Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Diposting pada

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang BalokDisekeliling kita sering dijumpai beberapa benda yang bentuknya balok, misalnya pembungkus sabun mandi, penghapus dan sebagainya. Balok merupakan bangun ruang Matematika yang memiliki diagonal bidang maupun diagonal ruang. Lalu bagaiaman cara mencari diagonal bidang balok? Bagaimana cara menghitung diagonal ruang balok? Diagonal balok merupakan bidang dalam sebuah balok yang disusun oleh dua diagonal bidang dan dua rusuk pada bangun tersebut. Balok memiliki sisi sisi yang berbentuk persegi panjang dimana mempunyai 6 sisi, 8 titik sudut dan 12 rusuk.

Balok merupakan satu dari sekian jenis bangun ruang yang memiliki diagonal bidang dan diagonal ruang. Hal ini dikarenakan semua jenis bangun yang memiliki ruang biasanya mengandung diagonal bidang maupun diagonal ruang. Hanya saja yang membedakannya ialah jumlah dari masing masing diagonal tersebut.

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Letak Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Bangun ruang balok banyak digunakan dalam soal soal ujian sekolah tingkat SMP ataupun SMA. Terlebih lagi para siswa diharuskan untuk menghitung diagonal bidang, diagonal ruang, volume balok dan sebagainya. Untuk menyelesaikan soal soal tersebut, anda harus menggunakan rumus balok yang tepat agar soal soal tadi dapat diselesaikan dengan baik dan benar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Jika membahas tentang bangun ruang tentunya terdapat beberapa unsur di dalamnya. Seperti halnya bangun ruang balok yang jua memiliki unsur unsur tersebut, contohnya saja diagonal balok. Balok pada dasarnya memiliki dua jenis diagonal yaitu diagonal bidang atau diagonal sisi dan diagonal ruang. Kedua jenis diagonal ini berbeda satu sama lain. Lantas apa yang dimaksud diagonal bidang itu? Apa yang dimaksud diagonal ruang itu? Bagaimana cara menghitung diagonal balok itu?

Cara menghitung diagonal balok dapat dibagi menjadi dua yaitu cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai cara mencari diagonal balok, baik diagonal bidang maupun diagonal ruang.

Baca juga : Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Diagonal Bidang Balok

Pengertian diagonal bidang balok ialah garis sisi atau bidang pada sebuah balok yang dibentuk oleh dua titik sudut yang saling berhadapan. Diagonal bidang balok sering disebut sebagai diagonal sisi. Balok memiliki 12 diagonal bidang/sisi. Cara menghitung diagonal sisi balok dapat dilakukan dengan konsep Teorema Pythagoras. Perhatikan gambar balok di bawah ini!

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Letak Diagonal Bidang Pada Balok

Gambar diatas menunjukkan letak diagonal bidang pada balok. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa jumlah diagonal bidang pada balok ialah 12 buah. Cara menghitung diagonal bidang balok memang dapat dilakukan dengan konsep Teorema Pythagoras seperti contoh di bawah ini.

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Contoh Soal Diagonal Bidang Balok

Contoh Soal Diagonal Bidang Balok

Diketahui panjang BF = 8 cm, FE = 15 cm, FG = 6 cm. Hitunglah:
a. Panjang BE
b. Panjang BG
c. Panjang BD

Jawab.
a. Perhatikan segitiga BFE dengan siku siku di F.
Maka
BE² = BF² + FE²
       = 8² + 15²
       = 64 + 225
       = 289
 BE = √289
 BE = 17 cm

b. Perhatikan segitiga BFG dengan siku siku di F. Maka panjang BG yaitu:
BG² = BF² + FG²
       = 8² + 6²
       = 64 + 36
       = 100
BG = √100
BG = 10 cm

Baca juga : 54 Gambar Jaring Jaring Balok

c. Perhatikan segitiga BCD dengan siku siku di C. Maka panjang BD yaitu:
BC = FG = 6 cm
CD = FE = 15 cm
BD² = BC² + CD²
       = 6² + 15²
       = 36 + 225
       = 261
BD = √261
BD = 3√29 cm

Diagonal Ruang Balok

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung diagonal bidang balok di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang diagonal ruang. Pengertian diagonal ruang balok ialah garis pada ruang balok yang disusun oleh dua titik sudut yang berhadapan pada ruang bangun tersebut. Cara menghitung diagonal ruang balok ini sama seperti menghitung diagonal bidangnya yaitu menggunakan konsep Teorema Pythagoras. Perhatikan gambar balok di bawah ini!

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Letak Diagonal Ruang Balok

Gambar diatas menunjukkan letak diagonal ruang pada balok. Balok memiliki 4 buah diagonal ruang. Cara mencari diagonal ruang balok menggunakan konsep Teorema Pythagoras seperti contoh di bawah ini.

Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok
Contoh Soal Diagonal Ruang Balok

Contoh Soal Diagonal Ruang Balok

Diketahui panjang BD = 8 cm dan FB 6 cm. Berapakan panjang diagonal ruang FD?

Jawab.
FD² = FB² + BD²
       = 6² + 8²
       = 36 + 64
       = 100
FD = √100
FD = 10 cm

Sekian penjelasan mengenai cara menghitung diagonal bidang balok dan cara menghitung diagonal ruang balok. Untuk mencari diagonal balok (diagonal bidang dan ruang) tersebut, kita dapat menggunakan konsep Teorema Pythagoras seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rangkuman Materi Fungsi Kuadrat Matematika Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.