Mengenal Tokoh Tokoh Pandawa Lima Lengkap

Diposting pada

Mengenal Tokoh Tokoh Pandawa Lima Lengkap Dalam dunia seni seni Jawa, kita sering mendengar tentang seni pewayangan. Karya seni ini menghasilkan cerita cerita yang tokoh tokohnya mencerminkan sifat dasar pada manusia. Misalnya saja tokoh tokoh pandawa lima dalam cerita pewayangan Jawa. Cerita Pandawa Lima ini cukup populer dikalangan masyarakat. Cerita ini mengibaratkan sebuah perang antara sifat baik dengan sifat jahat, dimana sifat baiknya adalah pandawa lima dan sifat jahatnya adalah Kurawa. Berdasarkan bahasa Sansekerta, Pandawa merupakan anak dari Pandu atau Dewanagari yaitu raja Hatinapura yang terdapat dalam wiracarita Mahabharata. Putra Pandu tersebut terdiri dari lima putra mahkota yang diberi nama Pandawa Lima.

Pandawa Lima merupakan sebutan bagi putra Pandu yang bernama Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Pangeran Yudistira, Bima dan Arjuna merupakan anak dari Dewi Kunti (istri pertama Dewa Pandu). Sedangkan pangeran Nakula dan Sadewa merupakan anak dari Dewi Madrim (istri kedua Dewa Pandu). Meskipun para pangeran berbeda ibu namun tetap menjadi saudara karena ayah mereka sama yaitu Dewa Pandu. Pada kesempatan kali ini saya akan mengenalkan tokoh tokoh pandawa lima lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengenal Tokoh Tokoh Pandawa Lima Lengkap

Pandawa Lima meruakan jelmaan atau titisan secara tidak langsung dari dewa tertentu (Berdasarkan susastra Mahabharata/Hindu). Dibawah ini terdapat nama nama tokoh Pandawa Lima beserta nama titisan dewanya yaitu sebagai berikut:
  • Yudistira ialah jelmaan atau titisan dari Dewa Akhirat (Dewa Yama).
  • Bima ialah jelmaan atau titisan dari Dewa Angin (Dewa Bayu).
  • Arjuna ialah jelmaan atau titisan dari Dewa Perang (Dewa Indra).
  • Nakula dan Sadewa ialah jelmaan atau titisan dari Dewa Pengobatan (Dewa kembar Aswin).
Dalam cerita Mahabharata, para tokoh Pandawa Lima ini melakukan pertempuran dasyat dengan Kurawa di daratan Kurukshetra. Pandawa tersebut memiliki sifat yang baik dan suka membantu sesama. Namun kurawa memiliki sifat yang berkebalikan yaitu bersifat jahat dan arogan.

Baca juga : Macam Macam Aliran Seni Lukis Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Tokoh Tokoh Pandawa Lima

Dibawah ini terdapat tokoh tokoh Pandawa Lima beserta gambar dan karakternya lengkap. Berikut penjelasan selengkapnya:
Yudistira
Tokoh pandawa lima yang pertama ialah Yudistira. Yudistira merupakan putra tertua dalam Pandawa Lima. Nama kecil dari Yudistira ialah Puntadewa. Ia adalah anak dari Dewi Kunti dan Raja Pandu serta merupakan titisan dari Dewa Yama.
Tokoh Pandawa Lima ini merupakan raja Kerajaan Amarta. Yudistira juga memiliki nama julukan yaitu Ajathasatru (yang tidak memiliki musuh), Dhramasuta (putra Dharma), dan Bharata (keturunan Mahabharata). Selain itu Yudistira memiliki karakter atau sifat yang tidak pernah berbuat dusta selama ia hidup, sangat bijaksana, dan tidak memiliki musuh.
Dapat dikatakan bahwa Yudistira merupakan tokoh Pandawa Lima yang moralnya tinggi, suka memberi ampun dan memberi maaf kepada para musuhnya yang telah menyerah ataupun tidak berdaya. Sifat yang dimiliki Yudistira sangatlah sabar, jujur, taat agama, adil, dan percaya diri.
Bima
Tokoh Pandawa Lima selanjutnya ialah bima. Bima merupakan putera kedua dari Dewi Kunti dan Raja Pandu. Bima memiliki nama lain yaitu Werkudara. Nama Bhima menurut bahasa Sansekerta artinya mengerikan. Tidak heran jika Bima merupakan titisan Dewa Bayu yang julukannya Bayusutha. Anak kedua Dewi Kunti ini memiliki kemahiran dalam menggunakan senjata Gada. Maka dari itu senjata terkenal dari bima ialah Gada Rujakpala.

Baca juga : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Jenis Seni Drama

Bima ialah tokoh Pandawa lima yang berperan cukup besar dalam memenangkan pertempuran di daratan Kurukshetra. Ia bahkan memiliki beberapa anak yaitu Gatotkaca (anak dari golongan Raksasa), Antareja dan Antasena. Bima memiliki karakter tubuh yang lengannya panjang, kuat dalam bertarung, wajahnya paling sangar daripada saudara lainnya, dan tubuhnya tinggi besar.
Meski begitu Bima merupakan tokoh Pandawa Lima yang sifatnya jujur, teguh, tabah dan gagah berani. Jika ia sedang bertempur melawan musuh maka Bima akan berubah menjadi orang yang menakutkan dan kasar. Namun Bima juga memiliki sifat berhati lembut, tidak suka basa basi, tidak suka menjilat ludahnya sendiri, dan pendiriannya teguh.
Arjuna
Tokoh Pandawa Lima selanjutnya ialah Arjuna. Arjuna adalah putera bungsu dari Dewi Kunti dan Raja Pandu. Nama kecil dari Arjuna ialah Permadi. Berdasarkan bahasa Sansekerta, nama Arjuna artinya yang bercahaya atau bersinar. Arjuna merupakan titisan dewa perang yaitu Dewa Indra.
Arjuna adalah tokoh pandawa lima yang mempunyai ketampanan yang luar biasa dan memiliki banyak istri. Salah satu istri Arjuna ialah Srikandi. Nama panggilan dari Arjuna cukup banyak yaitu Partha (putera Kunti), Janaka, Kirti (bermahkota indah), dan Dhananjaya (perebut kekayaan). Arjuna merupakan raja kerajaan Madukara.
Arjuna dianggap sebagai kesatria terbaik oleh Drona karena kemahiran dalam memanahnya. Dalam perang Kurukshetra, ia dijadikan sebagai tumpuan para tokoh Pandawa Lima dalam ilmu perang dan senjata panah. Hal ini dikarenakan sifat atau karakter Arjuna yang cerdik, sopan santun, pandai, suka menolong, gagah, tampan, lemah lembut dan pendiam.
Nakula
Tokoh Pandawa Lima selanjutnya ialah Nakula. Nakula ialah putera kembar dari Dewi Madrim dan Raja Pandu. Nama kecil Nakula ialah Pinten. ia merupakan titisan dari Dewa Pengobatan yaitu Dewa Aswin. Nakula tersebut memiliki saudara kembar bernama Sadewa yang merupakan titisan dari Dewa Aswin juga.
Nakula dan Sadewa diasuh oleh Dewi Kunti (istri pertama raja Pandu) setelah ibunya meninggal. Nakula adalah tokoh pandawa lima yang tangguh, pria tampam di dunia dan mahir dalam menggunakan pedang. Ia memiliki sifat atau karakter yaitu tahu balas budi, jujur, pandai menjaga rahasia, setia dan taat kepada orang tua.

Baca juga : Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Terlengkap

Sadewa
Tokoh Pandawa Lima yang terakhir ialah Sadewa. Sadewa ialah putra kembar dari Dewi Madrim dan Raja Pandu. Nama kecil Sadewa ialah Tangsen. Sadewa merupakan titisan dari Dewa Pengobatan yaitu Dewa Aswin. Ia menguasai ilmu ilmu dalam bidang astronomi.
Sadewa adalah tokoh pandawa lima yang bijaksana dan rajin. Selain itu ia juga memiliki sifat yang serupa dengan kakaknya Nakula. Adapun sifat sifat dari Sadewa yaitu tahu balas budi, jujur, pandai menjaga rahasia, setia dan taat kepada orang tua.
Demikianlah tokoh tokoh Pandawa Lima yang dapat saya perkenalkan. Pandawa Lima merupakan sebutan dari putera Pandu yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *