Pengertian AMDAL, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat AMDAL

Diposting pada

Pengertian AMDAL, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat AMDAL – Sebagian orang mungkin telah mengenal tentang istilah AMDAL. AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari tentang dampak lingkungan. Didalamnya terdapat beberapa tujuan, fungsi dan manfaat dari AMDAL. Apa itu AMDAL? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian AMDAL, tujuan AMDAL, fungsi AMDAL, dan manfaat manfaat AMDAL.

Pengertian AMDAL, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat AMDAL
Pengertian amdal, tujuan amdal dan fungsi amdal

Pada dasarnya materi amdal ini sangat umum kita temui dalam kancah pendidikan khususnya di jenjang SMA dan perkuliahan. Amdal adalah sebuah studi analisis yang bersangkutan dengan alam dan lingkungan. Tentunya tujuan amdal dan fungsi amdal tidak jauh dari pengertiannya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu amdal beserta dengan fungsi dan tujuannya. Untuk lebih lengkapnya tentang materi amdal, silahkan simak artikel dibawah ini.

Pengertian AMDAL, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat AMDAL

Pengertian AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah proses studi formal yang berkaitan dengan rencana perkiraan kegiatan proyek atau dampak lingkungan yang berguna untuk menganalisis perancangan proyek dan tahap perencanaan terkait pertimbangan dalam membuat keputusan. Berdasarkan PP No. 27 Tahun 1999, AMDAL diartikan sebagai dampak besar atas hidup dan kajian penting dalam mengambil keputusan sebuah upaya pada lingkungan hidup yang telah direncanakan sehingga usaha tersebut dapat diselenggarakan. AMDAL dapat artikan sebagai analisis yang berkaitan dengan beberapa jenis faktor seperti sosial, fisik, kimia, sosial budaya, ekonomi dan biologi yang menyeluruh.

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Selain pengertian AMDAL diatas, adapula beberapa alasan AMDAL sangat diperlukan serta komponen dari AMDAL. AMDAL diperlukan karena dijadikan sebagai studi kelayakan sesuai dengan peraturan pemerintah dan Undang Undang tekait penjagaan lingkungan dari kegiatan industri ataupun kegiatan yang dapat merusak lingkungan. AMDAL memiliki bebeberapa komponen penting seperti kerangka acuan (KA), penyajian informasi lingkungan (PIL), rencana pemantauan lingkungan (RPL), analisis dampak lingkungan (ANDAL), dan rencana pengelolaan lingkungan (RKL).

Kemudian pembuatan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan memiliki tujuan tertentu. Tujuan AMDAL ialah menjaga lingkungan agar tidak tekena dampak buruk terkait kegiatan arau rencana usaha yang akan dilakukan.

Fungsi AMDAL

Selain pengertian AMDAL dan tujuan AMDAL diatas, adapula beberapa fungsi dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Berikut beberapa fungsi AMDAL yaitu:

  • Untuk bahan dalam merencanakan pembangunan wilayah.
  • Mendukung adanya proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan rencana kegiatan atau usaha kelayakan lingkungan.
  • Menyampaikan masukan rencana kegiatan atau usaha dalam menyusun rancangan teknis secara rinci.
  • Menyampaikan informasi mengenai dampak akibat rencana kegiatan atau usaha kepada masyarakat.
  • Dijadikan sebagai tahap pertama dalam memberikan izin usaha.
  • Sebagai Legal Document dan Scientific Document.
  • Sebagai izin kelayakan lingkungan.

Manfaat AMDAL

Berdasarkan fungsi diatas dapat kita simpulkan bahwa AMDAL berguna agar lingkungan tidak rusak akibat perencannan kegiatan atau usaha yang besar. Kemudian AMDAL juga memiliki beberapa manfaat bagi pemerintah, pemrakarsa dan masyarakat. Berikut beberapa manfaat AMDAL yaitu:

Baca juga : Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, dan Antroposentris

Bagi Pemerintah
Manfaat AMDAL bagi pemerinth yaitu:

  • Mencegah adanya kerusakan dan pencemaran terhadap lingkungan.
  • Mencegah adanya konflik dalam lingkup masyarakat.
  • Sebagai wujud pengelolaan dan tanggung jawab pemerintah terkait lingkungan hidup.
  • Menjaga proses pembangunan sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang telah ada sebelumnya.

Bagi Pemrakarsa
Manfaat AMDAL bagi pemrakarsa yaitu:

  • Menjaga agar usaha tetap berlangsung.
  • Sebagai referensi dalam melakukan peminjaman kredit.
  • Sebagai media interaksi masyarakat yang menguntungkan sekaligus bukti ketaatan terhadap hukum.
Bagi Masyarakat
Manfaat AMDAL bagi masyarakat yaitu:
  • Sebagai media untuk mengetahui dampak kegiatan sejak awal.
  • Sebagai media kontrol dan pelaksanaan.
  • Membantu proses pengambilan keputusan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian AMDAL, tujuan AMDAL, fungsi AMDAL, dan manfaat AMDAL. AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah proses studi formal yang berkaitan dengan rencana perkiraan kegiatan proyek atau dampak lingkungan yang berguna untuk menganalisis perancangan proyek dan tahap perencanaan terkait pertimbangan dalam membuat keputusan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *