Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Diposting pada

Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas SeniSeni merupakan kreasi dari manusia dalam bentuk sebuah karya yang unik dan bernilai estetik. Meski begitu kita tidak dapat menyebut semua hal menjadi sebuah seni. Hal ini dikarenakan seni memiliki ketentuan ketentuannya sendiri. Manusia dapat mencapai kreativitasnya dengan menggunakan kemampuan, nafsu, emosi dan akal yang baik untuk menghasilkan karya seni yang layak. Apa itu kreativitas? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian kreativitas dan ciri ciri hasil kreativitas seni. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Untuk menjadi pribadi yang kreatif, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang terdapat didalamnya. Dengan begitu kreativitas dalam diri anda dapat tercipta dengan sendirinya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian kreativitas dan ciri ciri hasil kreativitas seni.

Pengertian Kreativitas

Tujuan hidup manusia dapat dicapai dengan usaha yang keras dalam menghadapi hambatan dan rintangan hidup yang menghadang didepan. Hambatan dan rintangan hidup tersebut dapat dihadapi manusia dengan menggunakan akal pikiran. Usaha yang berwujud akal pikiran inilah yang disebut pengertian kreativitas. Kreativitas tersebut akan menciptakan hal baru agar suasana sebelumnya dapat diatasi. Hal baru ini dapat berupa benda abstrak ataupun konret.

Baca juga : Macam Macam Aliran Seni Lukis Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian kreativitas menurut para ahli yaitu:
Jelius Chandra
Pengertian kreativitas menurut Jelius Chandra ialah segala ungkapan kepribadian dan daya kerohanian yang dinyatakan dalam bentuk kehidupan, baik dalam sekelompok orang ataupun seseorang. Beliau berpendapat bahwa kreativitas tersebut tidak lepas dari produktivitas rohani. Maka dari itu ungkapan diri yang sifatnya unik dapat dikatakan sebagai hal kreatif.
Conny R. Semiawan
Pengertian kreativitas menurut Conny R. Semiawan ialah kemampuan dalam menciptakan gagasan baru dan diterapkan dalam pemecahan masalah. Kreativitas tersebut memiliki beberapa ciri ciri bakat seperti flexibility (keluwesan), fluency (kelancaran), dan originality (keaslian) dalam berpikir. Selain itu kreativitas juga membutuhkan beberapa ciri diluar bakat kita seperti ingin memperoleh pengalaman baru, senang bertanya, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Conny R. Semiawan juga menyebutkan bahwa kreativitas merupakan hasil interaksi individu dengan lingkungannya. Dimana ia tinggal akan terpengaruh dan saling mempengaruhi.
Fidelis E.Waruwu dan Monty P. Satiadarma
Pengertian kreativitas menurut Fidelis E.Waruwu dan Monty P. Satiadarma ialah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menciptakan hal hal baru, baik berupa kombinasi yang telah ada ataupun karya baru, karya nyata ataupun gagasan, serta memiliki cara berfikir afektif ataupun kreatif.
Utami Munandar
Pengertian kreativitas menurut Utami Munandar yaitu
  1. Kemampuan dalam menciptakan kombinasi baru yang sesuai dengan unsur, data dan informasi yang telah ada.
  2. Kemampuan yang sesuai dengan informasi atau data dalam menemukan jawaban dari masalah yang lebih menekankan pada keberagaman jawaban, ketepatgunaan dan kuantitas jawaban.
  3. Kemampuan yang menggambarkan orisinalitas, kelancaran dan keluwesan berpikir serta kemampuan dalam menggabungkan sebuah gagasan.
Berdasarkan pengertian menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian kreativitas ialah kemampuan mental dalam berbagai keterampilan manusia dalam melahirkan dan menciptakan hal hal yang tepat guna, berbeda, efisien, unik, baru, orisinil, indah dan tepat sasaran.

Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Daya kreasi seseorang dapat diciptakan dengan kerja seni. Pengertian kerja seni ialah sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan penciptaan hal hal yang baru dan belum pernah ada. Penciptaan kreativitas tersebut memerlukan tahapan yang panjang serta memiliki ciri ciri hasil kreativitas seni yang baik. Hasil karya yang kreatif juga membutuhkan pengalaman dan perenungan batin yang dalam.

Baca juga : Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Terlengkap

Contoh Hasil Kreativitas Seni
Dibawah ini terdapat beberapa ciri hasil kreativitas seni yang bagus yaitu sebagai berikut:
Unik
Ciri hasil kreativitas seni yang pertama ialah unik. Unik ialah hal yang masih baru dan lain dibandingkan yang lainnya. Keunikan tersebut diciptakan untuk membuat sesuatu yang belum pernah dibuat oleh seseorang. Unik ini dapat berupa ide, teknik yang digunakan, medium dan sebagainya.
Individual
Ciri hasil kreativitas seni selanjutnya ialah  individual. Sebuah karya seni dapat bersifat individu yang berarti hak milik seorang seniman. Ciri ini tercipta karena didalamnya terdapat kandungan yang khusus. Masing masing pencipta seni memiliki ciri khusus yang berbeda beda. Maka dari itulah karya yang dihasilkan bersifat pribadi. Selain itu masing masing seniman juga memiliki ruh, pandangan, pengalaman dan penghayatan yang berbeda beda terkait seni kreativitas.
Universal
Ciri hasil kreativitas seni selanjutnya ialah universal. Karya seni tersebut memiliki sifat yang universal karena didalamnya terdapat rasa artistik dan estetik banyak orang. Maka dari itu sebuah seni tentunya akan dinikmati oleh banyak orang. Bahkan peminat seni tersebut tidak memandang status sosial, pendidikan, harta, ataupun jabatan.
Ekspresif
Ciri hasil kreativitas seni selanjutnya ialah ekspresif. Setiap seniman memiliki perasan ekspresif yang berupa perenungan pengalaman dan penjabaran ide. Maka dari itu karya seni yang dihasilkan merupakan bentuk ekspresi dari seniman itu sendiri. Bahkan dapat dijadikan misteri untuk orang lain.
Survival
Ciri hasil kreativitas seni yang terakhir ialah survival. Sebuah karya seni dapat bernilai abadi yang sifatnya konsisten dan estetik. Bahkan dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan seni pada zaman purba. Meskipun telah ada sejak jaman dahulu, namun nilai estetikanya tetap dapat kita nikmati.
Sekian penjelasan mengenai pengertian kreativitas dan ciri ciri hasil kreativitas seni. Kreativitas ialah kemampuan mental dalam berbagai keterampilan manusia dalam melahirkan dan menciptakan hal hal yang tepat guna, berbeda, efisien, unik, baru, orisinil, indah dan tepat sasaran. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *