Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya (Lengkap)

Diposting pada

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya (Lengkap)Peradaban merupakan wujud perkembangan kehidupan manusia seiring jaman. Bahkan banyak peneliti yang mencari informasi mengenai peradaban kehidupan manusia dan mendefinisinya menjadi beberapa pengertian. Pengertian peradaban menurut para ahli ini disertai dengan ciri ciri peradabannya. Menurut para ahli pengertian peradaban merupakan wujud dari kebudayaan yang tinggi, maju, indah dan halus. Namun secara umum pengertian peradaban yaitu hasil budi daya manusia keseluruhan yang dikumpulkan menjadi suatu identitas dalam berbagai aspek kehidupan, baik fisik maupun non fisik. Aspek kehidupan fisik tersebut berupa jalan, bangunan dan sebagainya. Sedangkan non fisik berupa iptek, nilai nilai, seni budaya, dan tatanan.

Aspek fisik dan non fisik dalam kehidupan akan diwujudkan menjadi identifikasi beberapa unsur obyektifitas umum seperti kebiasaan, bahasa, agama, sejarah dan bahkan identifikasi diri secara subjektif. Dalam bahasa Inggris, kata peradaban disebut “Civilization”. Sedangkan dalam bahasa Asing kata peradaban disebut Zivilisation (Jerman) dan Bescahaving (Belanda). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian peradaban menurut para ahli dan ciri ciri peradaban lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya (Lengkap)

Istilah peradaban digunakan untuk menyatakan penilaian dan pendapat seseorang mengenai perkembangan kebudayaan. Perkembangan kebudayaaan yang ditunjukkan tersebut telah mencapai puncaknya dengan berbentuk unsur budaya yang luhur, halus, sopan, indah, tinggi dan lain lain. Dengan kata lain masyarakat yang memiliki unsur kebudayaan tersebut mempunyai peradaban yang tinggi. Di bawah ini terdapat beberapa pengertian peradaban menurut para ahli dan ciri ciri peradaban. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : 12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang

Pengertian Peradaban

Definisi peradaban dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Hal ini dikarenakan banyak para ahli yang berpendapat mengenai pengetian dari peradaban tersebut. Adapun beberapa pengertian peradaban menurut para ahli yaitu sebagai berikut:
Arnold Toynbee
Pengertian peradaban menurut Arnold Toynbee ialah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai taraf teknologi yang lebih tinggi. Pengertian ini disampaikan dalam bukunya Theories of Society ( New York, The Free Press, 1965 ) yang berjudul “The Disintegrations of Civilization” pada halaman 1355. Dengan kata lain peradaban diartikan sebagai hasil budi daya manusia yang dikumpulkan secara menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan, baik fisik maupun non fisik.
Albion Small
Pengertian peradaban menurut Albion Small yaitu kemampuan mengendalikan dasar kemanusiaan pada manusia agar kualitas hidupnya dapat meningkat. Peradaban tersebut tidak terlepas dari arti kebudayaan dimana para manusia mampu mengendalikan alam yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepadanya. Selain itu Albion Small juga berpendapat bahwa kebudayaan mengarah pada sesuatu yang sifatnya konkret, material, relefan dan factual. Sedangkan peradaban berkaitan dengan hal hal yang diperbaiki kondisi batin manusia dan sifatnya kualitatif.
Bierens De Hann
Pengertian peradaban menurut Bierens De Hann ialah kehidupan manusia secara keseluruhan dalam bidang teknik, sosial, ekonomi dan politik. Dapat dikatakan bahwa peradaban berkaitan dengan kemasyarakatan yang memiliki kegunaan praktis.
Huntington
Pengertian peradaban menurut Huntington ialah identitas budaya paling luas yang diidentifikasi menjadi sebuah unsur obyektif umum seperti institusi, bahasa, agama, kebiasaan, sejarah dan bahkan dapat diidentifikasi diri secara subjektif. Hal ini dibuktikan dengan bersatunya masyarakat Eropa dan Amerika serikat berdasarkan agama, bahasa dan budayanya menjadi sebuah peradaban baru yaitu peradaban barat.

Baca juga : Organisasi Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang

Ifred Weber
Pengertian peradaban menurut Ifred Weber ialah sesuatu yang mengarah pada sekumpulan cara teknis, pengetahuan praktis dan intelektual yang berguna sebagai pengendali alam. Didalamnya terdapat kebudayaan yang tersusun oleh ide, nilai, normative, dan prinsip yang sifatnya unik. Sedangkan menurut Ifred Weber, peradaban memiliki sifat yang objektif dan impersonal, sedangkan kebudayaan memiliki sifat unik, personal dan subjektif. Peradaban memang sifatnya lebih rentan, kumulatif dan lebih siap disebar penilaiannya, bahkan dapat lebih berkembang dibandingkan kebudayaan pada umumnya.
Prof Dr. Koentjaraningrat
Pengertian peradaban menurut Prof Dr. Koentjaraningrat ialah suatu bagian yang indah, halus dan maju menyerupai seni kebudayaan masyarakat yang tinggi. Kata peradaban ini banyak digunakan sebagai pernyataan penilaian dan pendapat seseorang mengenai perkembangan kebudayaan yang mencapai puncak. Kebudayaan tersebut akan berbentuk seperti unsur budaya yang sifatnya luhur, indah, halus, sopan, tinggi dan lain lain. Masyarakat memiliki peradaban tinggi jika mencakup beberapa unsur budaya tersebut.
Oswald Spengler
Pengertian peradaban menurut Oswald Spengler ialah kebudayaan yang berhasil memperoleh taraf yang kompleks dan tinggi. Menurut pendapatnya, kebudayaan tersebut akan dicapai jika sudah memperoleh taraf yang kompleks dan tinggi. Selain itu ia juga berpendapat bahwa kebudayaan merupakan sesuatu yang sifatnya kreatif dan hidup tanpa disertai aspek mengkristal, produktif dan beku.

Ciri Ciri Peradaban

Peradaban mempunyai karakteristik dan ciri ciri yang dapat memperjelasnya. Dengan begitu perbedaan antara kebudayaan dengan peradabannya akan lebih jelas. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengatakan bahwa arti kebudayaan dan peradaban tersebut sama. Namun pada dasarnya keduanya memiliki makna yang berbeda. Dibawah ini terdapat ciri ciri peradaban secara umum yaitu:
  • Memiliki sistem pemerintahan hukum dan teratur sehingga lebih tertib.
  • Dapat membangun kota baru yang tata ruangnya modern, baik dan indah.
  • Berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dan maju seperti bentuk tulisan, ilmu ukur, astronomi, arsitektur, kesehatan, keagamaan, kesenian dan sebagainya.
  • Beragam keahlian, strata sosial dan jenis pekerjaan dalam masyarakat menjadi lebih kompleks.
Sekian penjelasan mengenai pengertian peradaban menurut para ahli dan ciri ciri peradaban lengkap. Istilah peradaban digunakan untuk menyatakan penilaian dan pendapat seseorang mengenai perkembangan kebudayaan. Perkembangan kebudayaaan yang ditunjukkan tersebut telah mencapai puncaknya dengan berbentuk unsur budaya yang luhur, halus, sopan, indah, tinggi dan lain lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *