Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik

Diposting pada

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik –  Jenis jenis karya seni budaya sangatlah beragam seperti seni musik, seni rupa, seni tempel dan sebagainya. Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal tentang seni rupa dengan berbagai bentuk dan jenisnya. Namun sebenarnya masih ada jenis seni tempel yang tidak kalah menarik untuk dipelajari. Jenis seni ini menghasilkan karya seni dari material material disekitar kita. Seni tempel dapat dibagi menjadi tiga yaitu seni tempel montase, kolase dan mozaik. Katiga jenis seni tempel ini berbeda satu sama lain, mulai dari pengertian hingga cara pembuatannya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni tempel montase, pengertian seni tempel kolase dan pengertian seni tempel mozaik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik

Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai pengertian seni tempel montase terlebih dahulu. Setelah itu pengertian seni tempel kolase dan yang terakhir pengertian seni tempel mozaik. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga : Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme

Seni Tempel Montase

Pengertian seni tempel montase ialah karya seni yang berasal dari gambar gambar jadi yang dirangkai menjadi satu sehingga tercipta pencampuran unsur dari berbagai sumber. Jaman dahulu karya montase hanya beruba seni dua dimensi saja. Namun sekarang seni montase telah berkembang dan menghasilkan karya seni tiga dimensi. Karya montase memang kurang dikenal dikalangan masyarakat karena karyanya yang hampir sama dengan seni patung, seni lukis dan seni kriya. Bahkan karya ini dianggap menjadi salah satu jenis dari karya karya tersebut.
Contoh Seni Tempel Montase
Berdasarkan pengertian seni tempel montase di atas, dapat kita simpulkan bahwa karya seni montase berasal dari komposisi gambar yang satu dengan yang lainnya. Misalnya gambar rumah yang terdapat dalam majalah. Gambar tersebut dipotong dan ditempelkan pada alas permukaan gambar lainnya. Maka dari itu akan menciptakan hasil karya seni baru. Hasil karya seni montase sering disebut sebagai karya seni lukis karena materialnya berasal dari gambar yang sudah jadi kemudian dipadukan dengan gambar lainnya. Adapula beberapa fungsi dari seni tempel montase yaitu:
  • Digunakan untuk dekorasi yang berasal dari benda benda sehari hari (fungsi praktis).
  • Untuk mengembangkan kreativitas, daya pikir, estetika, emosi dan daya serap otak kita (fungsi edukasi).
  • Sebagai media ekspresi menggunakan berbagai tipe tekstur dan bahan (fungsi ekspresi).
  • Untuk mengurangi beban psikologis dengan menuangkan emosi dan ide dalam bentuk karya seni (fungsi psikologis).
  • Untuk menyediakan lapangan pekerjaan dengan bermodalkan kreativitas (fungsi sosial).

Seni Tempel Kolase

Pengertian seni tempel kolase ialah karya seni artistik yang berasal dari berbagai macam bahan seperti kayu, kertas, kaca, logam, kain, dan sebagainya. Karya seni ini dibuat dengan cara menempelkan beberapa bahan pada permukaan gambar. Seni Kolase ini memang memadukan bahan dasar yang dapat dirangkai menjadi seni yang indah dan enak dipandang. Karya seni kolase tidak terlalu mempertunjukan penggunakan materialnya, maka dari itu memiliki sifat yang berlawanan dengan seni cetak, seni lukis ataupun seni pahat.
Contoh Seni Tempel Kolase

Baca juga : Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Terlengkap

Berdasarkan pengertian seni tempel kolase di atas dapat kita simpulkan bahwa hasil karyanya berasal dari beberapa bahan yang berbeda. Maka dari itu warna yang dihasilkan pun berasal dari warna asli bahan bahan tersebut. Jika pada seni lukis, warna yang digunakan menggunakan cat air yang berwarna warni. Maka pada seni kolase, warna yang digunakan menggunakan warna asli dari bahan yang digunakan. Meskipun bahan bahan tersebut merupakan hasil rakitan namun seni kolase tetap memperlihatkan bentuk gambar yang mudah dikenali. Seni kolase dapat berbentuk seni dua dimensi maupun seni tiga dimensi.
Selain pengertian seni tempel kolase, adapula unsur unsur rupa yang terkandung dalam seni tersebut. Berikut beberapa unsur rupa dalam kolase yaitu:
  • Bintik dan titik
  • Garis
  • Bidang
  • Warna

Seni Tempel Mozaik

Pengertian seni tempel mozaik ialah karya seni yang berupa dekorasi bidang menggunaan kepingan bahan bahan kertas berwarna dan lain lain. Bahan bahan tersebut disusun dan ditempel mengunakan perekat hingga membentuk karya seni tertentu. Karya seni ini bisanya menggunakan kepingan seperti potongan kaca, potongan daun, pecahan keramik, potongan kayu dan potongan kertas. Garis garis pada karya tersebut tercipta dari warna kepingan bahan yang digunakan sehingga tidak menggunakan pewarna apapun. Seni Mozaik sering disebut seni dua dimensi karena pembuatannya masih menggunakan pola gambar dan sifatnya hampir sama meski bahan yang digunakan berasal dari biji bijian, pecahan kaca, kertas dan sebagainya.
Contoh Seni Tempel Mozaik
Berdasarkan pengertian seni tempel mozaik, dapat kita simpulkan bahwa hasil karya seninya berasal dari beberapa bahan yang bentuknya kepingan. Sebelum membuatnya diperlukan ide terlebih dahulu agar dapat menentukan bahan kepingan yang akan digunakan. Karya seni ini berfungsi untuk meningkatkan kreativitas dalam memadukan beberapa macam bahan menjadi sebuah karya seni.
Sekian penjelasan mengenai pengertian seni tempel montase, pengertian seni tempel kolase dan pengertian seni tempel mozaik. Meskipun sama sama jenis seni tempel namun montase, kolase dan mozaik memiliki perbedaan satu sama lain yaitu cara pembuatan dan bahan yang digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *