12 Kelebihan dan Kekurangan Laptop Dengan Komputer Desktop (PC)

12 Kelebihan dan Kekurangan Laptop Dengan Komputer Desktop (PC)Penggunaan komputer atau laptop sekarang ini sudah tidak dianggap mewah lagi. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang membutuhkan laptop/komputer dalam pekerjaannya. Bahkan untuk memiliki laptop atau komputer, kita telah diberikan kemudahan juga. Di jaman modern sekarang ini, teknologi semakin berkembang dan terus berinovasi. Jika jaman dulu hanya terdapat komputer desktop (PC) saja, tetapi sekarang telah ada teknologi serupa yang lebih paktis dan dapat dibawa kemana mana yaitu laptop. Meski begitu keduanya memiliki kelebihan komputer desktop dan kekurangan komputer desktop jika dibandingkan dengan kelebihan laptop dan kekurangan laptop.
membandingkan antara laptop dengan komputer dekstop (PC) dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing masing
Laptop vs PC bagus mana?
Penggunaan Laptop belum dapat menggantikan peran komputer desktop begitupun sebaliknya dalam beberapa hal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa sistem yang terdapat didalam PC desktop namun dalam laptop tidak ada. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai kelebihan laptop dan kekurangan laptop jika dibandingkan dengan kelebihan komputer desktop dan kekurangan komputer desktop. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Kelebihan dan Kekurangan Laptop Dengan Komputer Desktop (PC)

Laptop ialah regenerasi dari perangkat komputer desktop (PC). Laptop tersebut dirancang secara praktis sehingga dapat dibawa kemana mana. Berbeda dengan komputer desktop yang penggunaanya hanya berada di satu tempat yaitu diatas meja sehingga tidak dapat dibawa kemana mana. Meski begitu keduanya memiliki masing masing kelebihan laptop, kekurangan laptop, kelebihan komputer desktop dan kekurangan komputer desktop. Komputer desktop cocok digunakan untuk pekerjaan rumahan, sedangkan laptop cocok digunakan untuk seseorang yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi.

Perbandingan antara laptop dengan komputer desktop tersebut dapat ditinjau dari beberapa hal seperti keawetan, harga, ketahanan dan sebagainya. Banyak orang yang kebingungan dalam hal ingin membeli laptop ataukah komputer desktop? Namun yang pasti anda karus mengetahui masing masing kelebihan laptop, kekurangan laptop, kelebihan komputer desktop dan kekurangan komputer desktop terlebih dahulu. Dengan begitu anda dapat membeli laptop atau komputer sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda menginginkan spesifikasi yang tinggi namun terhalang oleh budget. Maka solusi terbaiknya ialah membeli komputer saja karena harganya lebih murah. Sedangkan untuk laptop dengan spesifikasi tinggi biasanya memiliki harga yang tinggi pula. Meskipun spesifikasi pada laptop dan komputer setara namun harganya berbeda karena produksi laptop membutuhkan biaya yang besar daripada produksi komputer desktop. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai kelebihan laptop, kekurangan laptop, kelebihan komputer desktop dan kekurangan komputer desktop.

Kelebihan Laptop
Berikut beberapa kelebihan laptop jika dibandingkan dengan komputer desktop (PC) yaitu:

  • Portabel sehingga mudah dibawa kemana mana. Apalagi sekarang versi laptop sudah didesain lebih ringan, tipis, kecil dan dapat dimasukan ke dalam tas. Versi ini lebih dikenal dengan nama netbook atau ultrabook.
  • Praktis dengan dukungan baterai internal didalamnya sehingga dapat anda gunakan dimanapun dan kapanpun. Laptop tersebut bahkan tidak membutuhkan ruang yang banyak seperti halnya pada komputer desktop.
  • Tidak memerlukan Uninteruptible Power Supply (UPS). Maka dari itu jika tiba tiba listrik mati, anda tidak perlu khawatir hardware akan rusak bahkan data data yang belum tersimpan tidak akan takut hilang.

Kekurangan Laptop
Berikut beberapa kekurangan laptop jika dibandingkan dengan komputer desktop (PC) yaitu:

  • Komponennya susah diperbarui atau di upgrade. Dalam waktu singkat perkembangan teknologi terus memunculkan inovasi inovasi teknologi baru. Hal inilah yang mendorong setiap pengguna komputer menginginkan spesifikasi yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Komputer desktop dapat melakukan upgrade komponen dengan mudah tetapi untuk laptop susah sekali dalam mengupgrade komponen didalamnya.
  • Suku cadang (sperpart) mahal. Laptop memiliki suku cadang yang kecil kecil dan pastinya harga yang ditawarkan juga mahal.
  • Kerusakannya menyeluruh. Jika salah satu komponen laptop rusak seperti engsel, layar ataupun keyboard maka semua komponennya harus dibongkar. Maka dari itu cara memperbaikinya tidak hanya pada satu komponen itu saja.

Kelebihan Komputer Desktop (PC)
Berikut beberapa kelebihan komputer desktop (PC) jika dibandingkan dengan laptop yaitu:

  • Harganya murah. Meskipun murah tetapi spesifikasinya setara dengan laptop.
  • Performa tinggi meskipun spesifikasinya sama dengan laptop.
  • Komponennya mudah diupgrade. Komputer desktop tersebut mudah diupgrade karena komponennya juga mudah dibongkar pasang.
  • Suku cadang (sperpart) murah. Komputer ini memiliki suku cadang yang mudah dicari dan harganya murah bahkan kualitasnya juga bervariasi.
  • Kombinasi monitor dan keyboard sesuai keinginan.
  • Dapat dirakit sendiri.

Kekurangan Komputer Desktop (PC)
Berikut beberapa kekurangan komputer desktop (PC) jika dibandingkan dengan laptop yaitu:

  • Memakan banyak tempat dan tidak dapat dibawa kemana mana karena bodynya besar.
  • Tidak praktis karena membutuhkan colokan listrik untuk menghidupkannya.
  • Banyak kabel yang berserakan seperti kabel mouse, layar, CPU, maupun keyboard.
  • Membutuhkan Uninteruptible Power Supply (UPS). UPS berguna agar listrik dapat dibackup. Namun jika listrik tiba tiba mati maka PC dapat berakibat terkejut dan bahkan rusak.

Sekian penjelasan mengenai kelebihan laptop dan kekurangan laptop jika dibandingkan dengan kelebihan komputer desktop dan kekurangan komputer desktop. Jadi, antara laptop dengan komputer dekstop atau PC bagus mana? itu tergantung selera dan kebutuhan kita. Apapun yang anda beli apakah laptop ataupun komputer desktop, usahakan disesuaikan dengan kebutuhan, budget dan kondisi anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon