4 Contoh Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT

Diposting pada

4 Contoh Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PTUntuk para pendaftar CPNS tahun ini harus melengkapi beberapa syarat penting yang harus dipenuhi. Salah satunya ialah pencantuman surat keterangan akreditasi dari BAN PT. Surat keterangan ini berguna sebagai bukti bahwa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia mengakui lembaga pendidikan tersebut memenuhi syarat keriteria dan kebakuan tertentu serta dapat meningkatkan mutu pendidikan yang tinggi. Lalu bagaimana bentuk contoh surat keterangan Akreditasi dari BAN PT yang benar?

Contoh surat akreditasi fakultas dan universitas dari BAN-PT

Pemerintah memang telah membuka pendaftaran penerimaan CPNS baru di berbagai instansi dinas, kementrian dan pemerintah di seluruh Indonesia dengan banyak formasi. Pemerintah melakukan berbagai seleksi tertulis, wawancara serta menetapkan beberapa syarat pendaftaran melalui BKN agar memperoleh Calon Pegawai Negeri Sipil yang berkompeten. BKN juga melalukan penyaringan terhadap masing masing lulusan Universitas kategori Cumlaude. Selain itu yang paling penting ialah para pendaftar CPNS harus berasal dari Universitas yang telah memiliki Akreditasi BAN PT minimal B (Perguruan Tinggi Negeri) dan minimal A/B (Perguruan Tinggi Swasta). Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh surat keterangan Akreditasi dari BAN PT. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Contoh Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT

Sebagian calon pendaftar CPNS masih belum mengetahui bagaimana bentuk contoh surat keterangan akreditasi dari BAN PT. Hal inilah yang menjadi kendala bagi para calon pendaftar CPNS. Syarat pendaftaran CPNS sekarang ini memang harus melampirkan surat keterangan akreditasi tersebut. Tetapi anda tidak perlu kebingungan dalam mencari keterangan Akreditasi ini. Surat keterangan akreditasi ini dapat diperoleh dari Universitas anda. Jadi anda tidak perlu membuatnya sendiri dan hanya cukup meminta salinan dari pihak kampus.

Baca juga : 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Dan Ada Acara

Biasanya ketika sudah musim pendaftaran CPNS, pihak Biro Administrasi Akademik (BAA) kampus sudah mempersiapkan salinan contoh surat keterangan akreditasi dari BAN PT. Setelah itu salinan surat akreditasi tadi akan dicap basah untuk disahkan kembali (dilegalisir) oleh pihak kampus. Meskipun BAA sudah menyediakan surat keterangan tersebut, anda juga harus mengeceknya kembali agar tidak salah membawa surat keterangannya. Berikut beberapa contoh surat keterangan akreditasinya yaitu:
Contoh Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT
 
Contoh Surat Pernyataan
Kop Perguruan Tinggi
Nomor : …. /IAIBAFA/X/2015
SURAT PERNYATAAN
Pada hari Senin tanggal dua puluh November Dua Ribu Lima Belas di Jl. Kapten Soemardjo No 25, Mojokerto, yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : H. Ahmad Ramdani, M. HI.
Jabatan : Rektor Institut Agama Islam Bani Fattah Mojokerto
Alamat : Jl. Gadean Gang II No. 21/A Mojokerto
Sehubungan dengan permohonan Akreditasi untuk program studi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Pendidikan Agama Islam Syariah, dengan ini menyatakan :
  1. Bahwa kami melaksanakan permohonan akreditasi ini sesuai dengan ketentuan Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 002/SK/BAN-PT/II/2001 tanggal 10 Februari 2001 tentang Tatacara Akreditasi Program Studi.
  2. Bahwa semua data dan/atau informasi yang kami berikan dalam dokumen borang program studi, borang fakultas, evaluasi diri, program studi Pendidikan Agama Islam adalah benar.
  3. Bahwa kami akan melaporkan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi jika kami akan melakukan perubahan yang bermakna pada program studi di atas, yang dapat mempengaruhi kualitas, tujuan, struktur, ruang lingkup, atau kendali program studi itu.
  4. Bahwa kami akan menggunakan hasil akreditasi ini dengan memperhatikan kaidah kaidah etika akademik, sehingga tidak dapat memberikan pengertian yang keliru pada masyarakat.
  5. Bahwa kami akan mematuhi kode etik BAN-PT dan bertanggung jawab terhadap segala akibat yang ditimbulkan jika kemudian hari ternyata ada unsur kesengajaan memberi data dan/atau informasi yang tidak benar.
Surat pernyataan ini dibuat dalam rangkap 2 (dua) dan ditandatangani di atas materai yang cukup, 1 (satu) disampaikan ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, 1 (satu) untuk membuat pernyataan.

Baca juga : Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Institus Agama Islam Bani Fattah Mojokerto
Rektor
(Tandatangan Rektor diatas materai yang cukup dan cap resmi IAIBAFA)
H. Ahmad Ramdani, M. HI.
NIY. BAF2006020051
Contoh Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT
Contoh Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT

Baca juga : Bagian Bagian Surat Pribadi Beserta Penjelasan Lengkap

Demikianlah beberapa contoh surat keterangan akreditasi dari BAN PT yang dapat saya bagikan. Surat keterangan ini dapat anda peroleh dari Biro Administrasi Akademik (BAA) kampus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *