Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta Dampaknya

Diposting pada

Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta DampaknyaDidalam sebuah negara pasti terdapat transaksi ekspor dan impor sebuah barang untuk mencukupi kebutuhan para warganya. Tujuan ekspor dan impor ini tentunya akan menimbulkan beberapa manfaat bagi seluruh masyarakat. Manfaat ekspor dan impor tersebut akan sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Namun adapula dampak ekspor dan impor yang juga dirasakan oleh rakyat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Sebagian orang mungkin belum mengenai istilah mengenai ekspor impor. Lalu apa sebenarnya pengertian ekspor dan impor itu?

pengertian, tujuan, dan manfaat ekspor impor

Di dunia ini kita selalu memiliki urusan penting, baik urusan bersama maupun pribadi. Apalagi kita hidup dalam sebuah negara yang tentunya memiliki masalah masalah kompleks dalam tata negara dan hukum. Berbagai cara dilakukan untuk memakmurkan dan memajukan negara tersebut. Salah satunya ialah aktivitas ekspor dan impor ini. Aktvitas tersebut akan terus melekat dalam sebuah negara agar pemenuhan kebutuhan masyarakat dan negaranya dapat tercukupi. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian ekspor dan impor, tujuan ekspor dan impor, manfaat ekspor dan impor beserta dampak ekspor dan impor. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta Dampaknya

Ekspor Impor merupakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan bagi negara dan rakyatnya. Aktivitas ini tentunya memiliki tujuan, manfaat dan dampak bagi sebuah negara yang menjalankannya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian ekspor dan impor, tujuan ekspor dan impor, manfaat ekspor dan impor beserta dampak ekspor dan impor.

Pengertian Ekspor dan Impor

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian ekspor dan impor. Pengertian Ekspor ialah kegiatan menjual barang dalam negeri ke luar negeri. Contohnya tumbuhan jahe yang terdapat di Indonesia cukup melimpah. Maka dari itu Jahe akan dikirim ke negara negara didunia untuk memenuhi kebutuhan mereka akan konsumsi jahe tersebut. Pengertian Impor ialah kegiatan menjual barang luar negerri ke dalam negeri. Hal ini dilakukan agar kebutuhan masyarakat di dalam negeri dapat terpenuhi. Contohnya negara Indonesia membutuhkan gandum yang cukup banyak namun wilayahnya tidak dapat menanamnya. Maka dari itu Indonesia mendatangkan gandum dari luar negeri agar kebutuhan masyarakatnya dapat terpenuhi.
Dalam pengertian ekspor dan impor dapat kita peroleh kesimpulan bahwa kegiatan ini merupakan transaksi jual beli dalam negeri dengan luar negeri. Namun dalam melakukan aktivitas Impor terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu kuota dan pajak dalam peraturan perdagangan. Produk produk impor biasanya dikenakan pajak yang dibebankan pada importir. Setelah itu pajak tersebut akan dibebankan lagi kepada konsumen yang membeli barang barang impor tadi. Hal inilah yang membuat harga harga barang impor cukup mahal. Selain itu pemerintah juga membatasi jumlah kuota produk impor yang masuk ke dalam negara.

Tujuan Ekspor dan Impor

Selanjutnya saya akan membahas tentang tujuan ekspor dan impor. Aktivitas ekspor ataupun impor memiliki tujuannya masing masing. Adapun tujuan melakukan ekspor dan impor yaitu sebagai berikut:
Tujuan Ekspor
Dibawah ini terdapat beberapa tujuan pelaksanaan ekspor yaitu:
  • Mengontrol harga produk ekspor didalam negeri.
  • Menghasilkan iklim usaha yang sifatnya kondusif.
  • Menjaga agar kurs valuta asing tetap stabil.

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Tujuan Impor
Dibawah ini terdapat beberapa tujuan pelaksanaan impor yaitu:
  • Devisa yang keluar dari luar negeri dapat dikurangi.
  • Posisi neraca pembayaran dapat diperkuat.
  • Kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi.

Manfaat Ekspor dan Impor

Setelah membahas mengenai pengertian ekspor dan impor serta tujuan ekspor dan impor. Saya akan melanjutkannya dengan menjelaskan tentang manfaat ekspor dan impor. Berikut penjelasan mengenai manfaat ekspor dan manfaat impor:
Manfaat Ekspor
Kegiatan ekspor ke luar negeri menghasilkan beberapa manfaat bagi rakyat dalam negeri. Adapun beberapa manfaat ekspor yaitu:
  • Negara Indonesia dapat memperluas wilayah perdagangan atau pasarnya.
  • Devisa negara dapat bertambah.
  • Devisa negara dapat lebih luas.
Manfaat Impor
Kegiatan impor menghasilkan beberapa manfaat bagi rakyat dalam negeri tersebut. Adapun beberapa manfaat impor yaitu:
  • Mendapatkan barang dan jasa yang tidak diperoleh dari dalam negeri.
  • Mendapatkan teknologi yang lebih modern.
  • Mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan.

Baca juga : Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WIT, dan WITA)

Dampak Ekspor dan Impor

Selanjutnya adapula dampak ekspor dan impor baik berupa dampak positif ataupun dampak negatif. Kegiatan ekspor dan impor ini akan memberikan dampak dalam perdagangan maupun pemanfaatannya. Di bawah ini terdapat beberapa dampak negatif dari pelaksanaan kegiatan impor ke dalam negeri yaitu :
  • Angka pengangguran semakin meningkat.
  • Menimbulkan persaingan industri dalam negeri.
  • Menciptakan adanya konsumenrisme.
Untuk mengatasi dampak ekspor dan impor ini maka harus dilakukan kegiatan pembatasan impor yang masuk. Hal ini dilakukan agar produsen dalam negeri dapat terlindungi. Selain itu pembatasan produk impor juga memberikan dampak positif yaitu:
  • Jumlah pengeluaran devisa untuk negara importir dapat dikurangi.
  • Ketergantungan akan barang barang impor dapat diminimalisir.
  • Meningkatkan rasa cinta kepada produk produk dalam negeri.
  • Neraca pembayaran dapat diperkuat.
Sekian penjelasan mengenai pengertian ekspor dan impor, tujuan ekspor dan impor, manfaat ekspor dan impor beserta dampak ekspor dan impor. Sebuah negara tidak akan terlepas dari kegiatan ekspor dan impor karena kedua hal ini merupakan aktivitas penting dalam pemenuhan kebutuhan rakyat didalamnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *