Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

Diposting pada

Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan UnsurnyaSetiap rakyat disebuah negara pastinya memiliki identitas negaranya masing masing. Hal hal yang berhubungan dengan kehidupan bernegara dan berbangsa pasti mempunyai ikatan yang erat hingga membentuk satu kesatuan. Seperti halnya dinegara Indonesia. Setiap warga negara Indonesia memiliki identitas nasionalnya masing asing. Hal tersebut dikarenakan wilayah Indonesia terbagi menjadi beberapa agama, suku, bahasa, dan sebagainya.

Ciri khas yang terdapat di Indonesia inilah yang menjadi identitas masing masing bagi setiap warga negara Indonesia. Namun sebenarnya apa pengertian identitas nasional itu? Apa saja unsur unsur identitas Nasional? Identitas Nasional dapat menjadi ciri utama bagi masyarakat Indonesia tersebut.

Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya
Makna Identitas Nasional

Bangsa Indonesia terkenal dengan ciri khasnya sendiri, mulai dari letak geografisnya, lagu kebangsaan, pulau pulaunya, benderanya dan masih banyak lagi. Semua itu merupakan wujud dari identitas nasional yang dimiliki oleh negara Indonesia. Menurut hakikatnya, identitas nasional merupakan perwujudan dari nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun semua itu tidak terlepas dari ciri khasnya masing masing. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian identitas nasional lengkap dengan unsur identitas nasional. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

Setiap warga negara tentunya memiliki identitasnya masing masing. Misalnya saja negara Indonesia yang memberikat rakyatnya s ebuah identitas. Indentitas ini dinamakan dengan identitas Nasional. Apa yang dimaksud identitas Nasional itu? Apa saja unsur unsur yang terdapat dalam Identitas Nasional itu?

Untuk pembahasan kali ini akan saya bagi menjadi dua sub menu yaitu pengertian identitas nasional dan unsur unsur identitas nasional. Identitas nasional digunakan sebagai parameter dalam menunjukan ciri khas sebuah bangsa. Hal tersebut berhubungan dengan teknologi, bahasa, norma, adat istiadat dan sebagainya.

Baca juga : Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia Beserta Penjelasan Lengkap

Pengertian Identitas Nasional

Berdasarkan bahasa Yunani, kata Identitas berarti “Identitu” yang artinya jati diri, ciri, dan tanda yang dimiliki oleh sesuatu atau seseorang sehingga menjadi pembeda dengan yang lainnya. Sedangkan nasional memiliki makna yaitu identitas pada kelompok besar yang berdasarkan pada persamaan fisik (bahasa, budaya dan agama) dan non fisiknya (tujuan, cita cita dan keinginan). Jadi pengertian identitas nasional ialah sekelompok nilai budaya yang tumbuh, tercipta dan berkembang diberbagai aspek kehidupan. Identitas inilah yang akan membentuk satu kesatuan Indonesia dari berbagai suku didalamnya. Negara indonesia merupakan negara Demokrasi yang berpedoman pada Pancasila dan memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Berdasarkan pengertian identitas Nasional di atas, dapat kita peroleh kesimpulan bahwa identitas tersebut dapat diperoleh dengan berpedoman pada Pancasila. Identitas nasional tersebut dapat digunakan sebagai gambaran penataan kehidupan. Penataan kehidupan yang dimaksud ialah mengelola tingkat pergaulan dengan berpedoman pada Undang Undang, baik dalam tingkat Nasional maupun Internasional. Maka dari itu identitas nasional dapat menjadi patokan dalam sebuah bangsa dan negara. Identitas Nasional akan terus berkembang dikalangan masyarakat dan tidak dapat dilepaskan. Meski begitu identitas nasional tetap dapat dinilai oleh banyak orang.

Unsur Identitas Nasional

Didalam Identitas Nasional terdapat beberapa unsur yang perlu anda ketahui. Adapun beberapa unsur identitas nasional beserta penjelasannya yaitu:

Baca juga : Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya

Suku Bangsa

Unsur pada identitas nasional yang pertama ialah suku bangsa. Suku bangsa ialah salah satu unsur yang berkaitan dalam pembentukan identitas nasional. Unsur ini lebih mengarah pada golongan sosial karena pada dasarnya negara Indonesia terbentuk dari beragam suku yang tersebar diberbagai daerah. Maka dari itu diperlukan unsur suku bangsa dalam identitas nasional agar dapat dijadikan pembeda dengan suku suku lain di Indonesia.

Agama

Unsur identitas nasional selanjutnya ialah agama. Agama ialah unsur yang berhubungan dengan nilai nilai agama dalam pembentukan identitas nasional. Hal ini dikarenakan identitas nasional terbentuk dari berbagai agama yang ada dan berkembang di Nusantara. Adapun jenis jenis agama yang terdapat di Indonesia yaitu agama Islam, kong hu cu, katolik, budha, hindu, dan kristen.

Kebudayaan

Unsur pada identitas nasional selanjutnya ialah kebudayaan. Kebudayaan adalah unsur pembentuk identitas Nasional dalam lingkungan berbangsa dan bernegara. Unsur ini cukup mencolok karena keunikan dan keberagamannya.

Bahasa

Unsur identitas nasional selanjutnya ialah bahasa. Bahasa merupakan unsur pembentuk Identitas Nasional yang memiliki ciri, cara pengucapan dan lain lain dalam berbangsa dan bernegara.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian identitas nasional dan unsur identitas nasional. Identitas nasional digunakan sebagai parameter dalam menunjukan ciri khas sebuah bangsa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah membaca materi identitas Nasional di atas.

Baca Juga  Tata Urutan Peraturan Perundang Undangan di Indonesia (Tertinggi sampai Terendahnya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.