Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya

Diposting pada

Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya Kehidupan manusia di dunia tidak dapat dilepaskan dari unsur adat istiadat dan kebudayaan. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan ciri khas dan identitas setiap orang. Maka dari itu kebudayaan dianggap penting dalam sebuah masyarakat. Tidak heran jika terdapat golongan atau kelompok masyarakat yang memiliki budayanya masing masing. Lalu apa pengertian kebudayaan itu? Apa saja unsur unsur kebudayaan tersebut? Berdasarkan bahasa Sansekerta, kata kebudayaan berarti “Buddhayah yang maknanya sesuatu yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Maksudya akal dan budi manusia ini dijadikan sebagai alat dalam melangsungkan kehidupannya.

Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya
Kebudayaan
Pengertian kebudayaan menurut para ahli

Kebudayaan yang dimiliki oleh setiap orang bersifat turun menurun dan terus diwariskan dari generasi jaman dahulu ke generasi selanjutnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kebudayaan beserta unsur unsur kebudayaan yang terdapat didalamnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya

Untuk pembahasan kali ini akan saya bagi menjadi dua sub menu yaitu pengertian kebudayaan dan unsur unsur kebudayaan. Seperti yang kita ketahui bahwa budaya merupakan ciri khas dan identitas bagi masing masing orang. Maka dari itu budaya memiliki peran penting dalam sebuah negara. Dibawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai kebudayaan yaitu:

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Pengertian Kebudayaan

Pengertian kebudayaan secara umum ialah hasil dari karsa, rasa dan cipta manusia yang dilakukan untuk mencukui kebutuhan hidupnya dalam kompleks seni, pengetahuan, hukum, keyakinan, susila dan sebagainya. Selain pengertian secara umum, adapula pengertian dari kebudayaan menurut beberapa ahli. Berikut penjelasan kebudayaan menurut beberapa ahli:

Andreas Eppink
Pengertian kebudayaan menurut Andreas Eppink ialah hal hal yang didalamnya terdapat pengertian ilmu pengetahuan, nilai sosial dan normal sosial secara menyeluruh serta keseluruhan dari struktur religius, sosial dan sebagainya. Andreas Eppink juga menyatakan bahwa kebudayaan merupakan segala hal yang berkaitan dengan artistik dan intelektual dalam masyarakat beserta ciri khasnya.

Edward Burnett Tylor
Pengertian kebudayaan menurut Edward Burnett Tylor ialah keseluruhan hal yang bersifat kompleks seperti kepercayaan, pengetahuan, hukum, kesenian, moral, adat istiadat, hukum dan kemampuan lain dalam diri seseorang sebagai anggota masyarakat.

Koentjaraningrat
Pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat ialah tindakan dari seluruh manusia dalam memperoleh hasil melalui pembelajaran dalam kehidupan bermasyarakat.

Unsur Unsur Kebudayaan

Kebudayaan memiliki unsur yang dinamakan “Culture Universal”. Unsur unsur kebudayaan tersebut meliputi unsur kecil dan unsur besar. Unsur kebudayaan ini bersifat umum karena kebudayaan dapat kita temukan dibelahan dunia manapun seperti tempat tinggal, pakaian, dan sebagainya. Adapula unsur unsur dari kebudayaan menurut beberapa orang sarjana yaitu:

Baca juga : Stratifikasi Sosial (Pengertian, Ciri, Macam, dan Proses Pembentukan)

Bronislaw Malinowski
Unsur unsur kebudayaan menurut Bronislaw Malinowski yaitu meliputi:

  • Sistem norma yang sesuai dengan alam sekelilingnya sehingga tercipta kerjasama antar anggota masyarakat.
  • Organisasi dalam bidang ekonomi.
  • Petugas atau lembaga pendidikan beserta alatnya. Misalnya lembaga pendidikan yang paling utama ialah keluarga.
  • Organisasi dalam kekuatan politik.

C. Kliucckhohn
Unsur unsur kebudayaan menurut C. Kliucckhohn yaitu meliputi:

  • Bahasa
  • Sistem mata pencaharian hidup.
  • Sistem pengetahuan.
  • Sistem teknologi dan peralatan.
  • Kesenian.
  • Upacara keagamaan.
  • Sistem organisasi kemasyarakatan.
  • Sistem religi.

Herskovits
Unsur unsur kebudayaan menurut Herskovits sifatnya turun temurun, mulai dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Unsur tersebut dinamakan superorganik.

Kebudayaan tersebut juga menganut sistem akulturasi, dimana budaya yang dibawa dapat diterima masyarakat dengan mudah ataupun bahkan dapat ditolak. Kebudayaan tersebut biasanya bersifat asing. Kemudian timbullah unsur unsur kebudayaan asing yang mudah diterima dan sulit diterima masyarakat.

Unsur Kebudayaan Asing yang Mudah Diterima
Dibawah ini terdapat beberapa unsur kebudayaan asing yang mudah diterima masyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Unsur kebendaan dalam kebudayaan. Misalnya peralatan yang dapat digunakan dengan mudah dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang menerimanya.
  • Unsur yang terbukti yaitu unsur kebudayaan yang memiliki manfaat besar. Misalnya radio transistor yang berguna dalam alat media dan mass.
  • Unsur yang sesusai dengan keadaan masyarakat yang menerimanya. Misalnya pengetahuan teknik sederhana dan mesin penggiling padi menggunakan biaya yang murah. Mesin tersebut dapat digunakan dalam pabrik penggilingan.

Unsur Kebudayaan Asing yang Sulit Diterima
Dibawah ini terdapat beberapa unsur kebudayaan asing yang sulit diterima masyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Unsur yang berhubungan dengan sistem kepercayaan, misalnya filsafah kehidupan, ideologi dan sebagainya.
  • Unsur yang mempelajari taraf proses sosialisasi yang pertama. Misalnya makanan pokok dalam sekelompok masyarakat.

Sekian penjelasan mengenai pengertian kebudayaan dan unsur unsur kebudayaan lengkap. Kebudayaan ialah jati diri dan ciri khas dalam diri seseorang sebagai anggota masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *