!
Gambar diatas menunjukkan letak diagonal bidang pada balok. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa jumlah diagonal bidang pada balok ialah 12 buah. Cara menghitung diagonal bidang balok menggunakan konsep Teorema Pythagoras seperti contoh di bawah ini.
Diketahui panjang BF = 8 cm, FE = 15 cm, FG = 6 cm. Hitunglah:
a. Panjang BE
b. Panjang BG
c. Panjang BD
Jawab.
a. Cara menghitung diagonal bidang balok (panjang BE) dapat dilakukan dengan Teorema Pythagoras. Perhatikan segitiga BFE dengan siku siku di F. Maka
BE² = BF² + FE²
       = 8² + 15²
       = 64 + 225
       = 289
 BE = √289
 BE = 17 cm
b. Perhatikan segitiga BFG dengan siku siku di F. Maka panjang BG yaitu:
BG² = BF² + FG²
       = 8² + 6²
       = 64 + 36
       = 100
 BG = √100
 BG = 10 cm

Baca juga : 54 Gambar Jaring Jaring Balok

c. Perhatikan segitiga BCD dengan siku siku di C. Maka panjang BD yaitu:
BC = FG = 6 cm
CD = FE = 15 cm
BD² = BC² + CD²
       = 6² + 15²
       = 36 + 225
       = 261
 BD = √261
 BD = 3√29 cm

Diagonal Ruang Balok

Pengertian diagonal ruang balok ialah garis pada ruang balok yang disusun oleh dua titik sudut yang berhadapan pada ruang bangun tersebut. Cara menghitung diagonal ruang balok sama seperti menghitung diagonal bidang balok yaitu menggunakan konsep Teorema Pythagoras. Perhatikan gambar balok di bawah ini!
Gambar diatas menunjukkan letak diagonal ruang pada balok. Balok memiliki 4 buah diagonal ruang. Cara menghitung diagonal ruang balok menggunakan konsep Teorema Pythagoras seperti contoh di bawah ini.
Diketahui panjang BD = 8 cm dan FB 6 cm. Berapakan panjang diagonal ruang FD?
Jawab.
FD² = FB² + BD²
       = 6² + 8²
       = 36 + 64
       = 100
 FD = √100
 FD = 10 cm
Sekian penjelasan mengenai cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Untuk mencari diagonal balok (diagonal bidang dan ruang) dapat menggunakan konsep Teorema Pythagoras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *