Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional (Terlengkap)

Diposting pada

Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional (Terlengkap)Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar barang/jasa dengan kesepakatan bersama dann tidak ada unsur paksaan. Dalam sebuah negara, kegiatan perdagangan dapat dibagi menjadi dua yaitu perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional. Lalu apa perbedaan perdagangan dalam negeri dan internasional? Kedua jenis perdagangan ini memiliki perbedaan yang berkaitan dengan ciri khasnya masing masing. Untuk jenis perdagangan dalam negeri lebih mengacu pada pelaksanaan jual beli dalam lingkup satu wilayah negara. Sedangkan untuk perdagangan internasional lebih mengacu pada transaksi ekspor impor beberapa negara.

Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional (Terlengkap)
Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional

Perdagangan Internasional lebih ketat dan rumit karena pemerintah Indonesia memberlakukan aturan tertentu jika dibandingkan dengan perdagangan dalam negeri. Jika anda ingin masuk lebih dalam dalam kegiatan perdagangan Internasional, maka akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional (Terlengkap)

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian perdagangan dalam negeri dan pengertian perdagangan Internasional. Perdagangan dalam negeri ialah perdagangan barang/jasa yang terdapat dalam lingkup wilayah didalam negara Indonesia. Sedangkan perdagangan Internasional ialah perdagangan yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Kemudian perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional dapat dikategorikan menjadi beberapa perbedaan seperti:

  • Cara pembayaran.
  • Peraturan yang berlaku.
  • Jangkauan wilayah.
  • Tingkat persaingan.

Baca juga : Kebutuhan Tersier (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier)

  • Sistem distribusi.
  • Biaya angkutan.
  • Satuan ukuran dalam isi, berat dan panjang.

Hal hal diataslah yang menjadi perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai perbedaan perbedaan antara perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional (luar negeri). Berikut penjelasan selengkapnya:

Jangkauan Wilayah
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional yang pertama terletak pada jangkauan wilayahnya. Untuk kategori perdagangan dalam negeri memiliki jangkauan wilayah yang meliputi satu wilayah negara. Sedangkan untuk perdagangan Internasional memiliki jangkauan wilayah yaitu beberapa negara.

Cara Pembayaran
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional selanjutnya terletak pada cara pembayarannya. Untuk perdagangan dalam negeri memiliki cara pembayaran menggunakan satu jenis mata uang saja. Sedangkan untuk perdagangan Internasional memiliki cara pembayaran menggunakan mata uang dalam lingkup luas (valuta asing).

Sistem Distribusi
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional selanjutnya terletak pada sistem distribusinya. Untuk perdagangan dalam negeri menggunakan sistem distribusi langsung. Sedangkan untuk perdagangan Internasional memiliki sistem distribusi yang tidak langsung.

Peraturan yang Berlaku
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional selanjutnya terletak pada peraturan yang berlaku. Untuk perdagangan dalam negeri memiliki peraturan yang lebih sederhana dan tidak rumit. Sedangkan untuk perdagangan Internasional memiliki peraturan yang lebih rumit karena sistem perdagangannya melibatkan minimal dua negera. Maka dari itu peraturan yang berlaku mengatur perdagangan minimal dua negara tersebut.

Tingkat Persaingan
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional selanjutnya terletak pada tingkat persaingannya. Persaingan perdagangan Internasioanl lebih ketat daripada perdagangan dalam negeri karena transaksi jual beli barang/jasanya melibatkan beberapa negara.

Baca juga : Kebutuhan Sekunder (Pengertian, Contoh Kebutuhan Sekunder Dan Faktor Yang Mempengaruhinya)

Satuan Ukuran Isi, Berat dan Panjang
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional selanjutnya terletak pada satuan ukuran isi, berat dan panjang. Satuan ukuran isi, berat dan panjang pada perdagangan dalam negri harus sesuai dengan peraturan dalam negeri. Sedangkan satuan isi, berat dan panjang pada perdagangan Internasional harus sesuai dengan peraturan Internasional.

Biaya Angkutan
Perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional yang terakhir terletak pada biaya angkutannya. Biaya angkutan pada perdagangan Internasional lebih besar jika dibandingkan perdagangan dalam negeri karena berbeda sistem administrasi dan jarak perdagangannya.

Selain perbedaan diatas, adapula perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional lainnya. Salah satunya ialah saat transaksi jual beli barang/jasanya. Untuk perdagangan dalam negeri, penjual dan pembelinya dapat bertatapan secara langsung. Sedangkan untuk perdagangan Internasional, penjual dan pembeli lebih banyak menggunakan transaksi secara tidak langsung.

Tabel Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional
Agar anda lebih mudah memahami mengenai perbedaan kedua jenis perdagangan ini. Saya akan menyederhanakannya dalam bentuk tabel seperti dibawah ini:

Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional (Terlengkap)
Tabel Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional

Sekian penjelasan mengenai perbedaan perdagangan dalam negeri dan Internasional terlengkap. Meskipun kedua jenis perdangan ini berbeda namun terdapat satu persamaan arti yaitu kegiatan jual beli barang atau jasa dengan kesepatan bersama dan tanpa paksaan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *